Prospek Kerja Teknik Pengolahan Limbah

Daftar Isi

    LancangKuning - Beberapa orang tidak terlalu paham apa itu teknik pengolahan limbah, ada yang menyamakannya dengan teknik lingkungan padahal teknik pengolahan limbah dan teknik lingkungan itu sangat jauh berbeda dan ada juga yang pertama kalinya mendengar bahwa teknik pengolahan limbah tersebut memang ada.

    Dikarenakan ada beberapa orang yang kurang paham mengenai jurusan teknik pengolahan limbah, maka pada artikel di bawah ini akan membahas tuntas mengenai pengertian teknik pengolahan limbah, apa saja yang harus dipelajari dalam teknik pengolahan limbah, perbedaan teknik pengolahan limbah dengan teknik lingkungan, sampai ke prospek kerja teknik pengolahan limbah. Untuk itu alangkah bagusnya simaklah sampai akhir agar tidak terjadi kesalahpahaman!

    Pengertian Teknik Pengolahan Limbah.

    Teknik pengolahan limbah merupakan sebuah jurusan yang hanya berfokus pada pengolahan limbah baik itu limbah organik maupun limbah industri. Artinya teknik pengolahan limbah sudah merencanakan instalasi pengolahnya dan cara mengolah limbah tersebut. Di dalam teknik pengolahan limbah kita akan dihadapkan dengan sebuah permasalahan-permasalahan lingkungan yang ada di sekitar dan mencari solusi terbaik serta bagaimana cara mengantisipasinya agar tidak terulang lagi permasalahan lingkungan tersebut.

    Apa saja yang harus dipelajari dalam Teknik Pengolahan Limbah.

    Pada umumnya teknik pengolahan limbah itu mempelajari mengenai kimia, mikrobiologi, pengolahan limbah, pengolahan limbah padat dan cair serta gas, hukum lingkungan, ilmu bahan, perpipaan, dan sebagainya. kali ini akan dijelaskan beberapa topik pembelajaran dalam jurusan teknik pengolahan limbah, di antaranya:

    1. Teknologi pengolahan limbah.

    Di topik pembelajaran ini siswa atau mahasiswa akan di ajak untuk mengenali apa saja teknologi dan peralatan yang digunakan untuk mengelola limbah, teknologi yang akan dipergunakan pun juga sangat banyak, tergantung dari jenis limbah yang akan diolah oleh siswa atau mahasiswa, efisiensi, dan lain sebagainya.

    1. Ilmu sipil.

    Jurusan teknik pengolahan limbah merupakan turunan dari teknik sipil, maka siswa atau mahasiswa akan diajarkan beberapa ilmu sipil seperti teknik mekanika, beton plat baja, perpetaan, dan lain sebagainya. hubungan antara teknik pengolahan limbah dan teknik sipil itu adalah ilmu-ilmu sipil ini nantinya akan berkaitan dengan perancangan istalasi pengolahan limbah, contohnya perancangan septitank, maka siswa atau mahasiswa harus mengetahui material yang cocok untuk digunakan, dimana akan diletakkan, dan bagaimana kondisi tanahnya.

    1. Perpipaan.

    Di perpipaan ini, siswa ataua mahasiswa akan mengetahui seluk beluk sistem perpipaan, di setiap pipa memiliki fungsi yang sangat berbeda-beda, oleh karena itu, siswa atau mahasiswa harus mempelajari perpipaan untuk membuat pembuatan instalasi pengolahan limbah.

    1. Hukum Lingkungan.

    Di dalam perundang-undangan tentang lingkungan setiap siswa atau mahasiswa akan membahas mengenai peraturan lingkungan yang ada di sekitar, standar-standar atau mutu limbah dokumen, dan sebagainya yang tertulis di undang-undang lingkungan tersebut.

    1. Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3)

    Setiap siswa atau mahasiswa jurusan teknik pengolahan limbah tidak hanya mempelajari sistem yang akan digunakan untuk mencegah terjadinya kecelakaan dalam kerja, tetapi juga mempelajari bagaimana mempertimbangkan kesehatan dan keselamatan kerja. Ini merupakan salah satu bagian terpenting dari teknik pengolahan limbah. Jika terjadi kecelakaan dalam melakukan kerja, masalah tidak hanya selesai setelah membayar uang ganti rugi kepada korban, tetapi juga mempengaruhi proyek atau produksi suatu perusahaan atau pabrik, apalagi jika yang menjadi korban memegang peranan yang penting.

    Perbedaan Teknik Pengolahan Limbah dengan Teknik Lingkungan.

    Jurusan Teknik Lingkungan membahas permasalahan lingkungan secara umum, sedangkan teknik pengolahan limbah lebih berfokus terhadap permasalahan limbah dan lebih ahli dalam permasalahan perlimbahan, sehingga pokok bahasan teknik pengolahan limbah tidak terdapat bahasan seperti kesehatan masyarakat, pengolahan air bersih, dan sebagainya. Sedangkan pokok-pokok pembahasan tersebut ada di jurusan teknik lingkungan dan dalam pokok pembahasan pengolahan limbah pada teknik lingkungan kurang lengkap.

    Prospek Kerja Teknik Pengolahan Limbah.

    Semakin banyak permasalahan lingkungan mengenai limbah dan semakin ketatnya peraturan-peraturan lingkungan. Maka Setiap perusahaan industri membutuhkan lulusan teknik pengolahan lingkungan limbah baik sektor pemerintahan maupun swasta. Berikut beberapa pekerjaan yang bisa dilakukan oleh lulusan teknik pengolahan limbah:

    • HSE.
    • Quality Control.
    • Konsultan Lingkungan.
    • Tenaga pendidik atau dosen.
    • Manajer lingkungan.(Sukri)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Teknik Pengolahan Limbah
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar