Kelebihan dan Kekurangan Laravel

Daftar Isi

    LancangKuning - Laravel merupakan sebuah framework PHP yang telah dirilis dibawah lisensi MIT, yang dibangun dengan menggunakan konseop MVC (Model View Controller). Laravel adalah suatu pengembangan website yang berbasis MVP yang dituliskan dalam PHP yang dirancang untuk dapat meningkatkan kualitas dari perangkat lunak dengan mengurangi biaya dari pengembangan awal dan biaya pemeliharaan , dan untuk meningkatkan pengalaman bekerja dengan aplikasi dan dengan menyediakan sintaks yang lebih ekspresif, jelas dan tentunya menghemat waktu.

    Beberapa fitur yang terdapat di sebuah laravel:

    • Bundles
      Yaitu sebuah fitur dengan sistem pengemasannya modular dan tersedia dengan beragam di sebuah aplikasi.
    • Eloquent ORM
      Fitur ini merupakan sebuah penerapan PHP lanjutan yang menyediakan metode internal dari pola active record yang akan mengatasi sebuah masalah pada hubungan objek database.
    • Application Logic
      Merupakan bagian dari aplikasi yang menggunakan sebuah metode controller bagian routenya.
    • Reverse Routing
      Fitur ini akan mendefinisikan relasi atau hubungan antara link dan route.
    • Restful Controlles
      Ini akan dapat memisahkan sebuah logika dalam melayani HTTP GET and POST.
    • Class Auto Loading
      Fitur ini akan menyediakan loading yang otomatis untuk class php.
    • Automatic Pagination
      Fitur ini akan menyederhanakan tugas-tugas dari sebuah penerapan halaman.

    Kelebihan Laravel

    1. Dokumentasi yang lengkap
      Laravel memiliki sebuah dokumentasi yang lebih lengkap dari sejak mulai install dan fitur-fiturnya yang lengkap dan kita juga dapat mengakses dokumentasi yang lengkap di website. Dokumentasi laravel ini juga tidak hanya berisi teks akan tetapi juga dapat berupa tutorial video yang dapat diakses dimana dan kapan saja.
    2. Komunitas yang besar
      Laravel ini juga mempunyai komunitas yang sangat besar sehingga kita hendak mendapatkan kendala kita dapat bertanya ke komunitas dan aktifnya diskusi di forum laravel akan menunjukkan besarnya komunitas sebuah laravel. Tempat yang dinamakan stackoverlow merupakan tempat bertanya dimana segala permasalahan programming, dan banyak ditemui permasalahan tentang laravel dan banyak pula yang akan menjawab.
    3. Fitur yang membuat efisien
      Laravel ini banyak menyediakan fitur yang akan membuat pebuatan aplikasi menjadi lebih efisien yang tidak akan didapati oleh codeigniter.
    4. Cara install yang modern
      Bahasa yang mudahnya composer adalah tool yang berfungsi untuk dapat mendownload sebuah software untuk keperluan kepentingan php.
    5. Waktu yang akan dibutuhkan untuk dapat mengembangkan projek website dengan menggunakan framework ini akan menjadi lebih cepat dan tentunya tepat dan tidak banyak menyita waktu anda.
    6. Dapat meningkatkan pengunjung website yang dikarenakan teknologi framework ini bisa digunakan di segala jenis browser dan di berbagai perangkat dengan baik.
    7. Laravel ini dilengkapi dengan utilitas pemrograman untuk dapat membantu sebuah proses pengembangan aplikasi web dan juga moderasi dengan cara yang terbaik dengan pengaturan ketergantungan yang lengkap tentunya.
    8. Dukungan framework MVC
      Dengan menggunakan MVC ini maka laravel dapat dengan mudah mengelola basis data seperti input data ke basis data dan melakukan pembaruan data dan pengolahan data lainnya dan kamu juga dapat mengatur tampilan ke pengguna dan dapat mengontrol antara pengolahan bisnis data dan mengatur tampilan ke pengguna.

    Kekurangan Laravel

    1. Tidak mudah memahami untuk pertama kali
      Buat para pengguna yang tidak memahami laravel relatif maka akan merasakan kesulitan karena laravel tidak semudah codeigner untuk mudah di pahami. Jangankan untuk memahami alurnya, untuk menginstalnya untuk pertama kali pun kalau para pengguna bisa dibuat bingung karena installnya sudah modern.
    2. Update versi terlalu cepat
      Dengan update yang terlalu cepat sehingga bagi yang tidak mengikuti alur perkembangan laravel dapat ketinggalan jauh dan perubahan fiturnya pun akan signifikan.
    3. Install di server tidak semudah codeigniter
      Apabila kita install codeigniter di ftp kita tinggal upload dan kita dapat mengubah-ubah konfigurasi database dan maka install laravel tidak semudah itu.
    4. Relatif lebih berat
      Relatif laravel lebih berat apabila dibandingkan dengan framework codeigniter, karena hal ini laralavel memuat lebih banyak file dan asset-asset untuk dapat menjalankan aplikasinya.

    Demikialah artikel saya tentang pembahasan kelebihan dan kekurangan laravel semoga dapat membantu.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Laravel
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar