Peralatan yang Wajib Dipunyai Oleh Teknisi Komputer Hardware

Daftar Isi

    LancangKuning - Seorang teknisi komputer adalah salah satu pekerja yang berhubungan erat dengan komputer. Menjadi seorang teknisi komputer wajib memiliki pengetahuan yang luas dalam bidang teknologi, karena ketika komputer bermasalah seorang teknisi mampu memperbaikinya. Perusahaan atau instansi berani memberikan gaji lebih kepada seorang teknisi komputer. Oleh karena itu, seorang teknisi komputer wajib memiliki dukungan yang memadai pada bagian peralatan komputer atau sesuatu yang lain untuk memperbaiki sebuah komputer.

    Komputer adalah alat yang digunakan untuk mengolah data. Teknisi computer memiliki empat jenis yaitu: perbaikan, jaringan, infrastruktur, dan server. Seorang teknisi komputer biasanya dilatih dalam struktur hardware umum agar menjadi seorang teknsi yang terampil.

    Peralatan yang wajib dimiliki oleh seorang teknisi yaitu:

    1. Obeng

    Seorang teknisi harus melakukan perakitan komputer serta menginstal ulang windows. Oleh karena itu, seorang teknisi membutuhkan obeng untuk memudahkan ketika membuka casing CPU.

    1. Tang

    Tang dibutuhkan seorang teknisi untuk memotong dan mengupas kabel UTP yang memiliki fungsi utama untuk mengunci RJ 45 yang ada pada kabel Ethernet.

    1. RJ45

    RJ45 adalah konektor kabel Ethernet yang digunakan sebagai alat penghubung kabel UTP menuju ke transceiver.

    1. LAN Tester

    Alat ini berfungsi untuk mengecek kabel UTP yang terpasang  RJ-45 atau RJ-11. Alat ini digunakan untuk mengecek hasil dari pemasangan kabel Ethernet.

    1. CD/DVD Room Eksternal

    Alat ini berfungsi untuk penginstalan aplikasi atau software.

    1. Kabel Patchcord

    Kabel ini digunakan untuk menghubungkan antar perangkat atau komunikasi.

    1. CD Operasi Sistem

    Seorang teknisi juga harus memiliki CD dari berbagai server seperti windows, linux, dan lain sebagainya sebagai persiapan untuk menginstal ulang komputer apabila diperlukan.

    1. USB Modem

    USB modem sangat penting untuk mengupdate pengetahuan terbaru mengenai IT karena teknisi harus selalu memperbarui wawasan yang dimiliki. Selain itu USB modem juga dibutuhkan untuk mendownload software-software yang dibutuhkan.

    1. Driver dan Software

    Software dapat memperbaiki kerusakan komputer yang disebabkan oleh virus, malware, dan yang lainnya, sehingga dapat merusak system operasi atau software yang ada di dalam komputer. Driver dari beberapa merk komputer seperti souncard, Lan, wifi, serta VGA harus dipunyai oleh seorang teknisi.

    1. Hardware Cadangan

    Menyimpan beberapa peralatan komputer seperti hardware sebagai cadangan, misalnya RAM bekas, power supply bekas, serta hard disk bekas yang berguna untuk mengganti hardware yang dibutuhkan.

    1. Penghapus

    Penghapus berfungsi untuk membersihkan kuningan yang ada dalam perangkat komputer seperti VGA card dan RAM.

    1. Alat Pembersih Debu / Kuas

    Alat pembersih debu / kuas ini diperlukan untuk membersihkan debu yang menempel pada komputer. Debu-debu yang menempel dikomponen atau hardware dapat menjadikan performa computer menjadi turun.

    1. Anti-Static Sarung tangan atau Strap Wrist

    Sarung tangan Anti Static berguna untuk mencegah aliran Arus Listrik Statis dari tubuh ke komponen Elektronik ataupun papan PCB, sehingga mengurangi kemungkinan kerusakan komponen.

    1. Peralatan pengujian

    Peralatan untuk menguji diantaranya adalah Multimeter, LAN tester, power supply tester, headphone untuk menguji kartu suara, mouse untuk memeriksa aksesibilitas, keyboard fleksibel yang bisa digulung, USB card reader dan sebagainya.

    Itulah peralatan komputer yang wajib dimiliki oleh teknisi agar pekerjaan semakin optimal serta kinerja perbaikan komputer bisa dilakukan lebih cepat dan hasilnya maksimal. (Tria)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Peralatan yang Wajib Dipunyai Oleh Teknisi Komputer Hardware
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar