Wow, Meranti Menjadi Pusat Penelitian dan Percontohan Restorasi Gambut

Daftar Isi

    Pusat penelitian dan percontohan pengelolaan gambut secara Nasional akan dicanangkan di Desa Sungai Tohor Kecamatan Tebingtinggi Timur Kabupaten Kepualaun Meranti. Hal ini berdasarkan Perpres No 1 Tahun 2016. Termaktub bahwa Meranti menjadi prioritas utama restorasi gambut dari tujuh provinsi yang ada di Indonesia.

    Saat ini dalam mengantisipasi kebakaran di lahan gambut, di Desa Sungai Tohor, Kecamatan Tebing Tinggi Barat masyarakat membangun sekat kanal, saat ini jumlah yang telah dibangun sebanyak 23 kanal yang siap ditutup saat terjadi musim kemarau sehingga tanah tetap lembab dan jika terjadi kebakaran sumber air tersedia.

    Kepala badan restorasi gambut Indonesia Nazir Fuad mengatakan, bahwa Desa Sungai Tohor akan dijadikan sebagai pusat penelitian dan percontohan dalam pengelolaan gambut secara nasional. Kabupaten Meranti diakui Kepala Badan Restorasi (BRG) RI Nazir Fuad memiliki karakteristik dan keunikan dibandingkan daerah lainnya, terbukti diawal kepemimpinan Presiden Jokowi juga sangat antusias mengunjungi daerah ini, hal itu pula yang membuat BRG menjadikannya sebagai daerah prioritas, kondisi gambut dan keberhasilan Pemda melibatkan masyarakat dalam mengantisipasi bencana ekologi lewat perkebunan khususnya Sagu yang mampu memberikan dampak ekonomi besar.

    Presiden Jokowi juga terkesan akan kearifan lokal dalam mempertahankan keberadaan sagu yang menjadi tanaman unggulan. Keberhasilan restorasi lahan gambut nanti, tentu akan meningkatkan perekonomian masyarakat dan daerah setempat, juga Riau dan nasional. 

    Pada tahun 2016 Kepulaun Meranti pun mendapatkan alokasi anggaran pembangunan Rp.342 miliar. Dengan Perpres yang telah menetapkan Kepulaun Meranti sebagai pusat penelitian dan pengelolaan tentu ini menjadi peluang besar bagi Meranti untuk menjadi Kabupaten yang lebih diperhatikan dalam pembangunan dan juga akses jalan yang ada karena memang kondisi jalan di Kepulauan Meranti masih minim antar desa, dengan begitu restorasi lahan gambut di Kepulaun Meranti menjadi kesempatan besar untuk menjadikan Meranti Kabupaten yang lebih baik kondisinya dari sebelumnya. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wow, Meranti Menjadi Pusat Penelitian dan Percontohan Restorasi Gambut
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar