Kelebihan dan Kekurangan Sistem Komunikasi Satelit

Daftar Isi

    LancangKuning - Komunikasi satelit adalah paket komunikasi elektronik yang ditempatkan pada suatu orbit. Tujuan utamanya adalah untuk memulai atau membantu melalui ruang angkasa. Dan ini telah memberikan kontribusi besar pada pola komunikasi internasional.

    Komunikasi satelit menggunakan satelit yang ditempatkan diatas bumi untuk komunikasi dengan VSAT yang ditempatkan di bumi. Ini juga digunakan untuk siaran TV. Satelit menggunakan frekuensi gelombang mikro untuk komunikasi satu sama lain menggunakan hubungan frekuensi gelombang mikro untuk komunikasi satu sama lain menggunakan hubungan antar-satelit dan dengan stasiun bumi atau VSAT. Ada berbagai jenis satelit berdasarkan aplikasi dan orbitnya.

    Microwave satelit pada dasarnya adalah stasiun pemancar gelombang mikro di luar angkasa. Ia menggunakan satelit geosynchronous untuk menyampaikan sinyal radio yang dipancarkan dari stasiun bumi. Untuk sinyal komunikasi, satelit ini bertindak sebagai stasiun relai. Dari stasiun bumi, satelit menerima data / sinyal, memperkuatnya, dan mengirimkannya kembali ke stasiun bumi lain. Data dapat dikirim ke sisi lain bumi menggunakan penyiapan semacam itu hanya dalam satu langkah. Sebagian besar perusahaan yang menggunakan microwave satelit menyewakan akses ke satelit dengan biaya selangit.

    Kelebihan:

    1. Melalui transmisi satelit, ini mencakup suatu wilayah bumi yang luas sehingga seluruh Negara atau wilayah dapat dijangkau hanya dengan satu satelit saja.
    2. Menyediakan bandwith yang lebih luas berdasarkan jenis alokasi SCPC atau MCPC.
    3. Aplikasi komunikasi nirkabel dan seluler dapat dengan mudah dibuat dengan komunikasi satelit di alokasi yang tidak bergantung.
    4. Dapat digunakan dalam berbagai macam aplikasi seperti komunikasi seluler global, jaringan bisnis pribadi, transmisi telepon jarak jauh, prakiraan cuaca, penyiaran sinyal radio / TV, pengumpulan intelijen di militer, navigasi kapal dan pesawat udara, menghubungkan daerah terpencil, distribusi televisi dll.
    5.  Keamanan dalam transmisi satelit biasanya disediakan oleh peralatan pengkodean dan penguraian kode.
    6. Layanan dari satu penyedia mudah diperoleh dan tersedia layanan yang seragam
    7. Jarak jauh bisa lebih murah.
    8. Pemasangan dan pemeliharaan mudah dan murah dalam komunikasi satelit oleh karena itu merupakan alternatif terbaik.
    9. Selama kondisi kritis, setiap Stasiun Bumi dapat dipindahkan dengan relatif cepat dari suatu lokasi dan dipasang kembali di tempat lain.
    10. Situs stasiun bumi mudah dipasang dan dirawat.
    11. Itu hidup berdampingan dengan komunikasi garis pandang gelombang mikro terestrial.
    12. Mudah untuk menginstal dan mengelola situs stasiun bumi.
    13. Itu tidak mengeluarkan banyak biaya per situs VSAT.
    14. Ini digunakan untuk suara, data, video dan transmisi informasi lainnya. Sistem satelit dapat dihubungkan dengan infrastruktur internet untuk mendapatkan layanan internet. Ini juga digunakan untuk aplikasi GPS di berbagai perangkat seluler untuk penentuan lokasi.
    15. Mudah untuk mendapatkan layanan dari satu penyedia dan layanan seragam tersedia.
    16. Ini memiliki margin fading kecil pada urutan sekitar 3Db
    17. Jenis satelit LEO dan MEO memiliki delay propagasi yang lebih rendah dan kerugian yang lebih rendah dibandingkan dengan satelit GEO. Ini akan membantu mereka digunakan untuk cakupan global.

    Kekurangan:

    1. Desain, pengembangan, investasi dan asuransi satelit membutuhkan biaya yang lebih tinggi.
    2. Untuk mencapai satelit dari Bumi, waktu dapat bervariasi antara 270 milidetik dan kembali lagi ke 320 milidetik. Penundaan propagasi ini dapat menyebabkan gema melalui koneksi telepon
    3. Satelit memiliki umur sekitar 12-15 tahun. Karena fakta ini, peluncuran lain harus direncanakan sebelum tidak beroperasi.
    4. Satelit tidak mudah diperbaiki dan dirawat.
    5. Beberapa keadaan seperti cuaca atau bintik matahari mempengaruhi sinyal satelit dan dapat menyebabkan gangguan dan membuat pengoperasian satelit menjadi sangat sulit.
    6. Pembuatan satelit membutuhkan lebih banyak waktu. Selain itu, desain dan pengembangan satelit membutuhkan biaya yang lebih tinggi.
    7. Satelit setelah diluncurkan, perlu dipantau dan dikontrol secara berkala agar tetap berada di orbit.
    8. Komponen redundan digunakan dalam desain jaringan. Ini menimbulkan lebih banyak biaya pada tahap instalasi.
    9. Dalam kasus LEO / MEO, dibutuhkan sejumlah besar satelit untuk mencakup radius bumi. Terlebih lagi visibilitas satelit dari bumi untuk durasi yang sangat singkat yang membutuhkan penyerahan satelit ke satelit yang cepat. Ini membuat sistem menjadi sangat kompleks.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Sistem Komunikasi Satelit
    Sangat Suka

    66%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    33%

    Komentar