Apa itu User Experience

Daftar Isi

    LancangKuning - Pengertian User Experience | User Experience merupakan suatu produk digital, produk user experience tersebut lebih menarik dan menyenangkan bagi orang yang berpengalaman menggunakan produk ataupun layanan dalam dunia teknologi. untuk lebih jelasnya, User experience produk yang sangat bangus, produk ini tidak akan mempersulit penggunanya untuk menjalankan tujuan mereka.

    Seperti desain UI, menu yang simpel, dan produk yang ringan saat diakses, produk User experience ini sangat sering merujuk ke perangkat-perangkat keras ataupun program perangkat lunak. Perusahaan yang sudah sukses sangat fokus menciptakan User Experience yang berkualitas lebih tinggi.

    Produk atau layan User Experience yang memberikan pengelaman bagi penggunanya yang positif adalah:

    • Fungsional
    • Mudah digunakan
    • Intutif
    • Dapat diandalkan
    • Menyenangkan

    Perangkat lunak User Experience

    Aplikasi perangkat lunak yang sudah menyediakan user experience yang baik memiliki antarmuka bagi pengguna yang intutif. Saat ini biasanya pengguna hanya bisa mempelajari program dengan menggunakannya dari pada membaca manual ataupun mengambil pelajaran.

    Fungsi User Experience

    Banyaknya manfaat kita mengetahui User Experience dalam sebuah produk digital, namun tentu saja kita tidak terlepas juga dari berbagai fungsi yang ditawarkan oleh User Experience. Ada beberapa fungsi User Experience yang perlu kita ketahui sebagai berikut:

    • User Experience agar memudahkan pengguna saat menggunakan aplikasi karena di dalamnya sudah tersedia adanya penilaian dari aspek usability.
    • Menarik minat para pengguna.
    • Meningkatkan kesuksesan
    • Menghasilkan UI yang bagus
    • Memenangkan persaingan

    Situs web

    Situs web yang ada dengan User Experience yang baik sangat mudah dilihat dan mudah dinavigasi. Produk user Experience sangat sering kali dikaitkan dengan teknologi informasi.

    Bidang-bidang yang terkait dengan pengembangan User Experience

    • Project management

    Pada saat ini berfokus kesatu bidang yaitu perencanaan dan pengorganisasian proyek serta sumber daya yang ada project management ini juga termasuk mengidentifikasi dan mengelola rangkaian yang akan digunakan nantinya. Maka dari itu dalam menerapkan ke proses desain yang lagi dan lagi sesuai istilah User Experience yaitu yang berpusat kepuasan dan kenyamanan pengguna. Bahkan manajement juga termasuk merumuskan siapa yang termasuk kedalam tim proyek dan memimpin tim itu secara efisien hingga proyek tersebut selesai.

    • Information architecture

    Pada bidang information architecture ini berfokus pada bagaimana informasi bisa diatur menjadi terstruktur lalu disajikan kepada pengguna website.

    • Visual design

    Yang dimaksud visual design adalah memastikan tampilan website yang artistic yang searah dengan tujuan brand dari perusahaan anda.

    • Content strategy

    Selanjutnya Conten strategy ini berunjuk pada penulisan dan kurasi konten yang sangat berguna bagi pengguna website tersebut, baik dalam memahami tujuan produk ataupun kelebihannya bahkan juga tips berguna lainnya yang terkait pada website tersebut strategi ini untuk merencanakan pembuatan, serta penyampaian data yang dikelolah seperti yang ingin dibuat

    • Web analytics

    Dan web analytic ini pula terpaku pada pengumpulan, pelaporan dan analiss data dari suatu website.

    Dalam menghadapi persaingan di era digital yang terus menerus meningkat dari waktu ke waktu maka dibutuhkan strategi pada pembuatan produk yang tepat. Maka dari itu hal yang sangat bagus menerapkan User Experience pada produk digital tersebut serta mengingat sebuah produk digital tidak hanya menarik dari segi tampilan tetapi juga bisa memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi para pengguna tersebut. Demikian pengetahuan dari saya semoga bermanfaat bagi semua orang. Selamat beraktifitas.(Riski)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Apa itu User Experience
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar