Hubungan Sistem Informasi Akuntansi Dengan Sistem Informasi Manajemen

Daftar Isi

    LancangKuning Sistem Infomasi Manajemen merupakan sebuah sistem yang akan melakukan berbagai fungsi untuk dapat menyediakan semua informasi yang mempengaruhi semua operasi organisasi. Sistem informasi manajemen dapat tergantung pada besar kecilnya sebuah organisasi tersebut. Sistem informasi manajemen merupakan sistem perencanaan bagian dari pengendalian internal di dalam suatu bisnis yang terdiri dari pemanfaatan dokumen, manusia, teknologi serta prosedur dalam akuntansi manajemen.

    Tujuan dari sistem informasi tersebut ialah untuk memecahkan beragam masalah dalam bisnis yang meliputi suatu layanan, biaya produk, serta pada strategi bisnis. Untuk keseluruhan sistem ini dapat digunakan dalam rangka menganalisis semua sistem informasi yang lain pada saat penerapan aktivitas operasional suatu organisasi tersebut.

    Fungsi dari sistem ini tidak terbatas pada pihak manajemen saja, namun juga dapat berpihak bagi suatu organisasi secara keseluruhan. Sistem informasi manajemen memiliki fungsi yang dapat kita lihat ulasannya yaitu sebagai berikut .

    1. Dapat meningkatkan sebuah produktivitas serta untuk penghematan dalam hal biaya di dalam organisasi
    2. Dapat meningkatkan kualitas dari SDM yang dikarenakan unit sistem kerja akan menjadi lebih terkoordinasi serta sistematis
    3.  Dapat mempermudah seluruh pihak manajemen dalam melakukan suatu pengawasan, perencanaan, pengarahan serta pendelegasian kinerja pada semua departemen yang mempunyai koordinasi dan sebuah hubungan.
    4. Dapat meningkatkan efisiensi serta pada aktivitas data yang menjadi lebih realtime dan tentunya akurat.

    Sistem informasi manajemen dapat terdiri dari beberapa sistem informasi sebagai berikut :

    1. Sistem informasi akuntansi atau accounting information system
    2. Sistem informasi pemasaran atau marketing information system
    3. Sistem informasi manajemen persediaan atau inventory management
    4. Sistem informasi personalia
    5. Sistem informasi distribusi
    6. Sistem informasi pemelian
    7. Sistem informasi kekayaan
    8. Sistem informasi analisis kredit
    9. Sistem informasi penelitian dan pengembangan
    10. Sistem informasi teknik

    Sistem informasi tersebut dapat memberikan informasi tergantung kepada sistem level manajemenya. Sistem informasi akuntansi merupakan sebuah sistem yang dapat mewakili semua sistem informasi manajemen atau dengan bahasa lain mereka saling terikat antara sistem informasi manajemen dengan sistem infromasi akuntansi maupun sebaliknya. Sedangkan pada organisasi besar sistem informasi akuntansi merupakan subsistem dari sistem informasi manajemen, bisa di bilang sistem informasi manajemen merupakan induk dari sistem informasi akuntansi.

    Sistem informasi manajemen memiliki banyak kepentingan dengan penyediaan informasi yang menyeluruh dan terintegrasi untuk dapat membantu pengambilan keputusan bagi berbagai tingkatan dari semua manajemen dalam suatu organisasi ataupun perusahaan. Sistem informasi dan akuntansi memiliki lima fungsi utama yaitu sebagai berikut :

    1. Dapat mengumpulkan data dan menyimpan data dari semua aktivitas dan transaksi perusahaan
    2. Dapat memproses data menjadi sebuah informasi yang berguna bagi pihak manajemen.
    3. Dalam memanajemen-kan data –data yang ada ke dalam kelompok kelompok yang sudah ditetapkan oleh suatu perusahaan
    4. Dapat mengendalikan control data yang cukup sehingga asset dari suatu organisasi atau perusahaan dapat terjaga.
    5. Pada penghasil informasi yang dapat menyediakan informasi yang cukup bagi pihak manajemen untuk dapat melakukan perencanaan mengeksekusi perencanaan serta untuk mengontrol aktivitas.

    Hubungan dari sistem akuntansi dengan sistem informasi manajemen, manajemen perusahaan yang menjalankan bisnis perusahaan dengan menggunakan sistem informasi yang biasa disebut dengan sistem informasi manajemen. Sistem tersebut menghasilkan informasi yang dapat memungkinkan manajemen dalam mengambil keputusan mengenai langganan yang harus dilayani. Jenis barang dan jasa yang diperlukan oleh para pelanggan serta saat dan cara pengiriman barang kepada pelanggan.

    Dengan demikian artikel saya tentang hubungan antara sistem informasi akuntansi dan sistem informasi manajemen semoga dapat bermanfaat dan membantu.(syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Sistem Informasi Akuntansi Dengan Sistem Informasi Manajemen
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar