Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Daftar Isi

    LancangKuning - Sistem informasi akuntasi yang merupakan suatu sistem yang dapat untuk mengumpulkan, menyimpan dan mengolah data yang akan menggunakan sistem keuangan dan akuntasi yang akan digunakan oleh seorang pengambil keputusan dengan adanya sistem yang akan dilakukan secara bertahap dan baik.

    Bagian-Bagian Sistem Informasi Akuntasi

    1. People yang bertugas untuk mengoperasikan suatu sistem serta dapat melakukan sebagian dari ragam fungsi informasi untuk pihak yang akan melakukannya.
    2. Procedure yaitu bagian yang akan dapat mengumpulkan, memproses serta menyimpan data yang ada hubungannya dengan berbagai aktivitas suatu organisasi pemodelan.
    3. Data yaitu bagian yang akan dapat melakukan suatu kegiatan dan proses bisnis yang akan dijalankan dengan berbagai proses per-sistem-an dalam waktu yang telah di bagikan untuk melakukan suatu pekerjaan.
    4. Software merupakan suatu bagian yang akan dapat memproses data dari komputer serta peralatan lainnya yang akan membuat suatu sistem.
    5. Infrastruktur suatu informasi teknologi yang terdiri dari komputer serta peralatan lainnya yang akan mengoperasikan suatu sistem dengan dapat menggunakan proses pembuatannya.

    Fungsi Sistem Informasi Dalam Bisnis

    1. SIA merupakan suatu sistem atau pengendali keuangan yang bertujuan dengan adanya sistem supaya tidak terjadi kecurangan oleh pihak-pihak tertentu dengan menggunakan sistem ini, maka pelacakan dalam keuangan suatu perusahaan yang akan dapat dilakukan dengan sangat mudah.
    2. SIA juga berfungsi untuk mengubah kumpulan data dalam suatu bentuk informasi keuangan yang diperlukan oleh suatu perusahaan. Informasi tersebut merupakan suatu laporan keuangan manual atau online yang dibutuhkan oleh pihak-pihak yang akan menjadi bagian dari perusahaan dengan menjadi patokan dalam menjalankan suatu informasi.
    3. Membuat serta mencatat suatu data transaksi secara tepat dalam menggunakan jurnal sehingga proses suatu akuntansi lebih runut sesuai dengan tanggal dan urutan dengan terjadinya suatu transaksi dalam menggunakan sistem informasi.
    4. Mengambil suatu data yang dibutuhkan dengan baik dalam melakukan suatu pekerjaan yang berasal dari beragam sumber dokumen. Terlebih yang akan ada kaitannya dengan adanya suatu kegiatan yang berhubungan dengan bisnis. Data yang telah tersimpan akan mudah diambil karena setiap detailnya data telah terekam pada SIA yang akan digunakan.
    5. Mengumpulkan segala macam data yang mengenai suatu aktivitas bisnis dengan perusahaan serta menyimpannya secara efektif dan efisien. SIA juga dapat untuk mencatat suatu sumber daya yang memiliki pengaruh pada usaha serta semua pihak yang telah terkait dengan semua yang berada di dalam sistem informasi akuntansi.

    Prinsip dasar untuk keandalan sistem informasi akuntansi

    Ada lima prinsip dasar yang memiliki urgensi pada keandalan sistem SIA yaitu mengikuti tahap-tahap ini.

    1. Keamanan yang dimana suatu akses dalam sistem serta datanya di kontrol dan juga dibatasi untuk yang berwenang saja atau tidak dapat dilakukan oleh orang yang tidak berkewajiban dalam hal keamanan tersebut.
    2. Kerahasiaan yang akan di ungkapkan yaitu dengan adanya suatu perlindungan informasi dengan melakukan pekerjaan sensitif dari ungkapan yang tidak sah pada bagian dari informasi tersebut.
    3. Privasi yang dimana pengumpulan, pengungkapan, serta penggunaan suatu informasi pribadi yang mengenai pelanggan dengan melakukan suatu data menggunakan cara yang lebih privat dan cepat. Dan tidak menjadikan suatu pekerjaan yang dilakukan menjadi tidak stabil.
    4. Dapat memproses suatu integrasi yang dimana pemrosesan data dilakukan secara lengkap, akurat, tepat waktu dan juga dapat dilakukan dengan otorisasi secara tepat dan teliti supaya hasil yang akan di dapatkan juga terlihat baik.
    5. Ketersediaan yang dimana sistem informasi akuntansi yang telah tersedia untuk terpenuhinya dengan ketersediaan suatu kewajiban untuk membuat pekerjaan dengan operasional yang sesuai dengan kontrak untuk lebih mudah dalam pembuatannya dan telah disediakan sebelumnya oleh seorang pengguna secara teliti dan dikerjakan dengan teliti dan baik juga.(Pinta).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Sistem Informasi Akuntansi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar