Pengertian Router dan Contohnya

Daftar Isi

    LancangKuning - Router adalah sebuah perangkat keras pada jaringan computer yang fungsinya menghubungkan beberapa buah jaringan, baik jaringan yang sama maupun yang berbeda dari segi teknologinya. Ada juga yang berpendapat bahwa router adalah suatu hardware jaringan komputer yang berfungsi sebagai pengirim paket data melalui jaringan atau internet dari satu perangkat ke perangkat lainnya.

    Setiap router mempunyai fasilitas DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol) yang bisa di atur (setting) semirip mungkin sehingga dapat membagi IP addres. Lalu, pada router juga terdapat NAT (Network Address Translator) yaitu fasilitas yang memungkinkan suatu koneksi internet dapat berbagi ke alamat IP lain.

    Fungsi Router

    Fungsi utama dari berbagai jenis router adalah untuk menghubungkan 2 jaringan atau lebih untuk dapat mendistribusikan paket data dasi satu jaringan ke jaringan lain.

    Berikut adalah beberapa fungsi dari router :

    1. Router berfungsi untuk mengkonfigurasikan beberapa jaringan sehingga user bisa atau dapat mengirimkan paket data dari satu jaringan ke jaringan lainnya. Proses dari koneksi tersebut adalah dengan mendistribusikan IP address dengan setiap komputer ke dalam jaringan, dengan cara statis ataupun dengan DHCP (Dynamic Host Configuration Protocol).
    2. Fungsi router yang kedua adalah untuk mentransisikan informasi atau data dari jaringan satu menuju ke jaringan lainnya dimana sistemnya sama seperti Bridge (jembatan jaringan).
    3. Fungsi router yang ketiga adalah untuk menghubungkan jaringan local dengan koneksi DSL (Digital Subscriber Line) atau lebih akrab dengan DSL router.

    Kini teknologi dari router sudah lebih canggih, pengguna tidak hanya menggunakan sambungan dari kabel LAN, tetapi bisa juga dengan teknologi wireless. Sehingga sebuah router dapat terhubung pada semua perangkat computer, laptop, dan handphone lainnya yang masih berada di dalam cakupan atau jangkauan dari router tersebut.

    Cara Kerja Router

    Seperti yang sudah di jelaskan pada pengertian dan penjelasan sebelumnya, fungsi dari router adalah untuk menghubungkan beberapa jaringan dan memfasilitasi transmisi antar jaringan tersebut. Dalam hal tersebut, router membutuhkan lebih kurang dua kartu jaringan atau NIC(Network Interface Car) yang di pasangkan pada setiap jaringan.

    Pada gambar tersebut terdapat dua jaringan dengan satu router yang sederhana dan mudah untuk dikonfigurasikan. Sedangkan untuk jaringan yang besar dan kompleks, tentu pengaturannya akan berbeda dan lebih rumit.

    Untuk contohnya, kita ingin menghubungkan 3 jaringan sekaligus maka kita bisa menghubungkannya dengan dua cara yang berbeda :

    1. Menghubungkannya secara bersambung dengan menggunakan 2 router, atau
    2. Menghubungkannya secara langsung satu dengan yang lainnya dengan 3 router.

    Jenis-jenis Router

    Berdasarkan pengaplikasiannya

    1. Router Aplikasi, yaitu suatu aplikasi yang bisa di install oleh user pada system operasi sehingga system operasi pada computer tersebut dapat bekerja seperti router. Beberapa aplikasi diantaranya :
    • Wingate
    • WinProxy
    • Winroute
    • Spygate
    1. Router Hardware, yaitu hardware yang memiliki kemampuan seperti router. Dengan kemampuan tersebut, hardware ini bisa di gunakan untuk :
    • Membagi alamat IP
    • Membagi jaringan di suatu wilayah, contoh : Misalnya router sebagai acces point dan wilayah yang mendapat IP address dan koneksi di sebut HotSpot Area
    1. Router PC, yaitu suatu komputer dengan spesifikasi tinggi yang dimodif sehingga bisa berfungsi sebagai router. Beberapa spesifikasi minimum yang harus ada yaitu :
    • Prosessor Platinum II dengan hard drive 10GB DAN ram 64
    • Terdapat LAN Card.
    • Sistem operasi khusus router PC, Mikrotik.

    Berdasarkan Mekanismenya

    1. Router Statis, yaitu router yang bisa melakukan proses routing dari suatu jaringan yang dimana prosesnya di lakukan secara manual.
    2. Router Dinamis, yaitu router yang bisa melakukan proses routing yang bisa berjalan secara otomatis maupun dinamis.
    3. Router Wireless, yaitu router yang bisa bekerja tanpa menggunakan kabel, hanya mengandalkan media udara untuk mengirim paket data.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pengertian Router dan Contohnya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar