Cara Mengatasi Kekurangan Elektrolit di Dalam Tubuh

Daftar Isi

    LancangKuning - Ketidak seimbangan elektrolit terjadi ketika tingkat elektrolit seperti kalsium, klorida dan magnesium yang ada dalam aliran darah menjadi terlalu tinggi atau terlalu rendah. Elektrolit mengatur fungsi yang penting tubuh kita dari konduksi saraf, pergerakan otot hingga PH darah. Elektrolit-elektrolit ini secara alami akan muncul di dalam cairan tubuh kita seperti pada darah atau urin.

    Ketidak seimbangan elektrolit dapat memicu berbagai macam gangguan pada fungsi organ tubuh. Fungsi otak, irama jantung serta kontraksi otot dipengaruhi dari kadar elektrolit. Pada kasus yang berat, gangguan elektrolit dapat menyebabkan gagal jantung, serta kejang-kejang dan koma.

    Penyebab gangguan elektrolit berbeda-beda, tergantung dari jenis elektrolit di dalam tubuh yang mengalami ketidak seimbangan. Misalnya, penyebab dari kekurangan fosfat akan berbeda dengan penyebab kekurangan magnesium.

    Namun demikian, gangguan elektrolit pada umumnya terjadi karena hilangnya cairan tubuh secara berlebihan, seperti akibat mempunyai luka bakar yang luas, berkeringat berlebih, diare, ataupun muntah yang terjadi terus menerus. Efek samping beberapa obat juga menyebabkan terjadinya gangguan elektrolit.

    Bagaimana cara mencegahnya? Berikut adalah beberapa cara untuk mencegan gangguan ketidak seimbangan elektrolit dengan cara berikut ini :

    1. Perhatikan asupan elektrolit sebelum dan sesudah berolahraga, Gangguan elektrolit biasanya dialami oleh atlit yang berperforma tinggi. Penting juga bagi kita yang merencanakan olahraga berat untuk memperhatikan rutinitas untuk memperhatikan lagi rutinitas sebelum maupun sesudah latihan dengan asupan elektroit yang memadai. Kamu dapat menyiapkan minuman olahraga yang mengandung ion dan kamu harus mengkonsumsi suplemen mineral. Perhatikan lagi kondisi tubuh selama latihan. Saat tubuh kekurangan elektrolit yang ditandai dengan rasa lemas, kram atau pusing, jangan dipaksakan, karena dapat menimbulkan efek samping yang tidak kamu inginkan. Diluar dari aktivitas yang menguras keringat, pencegahan paling banyak di lakukan dengan diet yang mengandung keseimbangan buah-buahan, sayuran, serta protein tanpa lemak.
    2. Mengubah diet dengan makan kaya mineral, perbaikan tercepat untuk mengatasi ketidakseimbangan elektrolit adalah dengan mengubah diet sehari-hari dengan asupan makanan yang kaya dengan mineral, seperti pisang, kismis, kurma, alpukat, dan lain-lain. Makanan ini juga kaya dengan nutrisi serta antioksidan yang akan membantu tubuh untuk berfungsi lebih baik lagi.
    3. Perhatikan keseimbangan cairan yang ada di dalam tubuh, cara terbaik untuk mencegahnya adalah dengan mempertahankan tingkat cairan yang sehat dalam tubuh. Oleh karena itu, gangguan elektrolit banyak di alami oleh atlet yang kehilangan sejumlah elektrolit ketika berolahraga atau mengikuti perlombaan. Baiknya orang yang mengkonsumsi terlalu banyak air juga bia membuang banyak elektrolitnya dan menyebabkan mereka kekurangan.
    4. Diuretic untuk kelebihan cairan mineral di dalam tubuh, sebagian orang dengan kondisi kelebihan mineral, garam serta air di dalam tubuh mengambil diuretic sebagai salah satu pertolongan medis. Cara ini bisa menghilangkan kelebihan elektrolit yang sama bahayanya dengan kondisi kekurangan. Melalui diuretic, jumlah natrium yang membawa cairan dalam darah dan di serap oleh ginjal dapat dikurangi. Hal ini yang menyebabkan produksi urine meningkat sehingga cairan tubuh berkurang dan menurunkan hipertensi.
    5. Mengobati akar atau sumber penyakit, ketidak seimbangan elektrolit banyak terjadi karena di sebabkan oleh infeksi dan kondisi medis yang dialami sesorang. Jadi cara terbaik yang bisa kita gunakan adalah dengan mengatasi akar masalahnya. Beragam penyakit yang berhubungan dengan gangguan elektrolit bisa dimulai dari masalah ginjal, tekanan darah, masalah penyalahgunaan zat atau gangguan makan. Memperbaiki sumber penyakit ini dapat menjadi langkah awal unti menyelesaikan gangguan elektrolit.
    6. Bantu dengan suplemen, hal ini penting terutama untuk yang hobi berolahraga berat atau kamu seorang atlit. Dukung menu harianmu dengan asupan suplemen yang kaya dengan mineral seperti kalsium, kalium, atau fosfat. Inilah cara yang paling simple untuk memastikan kadar elektrolit tidak turun ke level yang berbahaya. Konsumsi suplemen juga penting bagi seseorang yang menderita penyakit terkait dengan kekurangan mineral.

    Itulah beberapa tips agar elektrolit di dalam tubuh tetap seimbang. Jadi, sebelum kondisi tubuh kamu bermasalah karena gangguan elektrolit, mari terapkan langkah-langkah yang adalah di atas.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi Kekurangan Elektrolit di Dalam Tubuh
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar