Komponen Sistem Teknologi Informasi

Daftar Isi

    LancangKuning  - Teknologi infomasi sudahlah tidak asing bagi kita di zaman yang sudah serba canggih seperti pada zaman sekarang karena dengan adanya teknologi informasi yang sudah membantu suatu pekerjaan manusia dengan mudah tanpa adanya pertemuan secara langsung dengan menggunakan teknologi informasi. Hal tersebut teknologi informasi ini dilakukan dengan dukungan software dan hardware komputer yang dapat dilakukan untuk dapat meningkatkan kualitas informasi dengan cepat dan efisien bagi seluruh masyarakat.

    Teknologi informasi  merupakan suatu studi perancangan , implementasi, pengembangan, dan dukungan atau manajemen sistem informasi yang berbasis komputer dan khususnya bagi perangkat keras dan perangkat lunak ataupun bisa disebut sebagai istilah dalam bidang yang bermanfaat bagi kehidupan manusia untuk mengubah, membantu, mengkomunikasikan, menyimpan dan menyebarluaskan informasi.

    Komponen sistem teknologi informasi

    • Perangkat Keras (Hardware)
      Hardware adalah perangkat keras komputer yang digunakan oleh seseorang operator atau brainware, yang terdiri dari monitor,  processor, memory card, kabel data, keyboard, mouse, harddisk,  dan masih banyak lainnya.
    • Perangkat Lunak (Software)
      Software merupakan media yang dapat membantu untuk mengoptimalkan fungsi dari hardware dengan menerjemahkan berbagai instruksi yang diberikan oleh operator.
      Software dapat dibagi menjadi dua yaitu:
    • Software Sistem
      Merupakan operating sistem OS, dengan adanya sistem OS maka hardware akan menjalankan software aplikasi yang digunakan oleh user atau operator.
    • Software Aplikasi
      Bagian ini merupakan aplikasi pendukung yang berada pada OS untuk dapat memaksimalkan kinerja komputer.
    • Infower
      Komponen ini merupakan suatu dokumentasi yang melekat pada dokumen yang berisi sebuah informasi atau data dan gambaran yang diperlukan dalam proses transformasi, prosedur, teknis, dan hubungan dokumen tersebut.
    • Fireware
      Fireware adalah tempat media penyimpanan yang permanen yang fungsinya sebagai tempat untuk menyimpan berbagai data dari sebuah komputer
    • Brainware (User)

    Brainware ini merupakan komponen yang paling penting dari teknologi informasi, Karena tanpa adanya brainware ini maka komputer tidak akan bisa beroperasi karena kunci utama dari supaya komputer dapat berjalan adalah dengan adanya brainware dan sebenarnya fungsi komputer adalah alat penunjang kebutuhan seorang user

    Tujuan adanya teknologi informasi

    • Memudahkan manusia dalam berkomunikasi
      Anda akan dapat lebih mudah untuk melakukan komunikasi dengan orang lain dengan menggunakan sistem teknologi informasi ini dan tidak perlu repot untuk bertemu secara langsung dan tidak membuang waktu anda dan ini dapat dilakukan dimana dan kapanpun anda berada.
    • Untuk memanajemen data
      Dengan adanya sistem informasi ini maka perusahaan -perusahaan besar tersebut akan memudahkan  para pemilik perusahaan tersebut dalam menyimpan, mencari , dan bahkan mengambil data apabila sewaktu-waktu diperlukan

    Fungsi teknologi informasi

    • Menangkap ( Capture )
      Teknologi informasi ini dapat menangkap atau mengkomplikasikan catatan-catatan secara detail dari berbagai aktivitas yang misalnya menerima input dari keyboard, scanner dan banyak lainnya
    • Mengolah (Processing)
      Fungsi teknologi yang kedua ini bisa mengolah atau memproses data-data masukan yang diterima dan kemudian diubah menjadi informasi baru. Dan pengolahan data tersebut bisa dalam berbentuk konversi, menganalisis, menghitung, hingga dengan penggabungan berbagai bentuk informasi dan data
    • Menghasilkan (Generating)
      Teknologi informasi ini akan menghasilkan atau mengorganisir informasi ke dalam bentuk yang lebih berguna yang misalnya grafik, tabel, perhitungan dan lainnya
    • Menyimpan (Storage)
      Fungi ini akan dapat merekam atau menyimpan informasi dan data ke dalam suatu media dan kemudian dapat digunakan untuk keperluan lainnya
    • Mencari Kembali (Retrival)
      Teknologi informasi ini mampu mencari dan menelusuri kembali informasi dan data yang sudah pernah disimpan sebelumnya dan tentunya akan aman dan tidak akan ada satupun yang hilang.
    • Sebagai Transmisi (Transmission)
      Mampu untuk mengirimkan data dan informasi dari suatu lokasi ke lokasi lainnya dengan menggunakan dan memanfaatkan jaringan komputer.

    Kesimpulan

    Dengan tujuan-tujuan tersebut, maka aktivitas akan sangat mudah dilakukan dan pekerjaan pun dapat dilakukan dengan lebih maksimal tentunya. Dan tanpa adanya teknologi tersebut, tentunya manusia masih menggunakan teknologi secara konvensional atau manual dan itu akan sangat sulit dan tentunya dia tidak se-canggih dan se-efisien teknologi yang sudah berbasis informasi seperti sekarang ini.

    Demikianlah artikel dengan pembahasan tentang komponen sistem teknologi informasi semoga dapat membantu dan berguna bagi kita semua.(Syaidah)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Komponen Sistem Teknologi Informasi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar