Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca

Daftar Isi

    LancangKuning - Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan kartu SIM itu tidak bisa terbaca saat kalian sedang memakai handphone dan tidak terdeteksi di handphone kalian masing – masing. Itu bisa terjadi seperti selesai memakai kartu SIM yang sudah lama, terdapat lecet atau rusak di kuningan kartu SIM itu, ataupun kartu SIM yang overheat. Dengan demikian, kalian juga harus mencari solusi pada saat smartphone yang kalian gunakan itu menunjukkan tulisan seperti ‘Tidak ada kartu SIM terdeteksi’.

    Tidak bisa ditebak dan dipikir juga walaupun handphone yang kalian gunakan secanggih atau semahal apapun juga pasti tidak akan berguna tanpa adanya sebuah kartu SIM yang sekecil itupun tetapi sangat berharga di handphone yang kalian gunakan. Permasalahan kartu SIM yang tidak terbaca atau terdeteksi di smartphone atau handphone yang sedang kalian gunakan saat ini pasti disebabkan oleh penyebab tertentu.

    Penyebab mengapa kartu SIM yang digunakan tidak terdeteksi atau terbaca

    Dari kebanyakan penyebab yang membuat kartu SIM itu tidak terdeteksi itu ada 3 masalah yang bisa kita ketahui dan kita telusuri apa saja penyebabnya, seperti :

    1. Memakai kartu yang dulu atau sudah sangat lama digunakan.

    Semua barang yang digunakan pasti memiliki masa pakai atau tenggat sampai kapan kita bisa menggunakan barang tersebut termasuk juga kartu SIM yang kalian gunakan saat ini yang memiliki berbagai macam masa pakainya. Biasanya itu terjadi mulai dari 3 – 5 tahun material plastik kuningan pada kartu SIM dan akan mengalami degredasi dan menjadi kurang baik atau tidak layak digunakan. Jika itu dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut pun juga semakin parah dan ujung – ujungnya bisa membuat kartu SIM yang digunakan tidak terbaca oleh handphone yang kalian gunakan.

    1. Terdapat kerusakan atuu lecet pada kuningannya.

    Perlu kita ketahui, kuningan yang terdapat dalam kartu SIM itu adalah komponen terpenting dalam sebuah kartu SIM karena berisi data pengguna. Selain rusak, kuningan yang ada pada kartu SIM itu sering dipindahkan dari satu handphone ke handphone lainnya karena sering menyebabkan terjadinya lebih banyak gesekan. Maka dari itu jika kalian menggunakan kartu SIM dan mengalami masalah tidak terdeteksi atau terbaca, coba diingat dulu berapa sering kalian memindahkan kartu SIM yang kalian punya itu.

    1. Kartu SIM yang overheat.

    Masalah yang sering terjadi pada handphone yang kalian gunakan adalah memiliki suhu handphone yang sangat tinggi dan terjadi panas berlebihan yang bekerja di dalam prosessor. Posisi kartu SIM yang sering terletak dekat komponen rawan panas, membuat benda ini atau kartu SIM itu rawan panas dan juga bisa menyebabkan benda ini langsung menjadi overheat dan juga bisa merusak kuningan beserta isi yang ada pada handphone kalian.

    Cara mengatasi Kartu SIM yang tidak terdeteksi dan tidak terbaca di handphone

    1. Bersihkan kartu SIM yang kalian miliki.

    Awalnya buka dulu handphone yang kalian pegang dan lepaskan kartu SIM dari slotnya. Kemudian bersihkan debu yang ada pada kartu SIM atau pada mikro menggunakan cuttoon bud atau juga bisa menggunakan penghapus lalu menggosokkan ke kuningan kartu SIM yang kalian gunakan itu dengan perlahan dan lembut. Lalu itu kalian bisa mengaktifkan handphone dan tunggu hingga jaringan muncul yang nanti akan memberi respon terhapat handphone.

    1. Matikan handphone dan membeli kartu SIM yang lain.

    Kalian dapat mencoba menggunakan kartu SIM yang lain pada handphone dan membeli yang masih sehat atau bagus. Lakukan juga hal yang sama pada kartu SIM yang baru dan menaruhnya. Jika pada kartu SIM lain yang digunakan pada hanphone milikmu berfungsi, maka akan besar kemungkinannya terjadi kerusakan. Cara ini adalah yang paling mudah dan gampang yang bisa kalian lakukan untuk mengetahui sumber apa saja kerusakan yang ada pada handphone kalian.

    1. Atur ulang jaringan.

    Terdapat kemungkinan yang handphone nya memiliki 2 kartu SIM yang tidak terdeteksi tetapi di kartu SIM yang 1 nya lagi berfungsi sangat baik dan sangat membantu. Bisa dijadikan sumber masalah yang datang dari operator yang sedang error yang membuat kartu SIM itu tidak bisa berfungsi dengan maksimal. Untuk mengatasi masalah tersebut, kalian bisa meriset ulang jaringan yang ada pada smartphone yang sedang kalian gunakan. Tapi jika bisa diatur secara otomatis, kalian bisa mengatur ulang secara manual.(Yazid H)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Mengatasi SIM Card Tidak Terbaca
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    100%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar