Prospek Kerja Ilmu Kelautan

Daftar Isi

    LancangKuning - Prospek kerja ilmu kelautan, anda dapat bekerja di bidang kementerian kelautan atau perikanan sebagai analis data dan informasi, analis kelautan, maupun analis konservasi kawasan. Dan kamu pun bisa bekerja sebagai konsultan di bidang perikanan dan kelautan ataupun konsultan di bidang pemetaan.

    Jumlah lulusan ilmu kelautan ini menawarkan prospek kerja yang sangat besar bagi lulusan ilmu kelautan ini. Lulusan program ini memiliki prospek kerja di lembaga- lembaga penelitian pemerintah ataupun swasta untuk meneliti berbagai permasalahan tentang kelautan.

    Pengetahuan dan keahlian ilmu kelautan:

    • Kemampuan dalam melakukan observasi.
    • Kemampuan melakukan analisis.
    • Kemampuan dalam berpikir rasional.
    • Kemampuan bekerja dengan tim.
    • Detail, teliti, dan tekun.
    • Kemampuan problem solving.

    Beberapa keuntungan yang diperoleh dari lulusan ilmu kelautan

    1. Berwawasan luas, karena kelautan merupakan bidang multidisipliner, dan kamu akan belajar ilmu yang lain terkait dengan kelautan dan segala proses yang terjadi di dalamnya.
    2. Sarjana kelautan sangat dibutuhkan untuk mengkaji atau meneliti pemanfaatan laut dan memastikan aktivitas yang dilakukan oleh manusia di lautan adalah aman saja.
    3. Lulusan ilmu kelautan ini memiliki peluang untuk dapat bekerja di perusahaan minyak, yakni dapat mengumpulkan data dalam mendesain dan membangun pengeboran minyak di lepas pantai.
    4. Anda dapat bekerja di kementerian kelautan dan perikanan sebagai analis data dan informasi, analis kelautan maupun analis konservasi kawasan.
    5. Dan anda juga bisa bekerja sebagai konsultan di bidang perikanan dan pemetaan.

    Prospek kerja ilmu kelautan :

    1. Ahli Biologi Kelautan
      Seorang lulusan ilmu kelautan bisa bekerja sebagai ahli biologi kelautan, seorang ahli biologi dapat melakukan pekerjaan lapangan, penelitian akademis, pekerjaan laboratorium, konsultasi, penjangkauan atau pembuatan kebijakan.
    2. Konsultan Lingkungan
      Anda juga bisa bekerja sebagai konsultan lingkungan, dimana anda akan bekerja dalam organisasi yang akan menangani berbagai masalah lingkungan. Dan itu akan meminimalkan atau menghilangkan kerusakan lingkungan.
    3. Ahli Ekologi
      Dimana anda bisa membantu untuk dapat melindungi lingkungan alam terutama kelautan. Dan sebagai ahli ekologi, tentu kamu akan mengambil peran dalam area yang tertentu, seperti air tawar, laut, darat, dan fauna atau flora.
    4. Surveyor Hidrografi
      Orang yang bertugas menjadi seorang survey hidrografi sangat membutuhkan pengetahuan tentang lingkungan bawah laut hingga sistem navigasi suara. Peranan ini melibatkan pengukuran, pemetaan permukaan bawah laut, mempelajari morfologi dasar laut, dan menunjukkan kedalaman.
    5. Petugas Perikanan
      Kamu juga bisa bekerja sebagai petugas perikanan. Dan petugas perikanan akan bertanggung jawab atas konservasi dan perlindungan ikan air tawar atau laut. Yang misalnya melakukan survey kehidupan akuatik, menyelidiki kematian ikan, dan mempelajari kualitas air. Dan kemudian memberi tahu seluruh masyarakat dan industri tentang bagaimana cara penangkapan ikan, mempromosikan peraturan dan perlindungan lingkungan air tawar serta laut.
    6. Ahli Kelautan
      Ahli kelautan akan melakukan penelitian intensif untuk mempelajari dan menjelaskan interaksi kompleks antara air laut, air tawar, es di kutub, atmosfer, dan biosfer.
    7. Biologi Laut
      Biologi kelautan merupakan salah satu di antara prospek kerja lulusan jurusan ilmu kelautan yang mempelajari kehidupan di dalam air. Mulai dari alga kecil hingga terumbu yang mempesona hingga paus dan hiu raksasa.
    8. Pelatih Mamalia Laut
      Kamu dapat bekerja sebagai pelatih mamalia laut, yakni ditempat - tempat seperti museum kehidupan laut atau pusat perawatan mamalia laut, dan dimana kamu akan bisa merawat makhluk- makhluk yang menarik.
    9. Peneliti Kelautan
      Kamu bisa menjadi bagian dari tim peneliti kelautan untuk menjelajahi semua aspek kehidupan, dan kamu dapat menikmati berkarir di laut sambil menjelajahi dan menemukan hal atau rahasia yang baru.

    Demikianlah penjelasan tentang prospek kerja ilmu kelautan semoga dapat bermanfaat dan bisa membantu.(Syaidah).

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Prospek Kerja Ilmu Kelautan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar