Pengertian Teknologi Sistem Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning  - Teknologi informasi merupakan studi perancangan, implementasi, pengembangan, dukungan atau manajemen system informasi yang berbasis computer, khususnya sebagai perangkat keras (hardware) serta perangkat lunak (software). Teknologi informasi ini memanfaatkan suatu komputer elektronik dan juga perangkat lunak komputer guna untuk mengubah, menyimpan, memproses, melindungi, mentransmisikan serta memperoleh suatu informasi secara aman.

    Teknologi informasi ini tidak hanya sebagai alat komunikasi via elektronik saja, namun teknologi informasi juga sebagai perangkat penting yang seharusnya dimiliki dalam suatu bisnis sebagai alat sarana untuk berkoordinasi dan pengarsipan dokumen-dokumen penting.

    Teknologi informasi juga diterapkan sebagai alat pengelolaan informasi yang saat ini menjadi salah satu bagian penting, karena meningkatnya kompleksitas dari tugas manajemen, pengaruh ekonomi internasional atau globalisasi, perlunya waktu tanggap atau response time yang lebih cepat, tekanan akibat dari persaingan bisnis.

    Fungsi Teknologi Informasi

    Teknologi informasi memiliki fungsi penting yang berpengaruh penting dalam kehidupan, yaitu:

    1. Menangkap (Capture)

    Menangkap atau dapat diartikan sebagai menginput. Seperti, menerima suatu inputan dari mic, keyboard, scanner, dan lain-lain. Fitur Capturing ini mungkin sudah tidak asing lagi ketika anda memakainya untuk menyimpan suatu informasi tertentu.

    1. Pengolah (Processing)

    Salah satu fungsi teknologi informasi ini adalah untuk mengkompilasikan catatan rinci aktivitas, seperti menerima input dari keyboard, scanner, mic, dan lain sebagainya. Dengan adanya Processing ini akan memudahkkan anda untuk mengolah file ataupun data.

    1. Mengolah atau memproses data masukan yang diterima untuk menjadi informasi

    Pengolahan atau pemprosesan data yang berupa pengubahan data ke bentuk lain (konversi), analisis kondisi (analisis), kalkulasi (perhitungan), penggabungan (sintesis) segala bentuk data dan informasi. Dengan adanya fungsi ini, maka akan lebih memudahkan user.

    1. Sebagai Menghasilkan (Generating)

    Generating ini berfungsi dimana teknologi yang berperan sebagai alat untuk mengorganisasikan suatu informasi kedalam sebuah bentuk yang lebih terarah serta mudah  untuk dipahami. Seperti grafik dan table.

    1. Sebagai penyimpanan (Storage)

    Fungsi ini untuk merekam atau menyimpan data serta informasi dalam suatu media yang bisa digunakan untuk keperluan lain. Seperti, disimpan ke harddisk, tape, disket, CD (compact disc) dan lain-lain.

    1. Sebagai pencari kembali (Retrieval)

    Fungsi ini untuk menelusuri, mendapatkan informasi kembali atau menyalin data, dan informasi yang telah tersimpan, contohnya seperti mencari supplier yang telah lunas dan sebagainya. Data yang tersimpan terkadang juga sulit untuk ditemukan, karena terlalu penuh. Dan dengan adanya fungsi ini, maka akan memudahkan user dan juga menghemat waktu.

    1. Sebagai Transmisi (Transmission)

    Fungsi ini dapat mengirim data juga informasi dari suatu lokasi lain melalui jaringan komputer. Contohnya seperti, mengirimkan data penjualan dari user A ke user yang lain. Yang nantinya kita tidak perlu untuk menyalin satu persatu, cukup hanya dengan saling sharing saja.

    Tujuan Teknologi Informasi

    Teknologi Informasi memiliki tujuan untuk memecahkan suatu masalah, membuka kreativitas, meningkatkan efektivitas dan efisien dalam melakukan suatu pekerjaan. Dengan adanya teknologi informasi dalam membuat pekerjaan manusia menjadi lebih mudah dan juga efisien. Dengan ini dibutuhkannya teknologi informasi dalam sebuah system kerja karena sangat solusi, kreativitas, efektivitas, dan efisien.

    Manfaat Teknologi Informasi

    Teknologi informasi memiliki manfaat yang bisa digunakan sebagai penunjang kehidupan yang lebih baik, karena teknologi informasi dapat membantu suatu aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien.

    Manfaat ini juga dapat digolongkan berdasarkan kebutuhannya, seperti:

    • Untuk pendidikan

    Adanya suatu teknologi informasi di dunia pendidikan termasuk computer, maka hal tersebut membuat para siswa lebih efektif dalam belajar.

    • Untuk industry dan manufaktur

    Didunia industri, teknologi informasi dapat membantu membuat suatu rancangan desain pada sebuah produk yang akan dikeluarkan pada industry serta dapat mengontrol mesin produksi dengan tepat.

    • Untuk bisnis dan perbankan

    Dalam dunia dan perbankan, teknologi informasi dapat membantu dalam transaksi, menyimpan berkas, dan system perbankan yang lebih maju.

    • Untuk militer

    Dengan adanya teknologi informasi yang semakin maju, dapat dimanfaatkan untuk navigasi pada kapal selam, mengendalikan pesawat luar angkasa dengan kemudi ataupun tanpa kemudi.

    • Untuk teknik dan pengetahuan

    Teknologi informasi dapat digunakan untuk mempelajari struktur tanah, angina, serta cuaca.  Dan juga dapat membantu dalam menghitung.

    • Untuk kedokteran

    Teknologi informasi dimanfaatkan untuk mendiagnosa suatu penyakit dan juga mengambil gambar semua organ tubuh melalui komputer.

    • Untuk pemerintah

    Teknologi informasi ini dapat diaplikasikan untuk mengolah suatu data dan informasi yang dapat ditujukan kepada masyarakat.

    • Untuk hiburan dan permainan

    Teknologi informasi juga dapat digunakan untuk membuat animasi, periklanan, desain grafis, dan audiovisual untuk menjadi lebih baik dan menarik pula.

    • Untuk bidang kriminal

    Teknologi informasi dapat membuat laporan lebih mudah dalam menyelesaikan permasalahan, dapat dengan mudahnya terdeteksi pelanggaran demi pelanggaran lalu lintas juga sidik jari.(Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Teknologi Sistem Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar