Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Minyak ikan adalah suplemen yang mengandung lemak atau minyak yang berasal dari jaringan ikan. Minyak ini biasanya diperoleh dari minyak ikan seperti herring, tuna, teri dan makarel. Namun, terkadang minyak ikan dapat diperoleh dari hati spesies ikan lain, seperti minyak hati ikan cod.

    1. Mendukung kesehatan jantung Penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian utama di dunia, termasuk di Indonesia. Penelitian yang dimulai oleh Health Line menunjukkan bahwa orang yang makan banyak ikan memiliki tingkat penyakit jantung yang jauh lebih rendah.

    Beberapa faktor risiko penyakit jantung tampaknya dapat dikurangi dengan mengonsumsi ikan atau minyak ikan. Manfaat minyak ikan untuk kesehatan jantung adalah: Kadar kolesterol: Dapat meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL). Namun, tampaknya tidak mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL).Trigliserida: Dapat menurunkan trigliserida sekitar 15-30 persen. : Minyak ikan dapat mencegah plak penyebab plak. mengeraskan arteri dan membuatnya lebih stabil dan lebih aman pada mereka yang memiliki plak arteri Aritmia fatal: Pada orang yang berisiko, minyak ikan dapat mengurangi kejadian aritmia yang fatal. Aritmia adalah irama jantung abnormal yang dapat menyebabkan serangan jantung dalam keadaan tertentu.Meskipun suplemen minyak ikan dapat meningkatkan banyak faktor risiko penyakit jantung, tidak ada bukti yang jelas bahwa mereka dapat mencegah serangan jantung atau stroke.

    2. Membantu mengobati gangguan mental tertentu Otak manusia terdiri dari sekitar 60 persen lemak, dan sebagian besar lemak itu adalah asam lemak omega-3. Oleh karena itu, omega-3 sangat penting untuk fungsi otak normal. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan bahwa orang dengan gangguan mental tertentu memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah mereka. Menariknya, penelitian menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan dapat mencegah timbulnya gangguan mental tertentu atau memperbaiki gejala. Misalnya, dapat mengurangi kemungkinan gangguan psikotik pada mereka yang berisiko. Juga, melengkapi dengan minyak ikan dosis tinggi dapat mengurangi beberapa gejala skizofrenia dan gangguan bipolar.

    3. Membantu menurunkan berat badan Suplemen minyak ikan dilaporkan dapat memperbaiki komposisi tubuh dan faktor risiko penyakit jantung pada orang gemuk. Selain itu, beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa suplemen minyak ikan bersama dengan diet atau olahraga dapat membantu seseorang menurunkan berat badan. Namun, tidak semua penelitian menemukan efek yang sama. Sebuah analisis dari 21 penelitian mencatat bahwa suplemen minyak ikan tidak secara signifikan mengurangi berat badan pada orang gemuk, tetapi mengurangi lingkar pinggang dan rasio pinggang-pinggul

    4. Mendukung kesehatan mata Seperti otak Anda, mata Anda membutuhkan lemak omega-3. Bukti menunjukkan bahwa orang yang tidak mendapatkan cukup omega-3 memiliki risiko lebih tinggi terkena penyakit mata. Selain itu, kesehatan mata mulai menurun di usia tua, yang dapat menyebabkan degenerasi makula terkait usia (AMD).

    Dalam hal ini, makan ikan telah dikaitkan dengan penurunan risiko AMD. Namun, tidak jelas apakah suplemen minyak ikan memiliki efek yang sama. Satu studi menemukan bahwa mengonsumsi minyak ikan dosis tinggi selama 19 minggu meningkatkan penglihatan pada semua pasien AMD. Namun, ini adalah studi yang sangat kecil. Dua penelitian yang lebih besar meneliti efek gabungan omega-3 dan nutrisi lain pada AMD. Satu studi menunjukkan efek positif, sementara yang lain tidak menunjukkan efek. Karena itu, hasilnya tidak jelas.

    5. Mengurangi Peradangan Peradangan adalah cara sistem kekebalan tubuh melawan infeksi dan mengobati luka. Namun, peradangan kronis dikaitkan dengan penyakit serius seperti obesitas, diabetes, depresi, dan penyakit jantung. Mengurangi peradangan dapat membantu mengobati gejala penyakit ini.

    Karena memiliki sifat anti-inflamasi, minyak ikan juga dipercaya dapat membantu mengobati kondisi yang melibatkan peradangan kronis. Misalnya, pada individu yang stres dan obesitas, minyak ikan dapat mengurangi produksi dan ekspresi gen molekul inflamasi yang disebut sitokin. Selain itu, suplemen minyak ikan dianggap secara signifikan mengurangi nyeri sendi, kekakuan, dan kebutuhan obat pada orang dengan rheumatoid arthritis (RA), yang menyebabkan nyeri sendi. Meskipun penyakit radang usus (IBD) juga dipicu oleh peradangan, tidak ada bukti yang jelas untuk menunjukkan apakah minyak ikan memperbaiki gejala.

    6. Meningkatkan kesehatan kulit Kulit Anda adalah organ terbesar dalam tubuh Anda dan mengandung banyak asam lemak omega-3. Kesehatan kulit dapat memburuk sepanjang hidup Anda, terutama di usia tua atau setelah terlalu banyak terpapar sinar matahari. Namun, ada sejumlah gangguan kulit yang bisa mendapat manfaat dari suplemen minyak ikan, termasuk psoriasis dan dermatitis.

    7. Mendukung kehamilan dan kehidupan awal Omega-3 dilaporkan mengandung senyawa yang sangat penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan awal janin. Oleh karena itu, penting bagi ibu untuk mendapatkan cukup omega-3 selama kehamilan dan menyusui. Suplemen minyak ikan untuk ibu hamil dan menyusui dianggap dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan pada bayi. Mengkonsumsi suplemen minyak ikan selama kehamilan dan menyusui juga dipercaya dapat meningkatkan perkembangan visual bayi dan membantu mengurangi risiko alergi.

    8. Mengurangi lemak hati Penyakit hati, terutama penyakit hati berlemak non-alkohol (NAFLD), di mana lemak menumpuk di hati karena berbagai faktor, termasuk hepatitis virus, resistensi insulin, obat-obatan dan racun, menjadi semakin umum. pola makan atau diet yang buruk. buruk.

    Dalam hal ini, suplemen minyak ikan telah dilaporkan meningkatkan fungsi hati dan peradangan, yang dapat membantu mengurangi gejala NAFLD dan jumlah lemak di hati pasien.

    9. Memperbaiki gejala depresi Menariknya, orang dengan depresi berat memiliki kadar omega-3 yang lebih rendah dalam darah mereka. Penelitian menunjukkan bahwa minyak ikan dan suplemen omega-3 dapat memperbaiki gejala depresi. Selain itu, beberapa penelitian menunjukkan bahwa minyak kaya EPA membantu mengurangi gejala depresi lebih dari DHA.

    10. Meningkatkan perhatian dan mengatasi hiperaktif pada anak Attention deficit hyperactivity disorder (ADHD) atau gangguan hiperaktif defisit perhatian adalah gangguan perilaku yang biasanya terlihat pada anak-anak dan ditandai dengan kesulitan fokus dan hiperaktif. Mengingat bahwa omega-3 merupakan bagian penting dari otak, mendapatkan cukup nutrisi ini mungkin penting untuk mencegah gangguan perilaku di awal kehidupan. Suplemen minyak ikan dapat meningkatkan persepsi hiperaktif, kurang perhatian, impulsif, dan agresif pada anak. Hal ini dapat berguna untuk pembelajaran kehidupan awal.

    (Danil)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Khasiat Minyak Ikan Untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar