Sikap dan Perilaku Wirausahawan

Daftar Isi

    LancangKuning Pengertian Wirausahawan | Wirausahawan atau entrepreneur merupakan sebutan untuk orang yang mengembangkan sebuah bisnis baru yang belum pernah ada sebelumnya, wirausahawan juga disebut sebagai orang yang menciptakan lapangan pekerjaan untuk semua orang. Umumnya seorang wirausahawan memiliki potensi yang luar biasa karena mereka memikirkan usaha mereka dari nol hingga menjadi sebuah bisnis yang sangat besar.

    Seorang wirausahawan harus memiliki kecerdasan untuk mengenali produk baru yang akan dikembangkan. Wirausahawan memiliki banyak keunggulan, bahkan sebagai pengusaha mereka dapat menciptakan pekerjaan baru untuk orang lain.

    Ciri-ciri Wirausahawan.

    Seorang wirausahawan harus memiliki ciri-ciri khusus, jika anda ingin memulai suatu bisnis, pastikan jenis usaha yang dibuat sudah benar dan tidak melanggar aturan. Berikut merupakan ciri-ciri seorang wirausahawan, diantaranya:

    1. Berorientasi Pada Hasil.

    Untuk anda yang ingin menjadi pengusaha berarti anda harus selalu berorientasi pada setiap hasil. Ini sangat penting karena akan ada hambatan dalam dunia bisnis yang akan membuat anda untuk menyerah. Anda juga akan merasa tertantang oleh hambatan tersebut sehingga hasil yang di-inginkan dapat tercapai.

    1. Berani Mengambil Resiko Apapun.

    Seorang wirausahawan harus berani mengambil resiko. Karena resiko ini akan selalu dimasukkan dalam setiap keputusan yang akan anda buat. Beberapa resiko yang dapat muncul di dunia bisnis, yaitu kecelakaan, kebakaran, kegagalan, dan kebocoran.

    1. Selalu Percaya Diri.

    Seorang wirausahawan tidak akan cukup hanya untuk berpikir positif, tetapi seorang wirausahawan juga harus memiliki sikap berani dan rasa percaya diri. Anda harus yakin bahwa perusahaan mu dapat sukses jika memiliki tingkat kepercayaan yang tinggi, ini dapat mendukung pekerjaan yang akan anda lakukan. Dengan cara seperti ini maka jiwa anda akan lebih termotivasi untuk membangun bisnis yang sukses.

    1. Memiliki jiwa kepemimpinan

    Tidak hanya memiliki rasa percaya diri,seorang wirausahawan juga harus memiliki jiwa kepemimpinan. Bayangkan, apa yang akan terjadi ketika anda sebagai seorang wirausahawan memulai suatu bisnis tetapi anda tidak memiliki jiwa kepemimpinan sedikit pun? Apakah perusahaan anda akan semakin maju? Tidak, karena anda seorang wirausahawan, berarti anda yang akan menjadi bos di sebuah perusahaan.

    Jika masalah tiba-tiba terjadi, anda sudah harus waspada dan hadapi masalah tersebut serta anda harus memikirkan solusi terbaik untuk menyelesaikan masalah. Dan juga anda harus membimbing karyawan di dalam perusahaan anda, untuk meningkatkan kinerja perusahaan tersebut.

    1. Menatap Masa Depan.

    Yang namanya wirausahawan sejati selalu memikirkan apa yang akan terjadi di masa depan. Contohnya saja ketika anda ingin mencari peluang untuk mendirikan perusahaan yang sukses di masa depan. Oleh karena itu, seorang wirausahawan harus memiliki keterampilan yang baik dalam hal dorongan hati agar dapat mengembangkan ide-ide baru di masa depan.

    Sikap dan Perilaku Wirausahawan.

    1. Sikap wirausahawan.
    • Mampu berfikir dan bertindak kreatif dan inovatif.
    • Mampu bekerja tekun, teliti, dan produktif.
    • Mampu berkarya berlandaskan etika bisnis yang sehat.
    • Mampu memecahkan masalah dan dapat mengambil keputusan yang tepat.
    1. Perilaku Wirausahawan.
    • Mereka merencanakan hari mereka sebelumnya.

    Dalam bisnis, Anda dapat dengan mudah membiarkan prioritas orang lain mengatur hari Anda. Panggilan telepon, email, janji, rapat - tidak pernah berakhir. Pengusaha yang tak terhentikan merencanakan hari mereka terlebih dahulu, sebelum kekacauan dimulai. Tetapi mereka tidak hanya membuat rencana lama - mereka memastikan untuk memblokir waktu untuk prioritas terpenting mereka.

    • Mereka mendapatkan nutrisi dan olahraga yang tepat.

    Ini tidak bisa dilebih-lebihkan. Menjadi wirausahawan yang produktif dan tak terhentikan adalah tentang tubuh Anda sama seperti pikiran dan kemauan Anda. Jika Anda tidak menjaga nutrisi dan olahraga harian, Anda tidak akan menjadi yang terbaik - dan Anda pasti tidak akan dapat dihentikan. Minumlah banyak air, makan sarapan, dan buat tubuh Anda bergerak. Hasilnya, Anda akan jauh lebih sukses.

    • Mereka menetapkan tujuan yang jelas.

    Setiap wirausahawan memiliki tujuan yang jelas. Mengetahui tujuan Anda akan membuat Anda terus maju ketika segala sesuatunya menjadi sulit dan memberi Anda sesuatu untuk difokuskan ketika Anda tidak yakin apa yang harus dilakukan selanjutnya. Tetapi tujuan Anda seharusnya tidak hanya fokus pada jangka panjang. Memiliki tujuan jangka panjang, jangka menengah, dan jangka pendek. Melakukan hal itu memungkinkan Anda merencanakan hari dan minggu dengan fokus yang tak tertandingi, tahu persis apa yang Anda potret.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Sikap dan Perilaku Wirausahawan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar