Kelebihan Dan Kekurangan Zend Framework

Daftar Isi

    LancangKuning Framework merupakan sebuah perangkat lunak yang dapat dikembangkan dan dapat digunakan oleh pengembang atau developer suatu programmer untuk dapat membangun aplikasi. Karena framework sangat digunakan untuk dapat membangun diuji dan dioptimalkan oleh beberapa insinyur dan programmer yang berpengalaman, suatu framework setelah dibangun dapat menjadi suatu software yang kuat serta efisien. Saat menggunakan framework tersebut dapat berguna untuk mengembangkan aplikasi yang di pakai.

    Zend framework merupakan sebuah framework yang dapat bersifat open source untuk dapat membangun dan mengembangkan sebuah aplikasi web dengan menggunakan bahasa PHP. Berikut merupakan sebuah alasan kita menggunakan Zend framework. Ada beberapa fitur yang bermanfaat yang dapat membantu programmer untuk dapat membuat kode menjadi lebih baik lagi, berikut fitur yang dimaksud :

    1. Extended classes

    Zen Framework merupakan sebuah platform yang berorientasi objek dengan sepenuhnya dan akhirnya dapat menggunakan banyak konsep yang berorientasi objek termasuk antar muka dan interface. Ini memungkinkan pengembang untuk dapat memperluas komponen yang individual tanpa meretas basis kode. Kostumisasi seperti ini dapat membawa keunikan pada setiap proyek.

    1. Kebaikan orientasi objek

    Saat bekerja dengan menggunakan framework zend, semuanya perlu dilihat dan digunakan sebagai objek namun ini juga memiliki kelemahan seperti menggunakan pengkodean yang lebih rumit. Namun itu dapat memberikan keunggulan dengan membuat kode dapat digunakan kembali. Namun jarang pengembang mengulang kode mereka dan ini dapat membuatnya menjadi pilihan yang baik.

    1. Zend framework dapat melakukan banyak hal

    Zend framework dapat mengintegrasikan banyak komponen mulai dari otentikasi pengguna sehingga pada control akses ke sumber daya. Demikian pula mudah untuk dapat mengintegrasikan umpan RSS dalam membuat formulir.

    1. No model implementation

    Ini merupakan alasan mengapa beberapa programmer tidak menggunakan software framework Zend sehingga banyak dari beberapa lainnya menyukainya. Kurangnya implementasi model memberikan suatu pengembang fleksibilitas untuk dapat menggunakan elemen apapun untuk mencapai hasil akhir. Tidak ada hambatan untuk dapat melakukan implementasi yang sudah rumit.

    1.  Standar dan pedoman

    Setiap contributor harus dapat menandatangani perjanjian lisensi kontribusi (CLA) dan setiap kode harus dapat mematuhi standar pengkodean umum. Ini dapat membuat setiap kode sangat kualitatif teruji serta mudah untuk dibaca.

    1. Praktek pengembangan yang dilakukan dengan tes

    Para pengembang diminta untuk dapat menulis tes untuk kode yang mereka buat untuk dapat membuatnya lebih mudah untuk dapat bertukar kode, refactor, dapat membuat daftar putih input dan output serta memikirkan kasus yang muncul secara potensial.

    1. Dokumentasi dan komunitas

    Dikarenakan kompleksitas yang tinggi, Zend framework dapat mengintegritaskan kurva belajar yang sulit. Namun dokumentasi dan komunitas yang serba meluar memudahkan pelajar untuk dapat memahami platform.

    1. Zend Framework Certifications

    Pada akhirnya Zend Framework merupakan salah satu dari beberapa platform yang dapat menawarkan sertifikat dari Zend framework dan sertifikat PHP. Ini tentu akan menjadi motivasi tersendiri dari programmer muda yang baru muncul untuk dapat mengikuti pelatihan dan ujian sertifikasi yang akan membantu untuk membangun portofolio mereka.

    Selain alasan tersebut terdapat kekurangan dalam Zend framework, tentunya jika ada kelebihan dari menggunakan Zend framework maka tentunya ada kekurangan dari menggunakan zend framework, berikut adalah kekurangan yang dimiliki dari Zend framework yaitu sebagai berikut :

    1. Tidak mendukung untuk bahasa PHP 4
    2. Manual yang ada kurang untuk mengakomodasi suatu kebutuhan
    3. Performanya relative lambat mungkin dikarenakan banyaknya elemen yang tersedia
    4. Framework ini sangatlah cocok untuk orang yang dengan skill PHP yang sudah sangat tinggi.

    Demikianlah kekurangan dan kelebihan dari zend framework, semoga bermanfaat!(Riela Annisa)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan Dan Kekurangan Zend Framework
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar