Jaminan Kualitas Perangkat Lunak

Daftar Isi

    LancangKuning  -  Kualitas perangkat lunak didefinisikan sebagai: Konfirmasi persyaratan fungsional dan kinerja yang disebutkan secara eksplisit, standar pengembangan yang didokumentasikan secara eksplisit dan properti implisit yang diharapkan dari perangkat lunak yang dikembangkan secara profesional. Penjaminan mutu mencakup fungsi audit dan pelaporan manajemen.

    Tujuan dari penjaminan mutu adalah untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh manajemen untuk melaporkan masalah kualitas produk guna menciptakan jaminan dan keyakinan bahwa kualitas produk dapat mencapai tujuannya. Jaminan kualitas perangkat lunak pelindung yang diterapkan pada seluruh proses perangkat lunak meliputi:

    - Pendekatan manajemen mutu

    - Teknologi rekayasa perangkat lunak yang efektif (metode dan alat)

    - Studi teknik formal yang diterapkan pada seluruh proses perangkat lunak

    - Strategi pengujian multi-tahap

    - Dokumentasi dan perubahan pada perangkat lunak kontrol

    - Prosedur untuk memastikan kepatuhan dengan standar pengembangan perangkat lunak

    - Mekanisme pengukuran dan pelaporan.

    Kontrol Kualitas

    Kontrol kualitas adalah serangkaian ujian, ulasan, dan pengujian yang digunakan sepanjang siklus pengembangan untuk memastikan bahwa setiap produk memenuhi persyaratan yang ditentukan. Konsep kunci dari kontrol kualitas adalah bahwa semua hasil kerja memiliki spesifikasi tertentu dan terukur yang dapat digunakan untuk membandingkan hasil dari setiap proses. Loop penting untuk meminimalkan kesalahan yang dihasilkan.

    Kualitas desain mengacu pada properti yang ditetapkan oleh perancang item tertentu. Nilai material, toleransi, dan spesifikasi kinerja semuanya berkontribusi pada kualitas desain. Karena bahan berkualitas lebih tinggi digunakan dan toleransi yang lebih ketat dan tingkat teknis yang lebih baik ditetapkan, kualitas desain suatu produk meningkat jika produk diproduksi sesuai dengan spesifikasi yang ditetapkan. Kepatuhan kualitas adalah sejauh mana spesifikasi desain terus diikuti selama pembuatan. Semakin tinggi tingkat kepatuhan maka semakin tinggi pula tingkat kualitas kepatuhannya.

    - Kontrol kualitas mencakup putaran umpan balik tentang proses yang menciptakan produk kerja. Kombinasi pengukuran dan umpan balik memungkinkan kami meningkatkan proses jika produk yang kami produksi tidak memenuhi spesifikasinya. Pendekatan ini memandang kontrol kualitas sebagai bagian dari proses manufaktur.

    - Penjaminan mutu Penjaminan mutu mencakup fungsi audit dan pelaporan manajemen. Tujuan dari penjaminan mutu adalah untuk menyediakan data yang dibutuhkan oleh manajemen untuk memperjelas masalah kualitas produk, untuk menciptakan kepastian dan keyakinan bahwa kualitas produk dapat mencapai tujuannya.

    - Biaya kualitas Biaya kualitas mencakup semua biaya yang dikeluarkan untuk melacak kualitas atau untuk mewakili aktivitas yang berhubungan dengan kualitas. Penyelidikan biaya kualitas dilakukan untuk membuat dasar untuk biaya kualitas yang saat ini digunakan, untuk mengidentifikasi kemungkinan pengurangan biaya kualitas dan untuk memberikan dasar standar untuk perbandingan.

    Biaya Kualitas

    Biaya kegagalan internal adalah biaya yang timbul ketika kita menemukan cacat pada produk sebelum produk tersebut dipasarkan. Biaya kualitas dapat dipecah menjadi biaya yang terkait dengan pencegahan, penilaian, dan kegagalan. Biaya pencegahan meliputi: perencanaan kualitas, tinjauan teknik formal, peralatan uji, pelatihan Biaya penilaian meliputi kegiatan untuk mendapatkan wawasan tentang kondisi produk pertama kali dalam setiap proses.

    Contoh biaya evaluasi adalah audit dalam proses dan audit lintas proses. Pemeliharaan Peralatan dan Pengujian Kalibrasi Biaya kegagalan adalah biaya yang akan hilang jika tidak ada cacat yang terjadi sebelum produk dikirim ke pelanggan. Biaya kegagalan dapat dibagi lagi menjadi biaya kegagalan internal dan eksternal. Biaya kegagalan internal adalah biaya yang timbul ketika kita menemukan cacat pada produk sebelum produk tersebut dipasarkan. Biaya kegagalan internal meliputi pembebanan kembali perbaikan analitis, biaya kegagalan eksternal adalah biaya yang terkait dengan cacat yang ditemukan setelah produk dikirimkan ke pelanggan. Contoh biaya kesalahan eksternal adalah penyelesaian keluhan, pertukaran produk, dan pengembalian

    (Mirzan)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Jaminan Kualitas Perangkat Lunak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar