Persamaan WhatsApp dan Telegram

Daftar Isi

    LancangKuning - WhatsApp Messenger yang didirikan oleh Jan Koum dan Brian Acton ini merupakan aplikasi pesan untuk handphone cerdas. WhatsApp merupakan aplikasi pesan lintas platform yang menyediakan kita bisa bertukar pesan tanpa pulsa, karena WhatsApp menggunakan paket atau kuota data internet.

    Di dalam Aplikasi WhatsApp kita bisa bertukar atau mengirim foto (gambar), pesan suara, video, document, dan kontak yang ada di handphone kita.

    Sedangkan Telegram adalah sebuah aplikasi layanan pengirim pesan multiplatform berbasis awan yang bersifat gratis serta nirlaba. Telegram tersedia untuk perangkat telepon seluler dan system perangkat computer. Oendiri telegram adakah Nikolai Durov dan Pavel Durov .

    Persamaan WhatsApp dan Telegram :

    • Bisa mengirim foto atau gambar, audio atau pesan suara, video, document.
    • Sama-sama mempunyai enkripsi
    • Mention dengan format (@username) yang berguna saat berada di dalam chat group agar lebih mudah menotifikasi orang yang di tuju.
    • Kita bisa memberikan komentar pada bagian bawah chat yang akan di forward.

    Telegram sendiri banyak di gunakan karena di anggap bisa memberikan rasa aman bagi pengguna atau pemakainya. Aplikasi yang berasal dari Rusia ini memang di lengkapi dengan teknologi enkripsi yang membuat aplikasi ini sulit untuk di retas.

    Namun, dibalik persamaan antara WhatsApp dan Telegram, mereka juga punya beberapa perbedaan, terutama dari segi keamanan atau Enkripsi.

    Enkripsi berbeda :

    • Telegram menggunakan teknologi enkripsi buatan sendiri yang bernama MT Proto. Protokol itu di buat langsung oleh Nikolai Durov, yang merupakan alah satu pendiri Telegram. Teknologi inj sangat dibanggakan Telegram hingga Telegram menawarkan hadiah bagi siapa yang bisa membobol telegram.
    • WhatsApp sendiri menggunakan layanan enkripsi dari perusahaan yang bernama Open Whisper System. Enkripsi yang di pakai di tiap layananpun berbeda. Untuk pesan, teknologi yang digunakan adalah Signal Protocol dan layanan telepon menggunakan SRTP.
    • WhatsApp hanya memungkinkan grup hanya bisa 256 anggota sedangkan Telegram mendukung hingga 3000 anggota.
    • WhatsApp tidak bisa membuka berbagai akun secara bersamaan.
    • Misalnya kamu membuka aku di perangkat A maka kamu tidak bisa membuka akun di perangkat B.
    • WhatsApp hanya bisa mengirim file dengan kapasitas maksimal 100MB, sedangkan Telegram bisa mengirim file dangan maksimal sampai 1,5GB
    • Telegram bisa menyimpan pesan di cloud, sedangkan WhatsApp menyimpan pesan di handphone.
    • Telegram mempunyai bot, bot adalah akun yang dikelola atau di jalankan oleh aplikasi.
    • Telegram memiliki fitur secreat chat
    • Telegram bisa meng-unggah beberapa foto profil sekaligus.
    • Telegram memiliki fitur hastag membuat chat di grup menjadi lebih terstruktur.

    Kesimpulan yang bisa di ambil dari penjelasan di atas adalah :

    Persamaan WhatsApp dan Telegram Bisa mengirin foto atau gambar, audio atau pesan suara, video, document. Sama-sama mempunyai enkripsi. Mention dengan format (@username) yang berguna saat berada di dalam chat group agar lebih mudah menotifikasi orang yang di tuju. Kita bisa memberikan komentar pada bagian bawah chat yang akan di forward.

    Yang memiliki paling banyak keunggulan antara WhatsApp dan Telegram menurut saya adalah telegram. Karena Telegram sendiri memiliki berbagai fitur yang bisa kita pilih dan penyimpanannya yang tidak perlu di khawatirkan. Telegram menghadirkan fitur Stiker gratis untuk pelengkap chatting. Bagi yang kesulitan saat ingin mengirim file atau document yang besar bisa menggunakan Telegram, karena Telegram mampu mengirim file sebesar 1,5GB sedangkan WhatsApp hanya membatasi sampai 100MB.

    Masih banyak keunggulan yang telegram miliki. Sedangkan fitur di WhatsApp yang tidak dimiliki Telegram adalah pembaruan status atau yang sering di bilang SnapWa atau fitur status. Apabila Telegram memiliki fitur status mungkin saja akan makin mendongkrak kepopuleran aplikasi tersebut, dan akan membuat orang tertarik, seperti fitur story tau status yang ada di instagram, Facebook, dan WhatsApp.(Tina)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Persamaan WhatsApp dan Telegram
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar