Hubungan Manajemen Dengan Biaya

Daftar Isi

    LancangKuning - Hubungan manajemen biaya merupakan sistem yang digunakan untuk menyediakan informasi bagi manajemen sebagai langkah awal mengamati kesempatan peluang-peluang untuk penyempurnaan, perencanaan strategi, dan pembuatan keputusan operasional mengenai pengadaan dan penggunaan sumber-sumber yang diperlukan oleh bagian organisasi.

    Pengguna sistem manajemen biaya terdiri dari alat-alat, teknik-teknik, dan metode-metode yang secara bersama-sama membentuk suatu sistem manajemen biaya. Biaya standar adalah ukuran yang telah ditentukan dengan hati-hati tentang biaya apa yang harus dalam kondisi yang dinyatakan. Biaya standar tidak hanya memperkirakan biaya apa yang akan tetapi juga tujuan yang harus dicapai. Ketika standar ditetapkan dengan benar, pencapaiannya mewakili tingkat kinerja yang cukup efisien.

    Bagaimana dengan biaya langsung? Biaya langsung, atau dikenal sebagai pengeluaran variabel, termasuk orang-orang seperti bahan dan tenaga kerja. Pengeluaran ini terkait waktu dengan sejumlah cara yang berbeda. Faktor yang paling jelas adalah pengguna biaya. Jadi, jika proyek selesai lebih lambat dari yang diharapkan, Anda bisa berakhir dengan biaya yang lebih besar di tangan Anda karena kenaikan upah atau kenaikan harga bahan.

    Alasan lain untuk peningkatan pengeluaran adalah karena kerja yang tidak efisien. Waktu tunggu atau waktu yang hilang dapat terjadi karena sejumlah alasan, dari perencanaan yang buruk hingga kekurangan material. Jam kerja yang dianggarkan kemungkinan akan terlampaui jika proyek melewati durasi yang Telah Anda rencanakan

    Biasanya, standar yang efektif adalah hasil studi teknik dan studi waktu dan gerak yang dilakukan untuk menentukan jumlah bahan, tenaga kerja, dan layanan lain yang diperlukan untuk menghasilkan produk. Juga dipertimbangkan dalam menetapkan standar adalah kondisi ekonomi umum karena kondisi ini mempengaruhi biaya bahan dan layanan lain yang harus dibeli oleh perusahaan multifungsi.

    Perusahaan mencapai standar ideal dalam keadaan terbaik—tanpa masalah mesin atau masalah pekerja. Perusahaan dapat mencapai standar yang tidak realistis ini hanya ketika memiliki pekerja yang sangat efisien dan terampil yang bekerja pada upaya terbaik mereka sepanjang seluruh periode yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan. Standar praktis adalah standar ketat tetapi dapat dicapai yang memiliki tunjangan yang dibuat untuk masalah mesin dan periode istirahat untuk pekerja. Perusahaan dapat memenuhi standar ini jika pekerja rata-rata efisien dalam pekerjaan mereka. Standar ini umumnya digunakan dalam perencanaan.

    Manfaat dari manajemen biaya

    1. Dapat mengoptimalkan kinerja dari daur hidup suatu produk.
    2. Meningkatkan suatu pelacakan biaya tersebut.
    3. Perencanaan yang stabil serta mengendalikan suatu organisasi.
    4. Mengatur manajemen investasi.
    5. Mengukur dari hasil kinerja.
    6. Adanya dukungan dalam otomasi beserta filosofi penalaran.

    Tujuan manajemen dalam biaya

    Secara umum ada empat tujuan yang mencakup segala dari manajemen biaya yang diantaranya sebagai berikut adalah;

    1. Untuk mengetahui tingkat penggunaan, efektivitas, serta nilai ekonomi aktivitas bisnis.
    2. Untuk dapat membantu menganalisa biaya aktivitas bisnis.
    3. Membantu menyempurnakan kinerja organisasi d imasa yang akan datang.
    4. Membantu mencapai tujuan seluruh poin penting secara bersamaan dalam sebuah lingkungan perubahan teknologi.

    Macam – macam manajemen biaya

    • Biaya bahan baku langsung dan tidak langsung
      Biaya bahan baku langsung merupakan biaya bahan baku pada produk atau objek lainnya
    • Biaya tenaga kerja langsung dan tidak langsung
      Biaya tenaga kerja langsung akan dipergunakan untuk dapat menghasilkan produk atau jasa ditambah sebagian jam kerja yang tidak produktif dan tidak dapat dihindari, seperti halnya waktu istirahat.
    • Biaya tidak langsung lainnya
      Keadaan biaya tidak langsung tersebut digolongkan ke dalam suatu tempat penampungan biaya yang disebut dengan overhead atau disebut juga overhead pabrik
    • Biaya tetap dan biaya variabel
      Penggunaan biaya variabel adalah perubahan pada total biaya yang dihubungkan dengan setiap perubahan pada jumlah pergerakan biaya. Penggunaan biaya akan tetap memberikan informasi banyak biaya tidak langsung yang tidak akan berubah karena unit yang diproduksi.
    • Biaya per-unit dan biaya marginal
      Biaya per unit biasa disebut dengan biaya rata-rata merupakan seluruh total dari penggunaan biaya produksi dibagi jumlah unit output.(Winxy)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Manajemen Dengan Biaya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar