Cara Merawat Komputer atau PC

Daftar Isi

    LancangKuning - Merawat Komputer sudah menjadi kewajiban kita untuk merawatnya dengan baik setiap pengguna komputer ataupun pc, supaya computer tidak rusak ataupun hang. Komputer tidak boleh hanya digunakan maka computer harus dirawat pada komponen-komponennya untuk menjaga agar computer tetap bisa beraktivitas ataupun bekerja serta dapat digunakan terus menerus.

    1. Tutup program yang tidak dibutuhkan

    Inilah cara merawa komputer atau pc dengan benar, menutup program-program yang tidak dipakai lagi ataupun yang tidak dibutuhkan, karena setiap program yang berjalan membutuhkan ruang dari memory RAM, sehingga semakin banyak program yang sedang berjalan maka semakin banyak memory yang dimuat.

    1. Pasang ventilasi CPU yang memadai

    Pada inti komputer inilah anda menempatkan Monitor dan CPU diventilasi udara dari dinding tersebut ke monitor ataupun cukup lebar lubang dinding agar udara nya mengalir dengan lancar. Karena ventilasi yang tidak baik akan menyebabkan pemanasan yang sangat berlebihan serta membahayakan komponen-komponen komputer sehingga system computer cepat rusak, cara menghindari dari kerusakan tersebut anda pastikan jarak CPU dan monitor setidaknya 30cm.

    1. Instal program antivirus dan update selalu

    Agar dapat mengetahui ataupun mengenali virus tersebut serta virus baru anda harus update program antivirus secara teratur jika virus sudah menyebar di komputer ataupun pc bisa membuat anda untuk menginstall ulang komputer tersebut. Bahkan virus tersebut juga bisa menyebabkan harddisk anda menjadi lebih cepat rusak dibandingkan dengan apabila anda tidak sering menginstall ulang komputer tersebut.

    1. Hapus program yang tidak ada digunakan

    Jika program tidak digunakan lagi silahkan hapus ini adalah salah satu cara merawat komputer dengan benar.

    1. Gunakan UPS / Stabilizer

    Silahkan gunakan UPS untuk mengantisipasi jika pada saat mati lampu ataupun mati mendadak yang dapat mengakibatkan kerusakan bagian pada komponen komputer anda paling utamanya ialah harddisk.

    1. Defragmentasi hard drive secara teratur

    Fungsinya adalah untuk mengatur dokumen ataupun file berdasarkan jenis data yang ada di harddisk.

    1. Bersihkan recycle bin dan file sampah

    Fataupun folder yang anda hapus tidak akan hilang dari harddisk tersebut, sebab ditampung terlebih dahulu di recycle bin hanya untuk sementara saat anda masih perlu ataupun mengembalikannya.

    1. Pasang kabel ground

    Kadang kita tidak sengganja memegang casing CPU dalam keadaan tidak sadar, maka dari itu pasang kabel ground untuk mengamankan dan mengantisipasi listrik statis pada casing ataupun yang biasa disebut dengan body CPU. Cara memasangnya ambil kabel Panjang untuk yang diperlukan, kemudian salah satu dari ujungnya disambungkan ke body CPU ataupun casingnya sedangkan ujung satunya lagi ditanamkan dilantai / tembok.

    Cara ini agar menetralkan arus listrik yang tidak stabil atau pun tidak searah pada computer anda menjadi hilang dan tidak bisa tersengat lagi serta juga bisa membuat komponen elektronik anda jadi lebih awet dan tahan lama.

    1. Jangan letakkan speaker aktif terlalu dekat dengan monitor

    jangan pernah meletakkan speaker terlalu dekat dengan monitor, karena tanpa kita sadari medan magnet yang ada pada speaker, maka akan sangat mempengaruhi pada layar computer ataupun yang biasa disebut dengan monitor , biasanya akan mempengaruhi warna monitor menjadi tidak rata ataupun berbintik-bintik kecil pada layar. Maka dari itu speaker yang bisa kita pakai jangan terlalu dekat dengan monitor.

    1. Bersihkan CPU secara teratur

    Dalam waktu yang sangat lama pasti di dalam CPU kita akan akan ada debu di dalamnya karena sudah kucup lama CPU tidak dibersihkan maka debu tersebut bisa dibilang cukup tebal yang ada di dalamnya, maka dari itukarena debu yang sudah sangat tebal di dalam cpu bisa membuat komponen-komponen computer anda lebih panas dan kemudian lebih rentan rusak.

    Maka kita harus membersihkan nya secara teratur gunakan Vakum cleaner atau kuas untuk membersihkannya dengan baik dan benar. Demikian tips cara merawat computer atau PC agar computer anda lebih awet dan bisa lebih lama digunakan. Semoga bermanfaat.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Cara Merawat Komputer atau PC
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar