Fungsi Manajemen Pemasaran

Daftar Isi

    LancangKuning Sebelum membahas fungsi dari manajemen pemasaran, kita akan membahas apa itu manajemen pemasaran, fungsi, tujuan, dan contohnya. Apa itu manajemen pemasaran? Manajemen Pemasaran adalah suatu proses yang mencangkup perencanaan, analisis serta pelaksanaan, tentang pemasaran. Sehingga dapat menghasilkan strategi pemasaran agar barang produksi tersebut bisa sampai ke konsumen.

    Dari pengertian tersebut, manajemen pemasaran sangat di butuhkan oleh sebuah perusahaan dikarenakan barang yang akan mereka jual agar laku di pasaran. Perlu kamu ketahui, bahwa orang yang melakukan pemasaran biasa di sebut dengan Market Man (SalesMan).

    Di dalam manajemen pemasaran juga terdapat bauran pemasaran atau Market Mix(4P) :

    • Product, yaitu suatu hasil dari sebuah produksi bisa barang ataupun jasa
    • Place, yaitu suatu tempat yang dimana produk itu akan di pasarkan.
    • Price, yaitu suatu tahap yang di mana penentuan harga produk sesuai dengan hasil analisis yang dilakukan dari manajer pemasaran.
    • Promotion, merupakan suatu tahapan untuk mempromosikan atau memperkenalkan produknya kepada masyarakat agar masyarakat tertarik dengan produk yang di tawarkan.

    Fungsi Manajemen Pemasaran

    1. Fungsi penyampaian produk (Distributing), fungsi ini sangat penting karena bertujuan untuk produk kita yang diketahui oleh masyarakat sehingga masyarakat jadi tertarik untuk membeli.
      Tanpa adanya fungsi ini, bagai mana masyarakat bisa mengetahui tentang produk yang kita jual. Sehingga, apa gunanya jika kita bisa membuat suatu produk tetapi masyarakat tidak mengetahui keberadaan dari produk kita.
    2. Fungsi jual-beli (Trading), fungsi manajemen pemasaran yang satu ini merupakan suatu hakikat dasar dari manajemen pemasaran untuk bisa memberikan keuntungan dari segi proses jual-beli produk yang ia punya. Jual beli itu sendiri merupakan suatu kegiatan transaksi produk baik itu barang maupun jasa yang dilakukan oleh produsen dan konsumen.
    3. Fungsi penyediaan sarana (Facilitating), fungsi ini menyangkut dari berbagai aspek untuk menggapai suatu kelancaran produksi. Seperti aspek penggudangan, komunikasi dan penyotiran produk agar sesuai dengan standar.
    4. Fungsi untuk melakukan riset (Research), fungsi ini juga harus melakukan riset kepada konsumen tantang barang apa yang dibutuhkan oleh konsumen. Sehingga sewaktu proses pemasarannya nanti akan laku di pasaran.
    5. Fungsi pemrosesan (Processing), fungsi ini merupakan suatu proses pengubahan suatu barang menjadi barang yang mempunyai nilai tambah. Sehingga akan menambah nilai jual untuk barang itu.

    Tujuan Manajemen Pemasaran

    Berikut adalah beberapa tujuan dari Manajemen Pemasaran :

    • Menambah Permintaan. Tujuan yang pertama adalah untuk menambah permintaan. Bayangkan saja jika kita menjual suatu produk tetapi tidak ada permintaan sama sekali, oleh sebab itu manajemen pemasaran memikirkan kemasan (packaging) yang semenarik mungkin pada produk mereka agar masyarakat maupun konsumen bisa tertarik dan mau membeli produk dari mereka.
    • Menciptakan kepuasan konsumen. Tujuan selanjutnya adalah bisa menciptakan kepuasan konsumen, kepuasan konsumen tercipta karena konsumen akan mendapatkan kepuasan seperti surplus konsumen, utility atau kepuasan
    • Mendapatkan market share. Perlu kita ketahui market share merupakan jumlah seluruh permintaan dari konsumen terhadap barang serta jasa yang bisa mencerminkan golongan konsumen didasarkan dari ciri khasnya. Sehingga manajer pemasaran bisa mendapatkan data tentang perilaku konsumen.

    Market share juga sangat penting jika suatu perusahaan mendapatkan kompetitor atau pesaing dari perusahaan lain yang mempunyai produk yang sejenis dengan mereka, maka disinilah manajemen pemasaran sangat di perlukan untuk beradu strategi yang mereka punya agar produk ataupun layanannya laku di pasaran.

    • Agar memperoleh profit. Tujuan utama dari manajemen pemasaran ialah untuk memperoleh profit dan keuntungan maksimum dengan pengeluaran yang tertentu. Pendapatan dari suatu perusahaan juga bisa digunakan untuk mengukur kesuksesan dari sebuah perusahaan. Keuntungan ini diperoleh jika manajemen pemasaran bisa bekerja dengan baik sehingga pemasaran produk perusahaan tersebut bisa membuat produknya laku keras di pasaran.
    • Membuat branding atau citra. Tujuannya adalah untuk mendapatkan branding atau citra yang positif di mata masyarakat terhadap produknya sehingga mereka mau serta mampu membeli produknya dengan senang hati.(Tina)

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Fungsi Manajemen Pemasaran
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar