Keuntungan Teknologi Cloud Computing

Daftar Isi

    LancangKuning - Cloud computing sangat bermanfaat dalam berbagai sektor kehidupan. Seiring berjalannya waktu ilmu pengetahuan dan teknologi terus mengalami perubahan salah satu keuntungan dalam menggunakan cloud computing adalah kemudahan akses data, tingkat keamanan, fleksibilitas, skalabilitas dan masih banyak lagi.

    Cloud computing yaitu komputasi awan yang bergabungan pemanfaatan teknogi komputer dan pengembanagan berbasis internet awan adalah metafora dari internet sebagaimana awan yang sering digambarkan di diagram jaringan computer.

    Cloud computing jika terjemahkan secara harfiah berarti komputerisasi awan dalam hal ini yang dimaksud adalah proses komputerisasi sebuah teknologi yang berbasis internet. Sistem cloud computing memungkinkan penggunanya untuk menyimpan dan mengolah data secara virtual.

    Model atau jenis layanan cloud computing yang utama ada tiga yaitu iaas, paas, dan saas

    1. Iaas adalah menyediakan layanan lewat infrastruktur komputasi jika dibandingkan dengan dua layanan cloud computing sebelumnya bisa dibilang iaas lebih kompleks. Dalam iaas ini disediakan bukan sekadar software atau platform lagi tetapi sebuah infrastruktur komputasi lengkap dari server, jaringan, penyimpanan hingga data center.
    2. Paas adalah saas hadir lewat software paas hadir lewat sebuah platform. Melalui platform ini kita dapat membuat sebuah aplikasi baru dalam paas telah tersedia berbagai fitur untuk membuat aplikasi yang sedang kita buat dapat berjalan.
    3. Saas juga layanan cloud computing yang satu ini tersedia dalam bentuk software jika anda pernah memanfaatkan layanan google docs di internet maka itulah salah satu contoh paas. Namun berbeda dengan word, google docs tidak perlu instalasi karena layanannya sendiri tersedia dalam cloud dan dapat diakses melalui internet.

    Contoh cloud computer yang sering digunakan

    • Google drive adalah salah satu yang sering digunakan
    • Media social
    • Dropbox
    • Bidang kesehatan
    • Bidang pemerintah
    • Bidang pendidikan

    Kekurangan yang paling terasa adalah sangat tergantung dengan koneksi internet. Internet ini menjadi jalan satu satunya agar bisa masuk ke cloud computing saat tidak ada koneksi internet maka jalur untuk menuju ke cloud computing ini menjadi bermasalah dan akses kita ke cloud akan menjadi putus.

    Kelebihan cloud computing

    1. Mudah diakses d mana saja
    2. Murah
    3. Hemat
    4. Fleksibel
    5. Ketersediaan data
    6. Skalabilitas
    7. Aman

    Singkatnya cloud computing adalah komputasi berbasis internet yang menjalani program atau aplikasinya dengan koneksi internet semua data dan file anda tersimpan secara online dan terintegrasi dengan beberapa gadget yang anda atau perusahaan anda memilih.

    Manfaat cloud computing memudahkan penggunanya untuk menjalani program tanpa harus menginstal aplikasi terlebih dahulu dan memudahkan pengguna untuk menggakses data dan informasi melalui internet.

    Cara kerja cloud computing menggunakan internet sebagai server dalam mengolah data system ini memungkinkan pengguna untuk login ke internet agar kita mendapatkan akses untuk menjalankan aplikasi ayang dibutuhkan tanpa melakukan instal.

    Karakteristik cloud computing

    1. On demand selfservice adalah salah satu kerakteristik cloud computing yang memungkinkan para penggunanya dapat mengolah maupun juga memasang layanan yang berasal dari cloud computing tanpa perlu melakukan instal secara langsung contoh nya seperti ketika ingin menggambar portal web maupun juga manajemen antarmuka
    2. Measured servicer ini di manfaatkan karena ia terkenal maupun dalam mengoptimalkan penggunaan sumber daya
    3. Rapid elasticity bisa digunakan untuk menggubah kapasitas dari suatu data kapasitas computer nanti sudah disediakan secara elastis dan bisa langsung digunakan.
    4. Resources pooling ini memiliki sifat dinamis sehingga dapat menyesuaikan dengan kebutuhan salah satu contoh adalah ketika penyedia layanan memberikan layanannya dengan melalui semberr daya yang kemudian dikelompokkan menajadi lebih dari satu.
    5. Broad network access yaitu menyediakan sebuah layanan dimana ia terkoneksi ke jaringan, jaringan tersebut dinamakan sebagai jaringan pita lebar dengan tujuan untuk mengakses dengan memanfaatkan internet.(aini)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Keuntungan Teknologi Cloud Computing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar