Cara Membersihkan Komputer Dengan Benar

Daftar Isi

    LancangKuning Belajar menggunakan komputer secara terus menerus akan membuat komputer kotor apa lagi letaknya tidak di tempat yang bersih itu akan membuat komputer tambah kotor. Tak jarang juga kita malas membersihkan nya dan tentu akan berakibatkan komputer menjadi rusak dan debu juga bisa membuat kesehatan mejadi terganggu. Oleh sebab itu mari kita membersihkan komputer secara rutin.

    Berikut adalah beberapa cara untuk membersihkan komputer

    1.      Kumpulkan peralatan yang akan digunakan

    Untuk membersihkan komputer biasa memerlukan gas duster (kaleng yang berisi udara yang digunakan untuk membersihkan debu). Membuka kotak komputer/casing kamu mungkin membutuhkan sekrup yang terpasang pada kotak komputer. Penghisap debu (vakum cleaner) yang mungkin akan kamu butuhkan untuk membersihkan debu yang ada di kotak komputer dan di dalam komputer. Dan sebaiknya jika kamu membersihkan nya ada baiknya kamu memakai masker agar debu nya tidak masuk ke hidung ataupun mulut.

    2.      Matikan komputer dan cabut kabel listrik komputer

    Jika kamu sedang membersihkan komputer sebaiknya kamu mematikan dulu aliran listrik yang tersambung pada komputer. Mencegah adanya konslet pada listrik.

    3.      Cabut kabel LAN dan semua kabel yang masih terhubung pada komputer

    Agar kamu tidak kesulitan dalam membersihkan alangkah baiknya kamu mencabut semua kabel yang masih terpasang pada komputer. Dan itu akan mempercepat pekerjaan kamu.

    4.      Pindahkan kotak komputer  ke tempat yang terbuka

    Ketika kamu membersihkan kotak komputer maka akan terdapat banyak debu maka dari itu lebih baik membawa nya ke tempat yang terbuka agar debu dan kotorannya tidak hinggap di dalam ruangan.

    5.      Buka kotak komputer

    Ketika kamu membuka kotak komputer ada baiknya mengikuti aturan atau langkah-langkah yang terdapat pada buku panduan. Atau tidak kamu bisa melihat dan membaca nya di google agar mencegah terjadinya kerusakan.

    6.      Membersihkan kotak komputer

    Gunakan gas duster untuk membersihkan debu yang menempel pada kotak. Dan ada baiknya kamu menggunakan masker pada saat membersihkannya agar kamu tidak terhirup kotoran/debu. Dan jika ada buku panduan lebih baik kamu membacanya agar tidak terjadi kesalahan dalam membersihkanya. Dan kamu harus berhati hati pada perangkat keras yang ada di dalam komputer. Jika tidak terlalu diperlukan lebih baik kamu tidak usah menyentuhnya. Jika kamu harus menyentuh bagian komputer, hilangkan static dengan menggunakan jari pada kerangka logam komputer yang berbahan logam sebelum mencabutnya.

    7.      Bersihkan debu

    Ketika kamu menggunakan gas duster, ada baiknya kamu menjaga jarak

    • Pastikan kamu memegang nya secara vertical. Jika kamu memegang dengan horizontal, udara yang ada di dalam gas duster akan keluar sebagai cairan yang dapat merusak komputer kamu.
    • Udara yang ada di dalam gas duster memiliki suhu yang dingin ketika keluar dari kaleng. Maka dari itu pastikan embun beku tidak menempel pada perangkat.
    • Kamu harus berhati hati karena, banyak debu yang akan bertebangan. Dan jangan sampai kamu menghirup debu tersebut.

    8.      Pastikan kipas heat sink bersih

    Heat sing yaitu perangkat keras yang terdiri dari lempengan logam untuk menutupi prosesor. Heat sing dipasang secara vertical pada motherboard. Jika kipas heat sing tidak bekerja, maka akan menyebabkan suhu prosessor akan menjadi sangat panas. Dan itu akan menyebabkan komputer menjadi cepat rusak.

    9.      Periksa seluruh bagian dalam atau bagian luar komputer

    Ketika kamu sudah selesai membersihkannya, kamu bisa memasang kembali panel yang ada di dalam komputer dan jangan sampai kamu salah memasang alat. Lakukan lah dengan hat hati agar tidak merusak parangkat tersebut.

    10.  Bersihkan tempat kerja

    Ketika kamu sudah selesai membersihkan komputer maka dari itu kamu harus juga membersihkan tempat yang telah digunakan. Agar debu nya tidak bertebangan kemana mana.

    11.  Tutup komputer

    Pasang perangkat pada kotak komputer dengan sekrup dan pastikan telah tertutup dengan rapat. Dan kamu juga bisa membersihkan tempat untuk meletakkan komputer.

    Peringatan

    • Ketika kamu memegang gas duster pastikan kamu memegang nya secara vertical. Jangan sampai kamu memegang nya dengan cara horizontal itu akan mengakibatkan udara yang ada di dalam gas duster akan keluar. Apa bila cairan tersebut mengenai komputer, komputer kamu akan rusak.
    • Tidak dibenarkan meniup bagian yang ada di dalam komputer.
    • Tidak menggunakan kemoceng ataupun penghisap debu.
    • Jika tidak terlalu penting kamu tidak perlu memegang perangkat keras karena semakin kamu jarang menyentuh perangkat keras semakin baik pula perangkat keras.(Delia)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Membersihkan Komputer Dengan Benar
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar