Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri

Daftar Isi

    LancangKuning - Sebelum kita mengenal lebih jauh tentang perbedaan antara teknik mesin dan teknik industri lebih baik kita ketahui dulu dari pengertiannya.

    Teknik Mesin ialah ilmu mengenai teknik yang meliputi pengaplikasian dari prinsip fisika untuk menganalisa, desain manufaktur dan memelihara suatu sistem mekanik.

    Sedangkan, Teknik Industri ialah ilmu yang  mempelajari bagaimana caranya agar dapat mengoptimalkan kegiatan manusia seperti produksi, pengelolaan dan ekonomi.

    Secara umum perbedaan teknik mesin dari segi ilmu yang dipelajari, teknik mesin lebih mengutamakan pada perhitungan, hukum fisika dan kimia. Sedangkan teknik industri lebih mengedepankan pengembangan dan implementasi yang diterapkan pada industri.

    Hal diatas adalah perbedaan secara umum, di sini kita akan membahas lebih lengkap melalui uraian berikut.

    Perbedaan Antara Teknik Mesin Dan Industri

    Untuk memudahkan memahami perbedaannya kita akan melihat dari beberapa aspek atau ilmu apa saja yang akan dipelajari.

    1. Mata Kuliah Yang Dipelajari
      Beda jurusan sudah semestinya berbeda tentang hal apa saja yang akan dipelajari dan begitu juga dengan kurikulum standar untuk pembelajaran.
      Pada teknik mesin mahasiswa harus bersiap menghadapi pembelajaran yang berkaitan dengan perhitungan, hal yang dipelajari seperti matematika, fisika bahkan kimia. Ketiga hal tersebut wajib dikuasai anak teknik agar bisa menjadi dasar pemahaman.
      Sedangkan, teknik industri ilmu yang dipelajari lebih berfokus pada perancangan dan pengembangan pada industri. Hal ini terdiri dari manusia, material dan energi.
      Agar lebih memahami perbedaannya kita lihat materi apa sajayang akan dipelajari pada masing-masing jurusan.

      Teknik Mesin
    • Kalkulus
    • Kimia Dasar
    • Fisika
    • Aljabar Linear
    • Matematika Teknik
    • Elemen Mesin
    • Kinematik
    • Dll.

    Teknik Industri

    • Bahasa Inggris
    • Biologi
    • Ergonomika Industri
    • Pemilihan Bahan dan Proses
    • Perancangan dan Pengembangan
    • Manufaktur
    • Perencanaan dan Pengendalian
    1. Konsentrasi Pada Jurusan
      Masing-masing jurusan pasti punya tujuan dalam pembelajaran nya. Hal ini juga berlaku pada teknik industri dan teknik mesin.
      Pada jurusan teknik mesin lebih berfokus pada ilmu teknik yang lebih berkaitan tentang prinsip matematika, kimia danfisika. Hal ini bertujuan untuk melakukan analisis, desain dan berlanjut pada manufaktur serta pemeliharaan pada sistem mekanik.
      Sedangkan, teknik industri lebih mengarah ke ilmu teknik juga namun lebih ke hal yang berkaitan dengan pengembangan, perbaikan, penggunaan, pengetahuan, energi, materi dan proses pada industri.
       
    2. Kompetensi atau Syarat Kelulusan
      Untuk lulus dari jurusan pasti ada yang namanya kompetensi untuk setiap jurusan. Pada teknik mesin diharapkan memiliki kemampuan untuk merancang, pembuatan, pemeliharaan dan dinamika pada suatu sistem.
      Sudah melekat pada anak teknik harus bisa merancang atau membuat suatu sistem mesin agar sesuai dengan kebutuhan. Hal diatas wajib menjadi dasar kompetensi jurusan teknik mesin.
      Kemudian pada jurusan teknik industri lebih mengutamakan pengembangan suatu sistem. Anak industri harus bisa memahami hubungan antara manusia, sumber daya, waktu dan mesin agar menciptakan suatu sistem yang serasi. Ketika bekerja ia harus bisa membuat perencanaan kebutuhan perusahaan terutama pada bagian produksinya.
       
    3. Perbedaan Berdasarkan Lingkungan Pekerjaan Teknik Mesin dan Industri
      Setiap jurusan pasti memiliki lingkungan kerja yang berbeda, hal ini juga berlaku pada teknik mesin dan teknik industri.

      Jurusan Teknik Mesin :
    • Industri Pertambangan
      Orang teknik mesin bisa bekerja di industri pertambangan karena banyak mesin yang digunakan pada area pertambangan untuk melakukan kegiatan pertambangan. Mereka bisa menjadi teknisi, operator dan analisis.
    • Industri Otomotif
      Pada jurusan otomotif anak mesin memiliki ruang lingkup kerja yang sangat besar. Cakupan pekerjaanya bisa menjadi operator produksi dan teknisi
    • Industri Sumber Energi
      Pada industri sumber energi orang teknik mesin juga sangat dibutuhkan, khususnya pada kelistrikan.

      Jurusan Teknik Industri :
       
    • Analisis Produksi
      Setiap perusahaan pasti membutuhkan orang yang bisa menganalisa sebuah produksi yang sedang berjalan. Job desk dan tanggung jawabnya juga besar karena menganalisa dari produksi
    • Quality Control
      Perusahaan yang bergerak pada bidang industri, harus bisa memastikan kualitas dari produk yang dihasilkan.(Romi)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Teknik Mesin Dan Teknik Industri
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    100%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar