Ternyata Skripsi Itu Berat, Berikut Tips Cepat Garap Skripsi

Daftar Isi

    Foto dok: @febrinayurii

    LANCANGKUNING.COM - Skripsi adalah istilah yang digunakan di Indonesia untuk mengilustrasikan suatu karya tulis ilmiah, berupa paparan tulisan hasil penelitian sarjana S1 yang membahas suatu permasalahan/fenomena dalam bidang ilmu tertentu dengan menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku.

    Skripsi yang merupakan tugas akhir untuk meraih gelar sarjana ini membuat mahasiswa kebanyakan pusing. Bingung, dan menjadi permasalahan baru.

    Gara-gara skripsi, ada mahasiswa yang gagal wisuda. Gara-gara skripsi ada mahasiswa yang kenak marah dosen.

    Febrina Yuri, Mahasiswi semester 7 dari jurusan Manajemen Universitas Lancang Kuning ini menganggap skripsi adalah sesuatu yang berat. Katanya lebih berat daripada Dilan.

    "Pikirin skripsi ternyata lebih berat daripada mikirin Dilan," gurau Yuri yang di tulis di akun instagramnya, @febrinayurii, Rabu (26/9/2018).

    5 Tips Cepat Rampungkan Skripsi

    Dilansir dari situs www.cermati.com, berikut tahapan yang bisa kalian jadikan pertimbangan agar skripsi cepat selesai:

    1. Kuliah Tidaklah Gratis, Ingat Biaya dan Harapan Orang Tua

    Biaya pendidikan itu mahal, ingatlah bagaimana sulitnya orang tua mencari dana kuliah kamu. Makin lama kalian lulus makin mahal biaya sekolah dan juga biaya hidup. Orang tuamu pasti akan makin bersedih jika kalian telat lulus.

    Tidak semua orang tua mampu membiayai pendidikan anaknya dengan mudah. Tak jarang untuk bisa kuliah mereka berjuang keras menyisihkan hasil dagang, uang gaji bulanan, atau bisa saja uang yang dikirimkan itu adalah uang hasil pinjaman.

    Jika terlalu bersantai-santai dalam mengerjakan skripsi kuliah, bisa jadi kita termasuk anak durhaka yang tidak bisa memanfaatkan jerih payah orang tua kita.

    2. Adaptasi dengan Karakter Dosen dan Belajar Mulai Mendekatinya

    Sebagai mahasiswa kita tidak bisa memilih dengan dosen siapa kita akan mendapatkan pembimbing skripsi. Semua sudah diputuskan dari pihak jurusan atau fakultas. Kalau dapat dosen yang enak bersyukurlah skripsi bisa cepat selesai, kalau dapat dosen “killer” bersyukur juga karena kamu akan mendapatkan ilmu penting bagaimana bisa adaptasi dan mengikuti alur pikiran pembimbing yang bisa jadi kamu tidak sukai. Kelak ilmu seperti ini penting dalam dunia kerja.

    Jika sudah mendapatkan dosen pembimbing belajarlah untuk mendekati dosen pembimbing, dan sampaikan keinginanmu terkait skripsi yang akan dibuat atau akan diselesaikan. Proses skripsi sebenarnya bisa lebih mudah jika kita mengajukan skripsi sesuai dengan usulan proyek dari dosen. Karena sedikit banyak kita akan terbantu dengan adanya proyek penelitian tersebut. Kita butuh cepat lulus, dosen juga butuh proyek penelitiannya cepat selesai. Jika tidak bisa menemukan kondisi ideal tersebut, maka jalan berikutnya adalah kamu harus pintar mendekati dosen pembimbing.

    Tak ada salahnya kita belajar dari Asisten Dosen dan mahasiswa yang aktif dimana mereka cenderung lebih cepat saat menyelesaikan skripsi, bukan karena mereka hebat atau pintar sekali, namun karena mereka mendapat dosen pembimbing yang mudah ditemui dan banyak memberikan bantuan dalam menyelesaikan skripsinya.

    3. Jangan Terlalu Idealis

    Judul atau tema skripsi sebenarnya banyak, namun tak jarang banyak mahasiswa yang sering bimbang sampai memakan waktu berbulan bulan hanya untuk mencari dan memilih judul. Percayalah, tidak ada judul yang ideal, terlalu sulit untuk dikerjakan atau akan seterusnya mudah jika dikerjakan. Semua punya tingkat kerumitan tersendiri, apapun tema dan judulnya. Prinsipnya segera putuskan judul mana yang akan diajukan dan segera dikerjakan.

    Kondisi yang sering terjadi, banyak mahasiswa cepat dalam studi mata kuliah, rata-rata selesai 4 tahun, namun untuk menyelesaikan skripsi jarang yang bisa selesai dalam 1 semester.

    Untuk mempermudah dalam mengerjakan skripsi nantinya, hal paling mudah adalah mengambil judul dari apa yang kita pahami dengan baik dan ada di sekitar kita. Dari sini kamu tinggal menambahkan metode saja sudah bisa mengerjakan layaknya menyelesaikan mata kuliah saja.

    Selain itu, hindari mencari judul yang terlalu sulit dan susah diselesaikan. Jangan terlalu idealis, khusus skripsi tahap S1 ambil saja prinsip yang penting cepat lulus, karena skripsi itu membuat penelitian ilmiah, bukan perlombaan mencari judul paling susah.

    4. Buat Jadwal Waktu Penyelesaian dan Pasang Target Harus Selesai 1 Semester

    Perlu diketahui bahwa untuk bisa sukses kita harus memiliki target, tidak hanya dalam dunia kerja, namun juga sudah harus dimulai sejak jaman kuliah. Target penyelesaian skripsi salah satu contoh paling tepat bagi mahasiswa tahap akhir. Target bisa dibuat dalam bentuk ”time schedule” mingguan yang bermanfaat agar penyusunan skripsi itu bisa dilakukan  semaksimal mungkin dan tidak molor.

    Jika bingung membuat time schedule, tips berikut ini bisa dicoba:

    • Konsultasi dosen terkait jadwal dosen yang membimbing laporan skripsi kita.
    • Atur jadwal sendiri untuk bimbingan dari  jadwal luang dosen tadi.
    • Idealnya konsultasi bimbingan skripsi adalah ketika dosen selesai mengajar atau jam istirahat yang lumayan lama. Biasanya hari senin-rabu dosen sering sibuk dengan jadwal kuliah, namun setelah masuk hari kamis-jum’at, seringkali jadwal mulai longgar dan banyak jam kosong. Manfaatkan jam-jam seperti ini.

    Mempelajari jadwal dosen pembimbing merupakan salah satu strategi menyelesaikan skripsi yang perlu diketahui. Dosen pembimbing adalah konsultan kita, harus rajin ditemui, dan jangan justru ditakuti atau malah dihindari.

    5. Mengurangi Kegiatan Ekstra kurikuler Di Kampus

    Mahasiswa tahap akhir sudah bukan waktunya lagi untuk aktif di Kegiatan ekstra kurikuler.  Idealnya masa studi sarjana adalah 8 semester untuk studi mata kuliah sedangkan 1 semester untuk menyelesaikan skripsi dengan cadangan 1 semester berikutnya jika belum selesai. Jadi pas waktunya 4,5-5 tahun. Habiskan hobi ekstra kurikulermu di 4 tahun kuliah dan hanya fokus untuk skripsi di sisa semester diatas 4 tahun tersebut agar skripsi cepat selesai. (LK/yopi)

     

     

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Ternyata Skripsi Itu Berat, Berikut Tips Cepat Garap Skripsi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar