Akibat Buruk Kecanduan Teknologi

Daftar Isi

    LancangKuning - Teknologi adalah sebuah sarana dan prasarana yang menyediakan barang-barang yang diperlukan untuk kenyamanan hidup manusia. Kemajuan teknologi akan berdampak positif bagi seseorang yang pandai menggunakannya. Kemajuan teknologi ini juga akan berdampak buruk untuk seseorang yang kecanduan dengan teknologi.

    Dengan berkembangnya teknologi yang membuat manusia menjadi kecanduan dengan teknologi maka akan berakibat buruk terhadap fisik anda, terutama pada anak-anak. Teknologi saat ini

    Akibat buruk kecanduan teknologi

    1. Menjauhkan yang dekat
      Dengan berbagai macam aplikasi komunikasi, membuat manusia yang hanya akan berhubungan jarak jauh dengan menggunakan aplikasi komunikasi yang akan membuat dekat di kehidupan dunia maya dan jauh di kehidupan dunia nyata.
       
    2. Radiasi dari gadget
      Gadget merupakan suatu alat yang berteknologi tinggi dan memanfaatkan gelombang elektromagnetik. Gadget memproduksi berbagai gelombang yaitu gelombang cahaya tampak dengan berbagai frekuensi, hingga gelombang yang berfrekuensi tinggi yang menimbulkan radiasi berbahaya bagi tubuh manusia.
       
    3. Obesitas karena jarang gerak
      Pekerjaan seseorang bisa lebih mudah dengan adanya kemajuan teknologi, bahkan akan lebih cepat untuk menyelesaikannya. Pekerjaan yang tadinya diperlukan tenaga manusia dan digantikan dengan teknologi pengganti, hal tersebut akan membuat tubuh menjadi jarang gerak. Risiko orang yang jarang gerak akan memiliki tingkat obesitas jauh lebih besar. Dan anak lebih banyak menghabiskan waktu dengan gadgetnya sehingga ia hal lain seperti belajar dan olahraga.
       
    4. Kecanduan game online
      Game awalnya hanya untuk hiburan untuk menghilangkan rasa jenuh pada seseorang. Dengan adanya game online yang beragam, sehingga menarik seseorang untuk mencoba hingga membuat mereka menjadi kecanduan dengan game online yang membuat mereka menjadi lupa waktu. Kebanyakan pemain game adalah siswa sehingga mereka lupa waktu untuk belajar.
       
    5. Mangurangi keinginan belajar
      Dengan banyaknya teknologi yang ada seperti, bermain media social, melihat berbagai video di youtube, ataupun bermain game online membuat seorang siswa menjadi tertarik dengan hal tersebut sehingga tidak ada lagi keinginan untuk belajar.
       
    6. Banyak muncul akun palsu
      Akun palsu ini biasanya digunakan untuk para fans, dan digunakan untuk menyamar sehingga membuat orang lain menjadi tertipu. 
       
    7. Bertambahnya penipuan
      Di media sosial, banyak penipuan yang beredar, contohnya seperti penipuan online yang biasanya dilakukan oleh oknum pemilik online shop. Beberapa kasus yang terjadi adalah ketika pembeli telah mentransfer sejumlah uang, dan si penjual dengan seenaknya kabur tanpa memberikan barang yang telah dibeli oleh si pembeli.
       
    8. Tersebar berbagai informasi palsu
      Informasi palsu atau bisa dikatakan dengan hoax adalah informasi yang tidak layak disebar. Hal tersebut akan membuat seseorang menjadi tersesat.
       
    9. Pornografi
      Inilah salah satu dampak buruk dengan adanya perkembangan teknologi. Adanya kebebasan mengakses internet pada berbagai gadget, akan membuat banyak orang melihat konten dewasa yang tidak sewajarnya.
       
    10. Lebih aktif dalam kehidupan online
      Seseorang menjadi lebih sibuk dengan kehidupan online-nya dan kehilangan kemampuan berbaur dengan masyarakat. Sehingga hal tersebut akan membuat seseorang tidak lagi dekat dengan tetangga ataupun kenal.
       
    11. Penipuan
      Saat ini di media sosial banyak penipuan yang beredar, terutama penipuan foto profil. Banyak orang yang mencari jodoh di sosial media hanya karena melihat foto saja. Banyak orang yang memasang foto berbeda dengan yang asli, sehingga saat saling bertemu akan ada yang merasa tidak cocok dan memutuskan hubungan sosial media.
       
    12. Menurunnya prestasi belajar dan kemampuan bekerja seseorang
      Jika melakukan hal positif di gadget akan membuat wawasan semakin bertambah, tetapi jika seseorang menggunakannya dengan hal yang tidak berguna seperti bermain game atau semacamnya, maka akan membuang-buang waktu.

    Itulah akibat buruk dalam kecanduan teknologi. Maka kita harus pandai-pandai menggunakan teknologi yang semakin berkembang ini. (Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Akibat Buruk Kecanduan Teknologi
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar