Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing

Daftar Isi

    LancangKuning - Cloud Computing merupakan gabungan teknologi komputer di sebuah jaringan yang memanfaatkan cloud flatform untuk bisa mengoperasikan program secara bersamaan dalam satu waktu dan tentunya harus bisa terhubung dengan internet dan yang nantinya data yang dari komputer akan disimpan kedalam internet .

    Maka kalau suatu komputer tidak terhubung dengan internet otomatis suatu program tidak dapat berjalan. Namun tidak semua komputer yang dapat terhubung dengan internet bisa di sebut menggunakan sebuah cloud computing, dan banyak perusahaan yang menggunakan cloud computing ini untuk melakukan aktivitas bekerja.

    Bagi pengguna sistem cloud computing ini untuk menjalankan program, maka anda tidak perlu lagi yang namanya proses instalasi dan penggunanya akan bebas mengakses data pribadinya melalui komputer yang terhubung dengan internet. Dalam suatu hal pasti tidak ada yang sempurna dan tidak akan terlepas dari yang namanya segala kelebihan dan kekurangan, berikut ini kelebihan dan kekurangan cloud computing.

    Kelebihan Cloud Computing

    1. Mudah Di Akses Dimana Saja
      Bagi pengguna cloud computing ini jangan khawatir anda tidak dapat mengaksesnya, karena untuk mengakses sistem ini dimanapun dan kapanpun anda berada anda bisa mengaksesnya asalkan anda terhubung dengan internet.
    2. Murah
      Penggunaan cloud computing ini sangatlah murah dan hemat biaya untuk lokasi yang perangkatnya keras, dan sistem ini tidak mengurangi pemakaian listrik.
    3. Hemat
      Adanya sistem ini memungkinkan untuk perusahaan atau instansi untuk mengurangi komputer yang memerlukan biaya pengadaan dan perawatan yang cukup besar.
    4. Fleksibel
      Apabila data yang kita punya terlalu besar, maka otomatis sistem ini kana menambah kapasitas dalam hitungan menit, sehingga anda tidak perlu lagi menambahkan jumlah komputer
    5. Ketersediaan Data
      Sistem ini sudah menjamin semua ketersediaan untuk keperluan sistem ini, dan banyak lainnya yang sudah menjadi fasilitas pendukung selama 24 jam. Dan sistem ini sudah di desain sebaik mungkin oleh high availabity.
    6. Skalabilitas
      Sistem ini bukan hanya menyediakan ketersediaan data, tetapi juga menyediakan dan sekaligus menawarkan penyimpanan sesuai dengan apa yang di minta oleh penggunanya.
    7. Aman
      Jadi untuk pengguna cloud computing ini tidak perlu ragu lagi, karena sudah pasti aman dan terjamin asalkan anda mencari partner yang sudah terstandarisasi ISO untuk menjamin keamanannya.

    Kekurangan Cloud Computing

    1. Bergantung Pada Koneksi Internet
      Inilah hambatan bagi para pengguna sistem cloud computing, karena belum semua wilayah sudah terjangkau dengan akses internet. Apabila koneksi akses internet di wilayah anda sedang buruk atau bermasalah maka otomatis untuk akses ke sistem cloud computing anda akan terhapus.
    2. Harus Cari Vendor Yang Sudah Standarisasi untuk Menjamin Keamanan
      Untuk itu maka anda harus mencari kawan yang sudah terstandarisasi ISO untuk menjamin keamanan dan kerahasiaan data – data anda kepada cloud provider.
    3. Kurangnya Dukungan
      Perusahaan Cloud Computing ini terkadang gagal memberikan dukungan yang tepat atau bagus kepada penggunanya, karena bergantung pada bantuan online saja.
    4. Bandwidth Lebih Rendah
      Apabila penggunanya melebihi layanan yang disediakan maka biaya tambahannya bisa sangat mahal.
    5. Ancaman Keamanan di Cloud
      Inilah kelemahan lain saat bekerja dengan layanan sistem ini adalah resiko kemananan. Semua informasi sensitif perusahaan akan dibagikan kepada penyedia sistem ini, dan para hacker akan mudah untuk mengakses informasi ini.
    6. Downtime
      Sistem ini harus dipertimbangkan dengan sistem cloud computing ini, karena penyediaan cloud ini menghadapi kehilangan daya, konektivitas internet rendah atau buruk, pemeliharaan layanan, dan masih banyak lainnya.

    Model Sistem Cloud Computing ini memilki dua jenis layanan interaksi, yaitu Business To Business dan Business To Customer. Kedua jenis ini dapat dimanfaatkan oleh perusahaan atau instansi, dan dapat juga digunakan untuk beberapa komputer bersama dengan cloud yang berbeda.

    Keuntungan menggunakan sistem cloud computing ini adalah dapat menghemat waktu, biaya dan tenaga. Pengguna tidak bisa melihat detail proses akses data tersebut, namun datanya sudah tersimpan dengan aman dan rapi. Dan anda dapat mengaksesnya dimana saja.(Syaidah)                                                                                                                                                                              

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Kelebihan dan Kekurangan Cloud Computing
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar