Perbedaan Google Biasa Dengan Google Suite

Daftar Isi

    LancangKuning - Saat kita tidak mengetahui sesuatu yang mengharuskan kita mencari terlebih dahulu, hal yang pertama kita gunakan yaitu dengan mencarinya di google. Sebagian besar orang pasti apa itu Google dan pastinya tidak asing dengan kata google. Google merupakan suatu layanan yang dapat di akses dengan menggunakan internet yang memiliki banyak ilmu pengetahuan disana. 

    Segala macam hal ada di dalam google tersebut baik dalam bentuk dokumen berita maupun sejarah ada di dalamnya. Biasanya google digunakan dari berbagai kalangan baik anak kecil, remaja dewasa maupun orang tua pasti menggunakan google apapun yang mereka ingin lakukan bisa disini.

    Di dalam google pun terdapat yang namanya google drive yang dapat menyimpan dokumen-dokumen penting yang bisa diakses dimanapun kapanpun, dan apabila kita memerlukannya saat di waktu terdesak kita bisa login lalu mengunduhnya.

    Namun jika suatu perusahan memerlukan suatu platform untuk perusahaan itu sendiri yang bisa mem-backup isi dari perusahaan tersebut agar tidak bocor ke tempat lain, apa yang akan mereka gunakan? Jawabannya yaitu mereka menggunakan merupakan sebuah layanan google yang digunakan bagi sebuah lembaga atau pun organisasi yang disebut sebagai Google Suite.

    Google suite merupakan salah satu bagian google biasa, namun google suite memiliki berbagai perbedaan dari google biasa. Berikut perbedaan yang terdapat dari google biasa dengan google suite.

    1. Fasilitas

    Pada google biasa memiliki lebih banyak fasilitas sedangkan google suite memiliki fasilitas yang sebagian besar terdapat pada google biasa. Namun tingkat keamanan dari google suite juga pengelolaan yang berikan juga bagus, bukan berarti google biasa tidak memiliki keamanan dan pengelolaan yang bagus namun pada google suite dukungan tersebut diberikan selama 24/7 yang berupa admin control keamanan dan administrasi, lalu vault untuk disimpan, mengarsipkan dan menelusuri data serta pengelolaan endpoint yang berupa kelola inventaris perangkat seluler jarak jauh. Dikarenakan google suite lebih dominan dipakai oleh perusahaan yang menggunakannya. Maka fasilitas yang digunakan juga menunjang pekerjaan dari para anggota perusahaan tersebut. Adapun fasilitas yang terdapat di google Suite yaitu

    • Gmail merupakan akses untuk memberikan surel maupun dokumen yang dibutuhkan
    • Meet sebagai tempat konferensi video dan suara
    • Chat sebagai akses untuk mengirimkan pesan kepada tim
    • Drive merupakan sebuah penyimpanan cloud untuk dokumen penting yang tidak terbatas
    • Keep merupakan tempat untuk membuat catatan bersama
    • Dokumen, Kalender, spreadsheet, slide, formulir, sites dan lain-lainnya.
    1. Cara Daftar

    Tidak salahnya untuk zaman sekarang kita mencoba untuk menggunakan google karena untuk mendaftarnya dengan membuat akun

    Sedangkan pada Google Suite hal yang pertama kita lakukan untuk mendaftar, terlebih dahulu kita mengakses alamat untuk mendaftar yaitu https://gsuite.google.com/signup/business. Lalu kita diminta untuk mengisi data yang diperlukan serta buat alamat domain yang kita inginkan. Karena gsuite merupakan akun yang dibangun untuk kepentingan perusahaan maka nama pengguna akan diikuti dengan nama dari perusahaannya pada bagian belakangnya. Berbeda dengan google biasa pastinya kita akan memiliki nama gmail di belakangnya karena akun tersebut merupakan akun individu tidak sama dengan akun google suite.

    1. Harga

    Saat kita menggunakan akun google kita tidak diharuskan untuk melakukan pembayaran sehingga saat kita menggunakan akun google kita dapat menggunakannya dengan free. Berbeda dengan Google Suite saat kita menggunakannya kita diberikan pilihan untuk membayar fasilitas google suite tersebut. Harga yang terdapat pada google Suite memiliki varian harga yang berbeda. Mulai dari paket Enterprise senilai US$ 25 per bulan, sedangkan paket Bisnis  senilai US$ 9.6 perbulan dan paket Basic senilai US$ 4.20.  Untuk proses pembelian kita bisa menggunakan kartu kredit maupun dengan debit.

    Demikian perbedaan yang terdapat pada google biasa dan google suite.(Riela)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Perbedaan Google Biasa Dengan Google Suite
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar