Inilah Akibatnya Jika Kamu Terlalu Lama di Depan Komputer

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Orang banyak beranggapan bahwa melakukan pekerjaan yang hanya di depan komputer adalah pekerjaan yang santai dan mudah. Namun, saatnya kamu menjauhkan anggapan itu karena pernyataan itu bisa dikatakan salah.

    Melakukan sebuah pekerjaan dengan keadaan yang cenderung sama secara berkepanjangan dan tidak ada perubahan sebenarnya dapat merusak kesehatan apalagi bekerja di depan komputer bisa merusak tulang belakang dan mata.

    Dirangkum dari berbagai sumber berikut penyakit yang disebabkan jika terlalu lama di depan komputer :

    1. Terlalu Lama Duduk

    Sebenarnya tidak hanya terlalu lama duduk di depan komputer, namun juga berlaku apabila kamu terlalu lama duduk didepan TV ataupun membaca buku. Terlalu lama duduk akan menyebabkan terganggunya peredaran darah dan hanya sedikit kalori yang kamu bakar yang akhirnya akan muncul penyakit seperti penambahan berat badan, kanker, diabetes, sakit jantung serta menurunnya harapan hidup.

    Untuk terhindar dari penyakit yang seperti itu sebaiknya kamu harus mengambil istirahat secara berkala misalnya setiap 1 jam kamu istirah selama 5 menit dan saat istirahat tersebut kamu diharuskan untuk melakukan peregangan. Selain itu bisa kamu gunakan meja berdiri supaya kamu bisa bekerja sambil berdiri.

    1. Sakit Akibat Postur Tubuh

    Duduk di hadapan komputer terlalu lama akan menimbulkan bermacam gaya sehingga membuat postur tubuh kamu buruk. Kegiatan yang kamu lakukan itu akan mempengaruhi otot kamu sehingga jika kamu terlalu lama di depan komputer akan mengakibatkan sakit pada leher, punggung dan pundak.

    Solusi yang ditawarkan sama dengan point pertama yaitu melakukan peregangan saat istirahat serta melakukan pijatan terhadap leher dan punggung. Selain itu kamu bisa mengatur monitor kamu senyaman mungkin.

    1. Mengakibatkan Cedera

    Gerakan fisik yang dilakukan secara berkesinambungan dapat merusak tendon, otot, syaraf dan jaringan tubuh lainnya. Karena jika kamu hanya melakukan gerakan yang sama saat di depan komputer maka kerusakan tersebut akan terjadi.

    Solusinya juga sama dengan point satu dan dua yaitu melakukan peregangan dan kamu juga harus menjaga tangan dan lengan dalam keadaan rileks dan hangat.

    1. Merusak Mata

    Tidak dipungkiri lagi tentang point yang satu ini, memang sudah banyak orang yang terlalu lama didepan monitor komputer mengalami kerusakan mata. Tidak hanya itu saja terkadang juga mengalami sakit kepala, mata pedih dan berair.

    Untuk menghindari penyakit tersebut sebaiknya kamu menggunakan layar dengan resolusi yang pas dan hindari sinar yang menyilaukan. Selain itu kamu harus memberi jarak pandang antara mata dengan monitor sepanjang lengan dan jangan lupa berkedip.

    1. Tekanan dan Isolasi Emosi Akibat Depresi

    Meskipun komputer terbukti membuat pekerjaan menjadi mudah dan cepat, namun dia juga bisa menjauhkan jarak antar manusia yang memungkinkan timbulnya isolasi, depresi dan rasa gelisah.

    Solusi yang dapat kamu lakukan untuk menghindari penyakit ini adalah jangan lupa berinteraksi dengan teman lainnya saat istirahat, bernafas secara teratur, makanlah dengan rekan dan rencanakan aktivitas sosial setelah bekerja.

    Itulah beberapa penyakit yang bisa disebabkan karena terlalu lama bekerja di depan komputer beserta solusi pencegahannya. Semoga bermanfaat.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Inilah Akibatnya Jika Kamu Terlalu Lama di Depan Komputer
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar