Kelebihan Dan Kekurangan Catia

Daftar Isi

    LancangKuning - CATIA adalah suatu software yang akan dikembangkan sebagai alat desain sebuah produk dalam program. Catia (Computer Aided Three-Dimensi Interactive Application) merupakan suatu program dari sebuah komputer yang akan dibuat dengan mendasarkan pada suatu teori yang akan terdapat dalam sebuah perumusan dari metode elemen.

    Sejarah CATIA

    Dimulai sebagai pengembangan in-house pada tahun 1977 oleh produsen pesawat terbang dari prancis Avions Marcel Dassault. Kemudian akan dapat diadopsi oleh dirgantara, otomotif, galangan kapal, dan perusahan industri lainnya. Awalnya bernama disebut dengan CATIA pada tahun 1981 ketika Dassault menciptakan suatu anak dari perusahaan hanya untuk mengembangkan dan akan menjual suatu perangkat lunak dan mendatangi suatu perjanjian yang akan distribusi dan non-eksklusif dengan IBM.

    Ada beberapa kelebihan dan kekurangan catia:

    1. Kelebihan catia
    • Mampu mengombinasikan kelebihan sebuah desain seperti ini solid, wire-frame, sketch, modul dalam satu jendela pada windows yang akan disebut dengan sebuah sebutan hybrid desain.
    • Memanjakan suatu pengguna pada windows karena software ini akan dikembangkan dengan cara pengguna yang sama dengan windows environment hanya untuk melakukan seperti perintah pada cut, copy, paste, drag and drop dan lain sebagainya.
    • Catia mensupot tahap-tahapan yang ada dalam pembuatan suatu produk dari desain konseptual suatu produk dari desain konsptual desain manufacturing (CAM) sehingga analisa (CAE).
    1. Kekurangan
    • Tutorialnya sulit
    • Rendernya kurang berkualitas bagus
    • Syarat analisanya kompleks
    • Tidak ada kerja sama dengan software lain misalkan e software mastercam for solidworks.

    Fitur-fitur CATIA

    Awal dari perkembangan CATIA dimulai pada tahun 1967-1981 yaitu oleh Dessault Aviation dengan tujuan sebagai berikut:

    1. Pengembangan master dalam software geometri
    2. Pengembangan sebuah bentuk luar dari pesawat terbang
    3. Pengembangan design dari bentuk hingga ke proses dalam manufaktur yaitu bentuk dasar dalam 3D, dan komponen dalam bentuk drafting 2D.

    Perkembangan tersebut dikarenakan software CATIA sangat compatible dengan kegiatan Engineering design yang akan menyertakan beberapa fitur diantaranya adalah:

    1. Pengembangan produk

    Di dalam suatu pengembangan produk ini ada beberapa fungsi yaitu diantaranya adalah:

    Hybrid modeling, Top-Down dan bottom-up Assemblies, Design Integrated dan Associative Drawing, Fabrication of part, molded product Creation, mold Tooling Design.

    1. Pengembangan kualitas product

    Dimana d idalamnya akan terdapat beberapa fungsi yaitu diantaranya adalah: Lathe and prismatic maching, surface machining, multi surface machining, Advance multi Axis dan pocket machining, NC machining, machine Tools Builder, compositers manufacture preparation.

    Program dalam CATIA

    Program catia yang mempunyai suatu kemampuan yang lebih luas yang akan membuka suatu wawasan baru bagi seorang peneliti hanya untuk menyelesaikan suatu permasalahan lebih cepat. Tampilan protipenya juga akan bisa ditampilkan pada sebuah layer komputer sehingga orang yang lebih awal di bidang teknikpun akan dapat mengetahui dengan lebih mudah. Software dari CATIA akan menyediakan suatu solusi terpadu hanya untuk menyederhanakan dan memudahkan untuk proses desain dan analisa dalam sebuah struktur. Solusi yang akan terpadu tersebut berarti bahwa semua proses yang akan di kerjakan oleh satu mesin dan satu software sehingga bisa men-transfer permasalahan dengan lebih cepat.

    Software CATIA

    Catia merupakan suatu program dari komputer yang bisa dibuat dengan mendasarkan pada sebuah teori yang akan dapat dalam suatu perumusan metode dari elemen hingga program. Teknologi informatika atau komputer sebelum berkembang akan dianalisis yang akan dilakukan dengan metode dari elemen hingga masih menggunakan suatu perhitungan tangan yang panjang dan melelahkan. Penelitian dengan program ini hanya akan membuat model tiga dalam dimensinya dan analisa akan dapat dilakukan dengan hasil yang langsung dapat diketahui.(Lisdayani)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Catia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    50%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar