Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Internasional

Daftar Isi

    LancangKuning - Untuk jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang kegiatannya bertujuan untuk memiliki keterampilan dalam melintasi batas negara yang ada. Manajemen bisnis internasional tidak hanya untuk perdagangan internasional, tetapi juga untuk mengembangkan industri secara global, baik itu pariwisata, perbankan, komunikasi massa atau lainnya.

    Sebelumnya kita sedikit membahas tentang program studi ini. Ya, program studi Bisnis Internasional ini hanya tersedia di beberapa universitas dan masih belum seramai program studi lainnya.

    Mengapa Memilih Jurusan Manajemen Bisnis Internasional?

    Ada banyak alasan mengapa manajemen bisnis internasional diminati. Selain bergengsi, jurusan ini juga punya banyak prospek. Prospeknya berbeda dengan jurusan lain yang hanya memiliki banyak peluang di dalam negeri. Nah, berikut beberapa alasan mengapa Anda perlu mengambil jurusan bisnis internasional, di antaranya:

    a. Memiliki kemampuan komunikasi yang baik

    Jika Anda menyukai ilmu komunikasi, memilih jurusan ini juga sangat cocok mengingat bisnis internasional membutuhkan kefasihan berbahasa Inggris. Dengan mengambil kelas ini Anda akan diajari untuk bisa mahir berkomunikasi dalam bahasa Inggris.

    b. Memahami Tentang Manajemen

    Saat mengambil bisnis internasional ini, Anda juga akan dibekali dengan pemahaman tentang aspek-aspek seperti ekonomi baik global maupun lokal. Tidak hanya itu, budaya, politik dan hukum juga akan dipelajari.

    c. Mendukung Untuk Memahami Seluk Beluk Bisnis Internasional

    Saat Anda ingin memulai bisnis yang akan go global, tentunya Anda membutuhkan pemahaman tentang seluk beluk budaya dan bahasa yang digunakan. Memahami faktor-faktor ini bisa menjadi kunci karier di bisnis internasional.

    d. Modal Pengetahuan dan Pengetahuan Manajemen

    Ketika Anda ingin memulai bisnis di dunia internasional, tidak cukup hanya dengan memiliki ilmu. Berbagai ilmu harus diketahui untuk mendukungnya, seperti bahasa dan budaya. Pengetahuan dan pengetahuan ini nantinya akan membantu menunjang karier Anda.

    Program studi ini mempelajari berbagai hal yang berkaitan dengan bisnis, khususnya bisnis internasional (lintas negara). Program studi ini menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang memiliki cita-cita dan berkeinginan untuk berkarier di dunia internasional.

    Apalagi di saat seperti ini, dimana batas antar negara semakin berkurang, kemudahan perdagangan dan bisnis yang melibatkan stakeholders dari berbagai negara, bahkan yang terbaru tentunya masyarakat ekonomi Asean, merupakan pertanda bahwa dunia semakin berubah menuju perdagangan internasional.

    Negara-negara besar seperti Amerika dan Eropa program studi ini menjadi salah satu favorit dari pelajar di sana, karena menjanjikan prospek dan tantangan kerja yang cukup menarik dan terjamin.

    Berikut beberapa prospek kerja dari lulusan Bisnis Internasional:

    1. Perusahaan Multinasional

    Perusahaan Multinasional adalah perusahaan yang bergerak di banyak negara dan biasanya merupakan perusahaan yang sangat besar. Di Indonesia sendiri semakin banyak perusahaan yang bersifat Multinasional (gak perlu disebut ya), sehingga kamu bisa mencoba bekerja di sana. Tentu saja, perusahaan Multinasional akan membutuhkan kompetensi dari lulusan Bisnis Internasional, seperti mengerti tentang export-import, bisa bekerja dan menyesuaikan budaya, dan lain-lain.

    2. Perusahaan Investasi

    Kamu pasti tahu kalau negara ini lebih terbuka, dan salah satunya terhadap Investasi atau penanam modal asing. Bahkan saat ini negara-negara berkembang tidak langsung bersaing untuk mendapatkan penanaman modal dari perusahaan-perusahaan di negara maju. Perusahaan Investasi inilah yang merupakan perusahaan yang berinvestasi dari suatu pihak untuk pihak lain. Lulusan Bisnis Internasional juga akan mempunyai keterampilan dan pengetahuan di bidang Investasi, Saham, Obligasi dan lain-lain.

    3. Organisasi Internasional

    Organisasi Internasional merupakan sebuah organisasi yang dibentuk oleh masyarakat antar negara-negara untuk melakukan kepentingan bersama, dan biasanya non-profit. Anda bisa bergabung dan menjadi bagian dari Organisasi Internasional, sebenarnya walaupun non-profit tentu saja anggota pengelola ada yang tetap mendapat gaji dan pendapatan.

    4. Perusahaan Modal Ventura

    Perusahaan Modal Ventura ini sebenarnya sama dengan perusahaan Investasi, hanya saja bedanya adalah mereka hampir merupakan perusahaan yang menyediakan modal untuk perusahaan lain, sementara perusahaan Investasi lebih sebagai pihak perantara Investasi / penanam modal.

    5. Perusahaan Ekspor-Impor

    Perusahaan-perusahaan di Indonesia sendiri semakin banyak yang melakukan transaksi Ekspor-Impor, sehingga kamu bisa saja nge-apply sebagai staf khusus pengurusan ekspor-impor perusahaan.

    Itulah beberapa perusahaan yang menjadi prospek kerja dari lulusan Bisnis Internasional, tentu saja masih banyak prospek kerja lain seperti di pemerintahan menjadi PNS atau memilih untuk membuka usaha sendiri, atau bahkan pekerjaan lain sesuai dengan minat dan keahliannya.

    Semoga bermanfaat? Semoga berhasil ! (Erma)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Jurusan Manajemen Bisnis Internasional
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar