Hubungan Sistem Informasi dengan Komponen Teknologi

Daftar Isi

    LancangKuning Sistem Informasi yaitu aplikasi komputer untuk mendukung operasi dari suatu organisasi operasi, perawatan computer, instansi, perangkat lunak dan data. Sistem informasi manajemen adalah kunci dari bidang yang menekan finansial serta personal manajemen. Dalam artian yang luas istilah sistem informasi yang sering dipakai merujuk pada interaksi antara orang, data, proses algoritmik dan teknologi.

    Definisi dari sistem informasi merupakan sebuah kesimpulan informasi di dalam sebuah basis data yang memakai model media teknologi informasi dipakai dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi, informasi merupakan sesuatu yang penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan dari pihak manajemen.

    Teknologi informasi dari kata penyusun adalah teknologi dan informasi. Secara umum teknologi informasi ialah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dari bagian pengirim ke penerima sehingga pengiriman informasi tersebut akan lebih cepat, sebarannya luas, dan penyimpanannya lebih lama.

    Teknologi informasi bisa di definisikan sebagai campuran antara teknologi computer dan telekomunikasi dengan teknologi lainnya seperti perangkat keras, perangkat lunak, teknologi jaringan , data base, dan peralatan telekomunikasi yang lain. Selanjutnya teknologi informasi ini di gunakan dalam sistem informasi organisasi untuk menyiapkan informasi bagi para pengguna dalam rangka penentuan keputusan.

    Hubungan sama-sama bekerja di bidang informasi dan teknologi informasi adalah bagian dari sistem informasi. Karena sistem informasi bisa tersusun karena beberapa teknologi informasi. Sehingga bila teknologi informasi mengalami kerusakan maka akan mempengaruhi Sistem informasi juga akan mengalami gangguan.

    Ada 5 komponen teknologi informasi, diantaranya :

    1. Perangkat keras (hardware)

    Hardware adalah perangkat computer yang dipakai oleh seorang operator ataupun brainware. Hardware terdiri dari beberapa bagian :

    • Processor
    • Memory card
    • Peripheral
    • Kabel data
    1. Perangkat Lunak (software)

    Software merupakan media yang menghubungkan antara hardware dengan brainware (operator). Software ini bisa membantu mengoptimalkan fungsi hardware dengan mengartikan berbagai instruksi yang diberi oleh operator.

    1. Software Sistem

    Software sistem atau kita kenal juga dengan operating sistem (OS). Dengan adanya OS maka hardware bisa menjalankan software aplikasi untuk di pakai oleh user ataupun operator. Beberapa OS ang terkenal diantaranya Windows, Linux, Unix.

    1. Software Aplikasi

    Ini merupakan aplikasi pendukung yang ada pada OS untuk memaksimalkan kinerja computer. Beberapa software aplikasi yang cukup popular antar lain Microsoft Office, Photoshop, CorelDraw, AutoCard.

    1. Infoware

    Adalah sebuah dokumentasi dari sebuah informasi atau data.

    1. Fireware

    Merupakan sebah media tempat penyimpanan yang permanen. Berfungsi sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data yang berada di dalam computer.

    1. Brainware(user)

    Brainware merupakan komponen yang penting dari teknologi informasi. Tanpa adanya Brainware maka computer kita tidak akan bisa beroperasi karena sebenarnya fungsi computer itu adalah alat penunjang kebutuhan dari seorang user.

    Kesimpulannya adalah Sistem informasi dengan teknologi informasi yaitu saling berhubungan karena sistem informasi yang mempelajari bagaimana kumpulan informasi di dalam sebuah basis data yang memakai model dan media teknologi informasi yang di pakai di dalam pengambilan keputusan bisnis sebuah organisasi.  Sistem informasi ini mengumpulkan dan juga memproses informasi untuk tujuan tertentu. Sebuah sistem informasi untuk tujuan tertentu. Sebuah sistem informasi terdiri atas input (data, instruksi) dan output (laporan, dan kalkulasi).

    Berkaitan dengan materi kuliah pengantar teknologi informasi merupakan ilmu yang menyangkut teknologi komunikasi untuk mengolah, menyimpan data dan mengirimkan informasi melewati jalur komunikasi yang cepat.

    Ada juga contoh alat teknologi informasi salah satunya yaitu computer, peralatan yang berhubungan dengan computer di antaranya :

    Mesin serbaguna yang bisa diatur oleh program, gunanya untuk mengolah data menjadi sebuah informasi.

    • Deretan instruksi yang di pakai untuk mengendalikan computer
    • Bahan mentah bagi computer.
    • Bentuk data yang di olah.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Hubungan Sistem Informasi dengan Komponen Teknologi
    Sangat Suka

    50%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    50%

    Marah

    0%

    Komentar