Manfaat Puasa untuk Kesehatan

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Jika kamu beranggapan puasa adalah menyiksa, kamu salah besar. Jika puasa bisa menyebabkan kamu sakit, kamu juga salah besar.

    Berpuasa sebenarnya sangat memiliki banyak manfaat untuk kamu, selain melatih kesabaran puasa juga sangat bagus untuk kesehatan

    Dirangkum dari TheAsianParent berikut manfaat puasa yang kamu peroleh untuk kesehatan :

    1. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

    Sistem pencernaan kita selama setelah sebelas bulan mengolah makanan selama 24 jam, dengan berpuasa dia bisa beristirahat.  Sehingga dengan adanya peristirahatan sejenak terhadap sistem pencernaan bisa membantu metabolisme tubuh kita, selain itu dengan puasa dapat menyehatkan pencernaan sekaligus usus kita.

    1. Meningkatkan Sensitivitas Insulin

    Insulin memiliki peran dalam merubah glukosa makanan yang kita konsumsi menjadi energi dan disebarkan ke dalam tubuh. Kadar gula darah akan dikendalikan oleh insulin yang diproduksi oleh prangkreas. Ketika dalam keadaan berpuasa kadar gula darah dapat dikontrol secara baik karena meningkatnya sensitivitas hormon insulin yang menyebabkan tubuh mampu menoleransi karbohidrat dengan lebih baik.

    1. Mengendalikan Rasa Lapar

    Saat kita tidak berpuasa perut akan sering terasa lapar sedangkan ketika berpuasa kita mampu menahan lapar hingga 12 jam. Hal itu bisa terjadi dikarenakan puasa bisa mengatur hormon dalam menahan rasa lapar.

    1. Membuat Panjang Umur

    Orang yang makan lebih sedikit memiliki harapan hidup lebih tinggi, hal itu diungkapkan pada sebuah penelitian. Itu disebabkan karena ketika berpuasa metabolisme kita meningkat, sedangkan metabolisme lambat disebabkan sering makan membuat penuaan bisa terjadi lebih cepat.

    1. Memperbaiki Pola Makan

    Ketika kita tidak berpuasa pola makan kita mungkin sulit sekali untuk diatur. Soalnya apapun yang terlihat ingin langsung dibeli dan dimakan. Berbeda jika kita berpuasa, saat puasa kita akan menahan semua godaan makanan dan hanya makan saat sahur dan waktu berbuka puasa. Sehingga dengan berpuasa kita dapat manahan sekaligus mengatur pola makan kita.

    1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

    Tahukah kamu jika berpuasa ternyata tubuh mengurangi radikal bebas yang disebabkan dapat masuk melalui makanan. Apabila tubuh dalam keadaan istirahat dari mencerna dan mengolah makanan, dia bekerja mengatur kondisi peradangan dan mencegah pembentukan sel kanker. Sehingga kekebalan tubuh tadi mampu melawan infeksi dan bakteri.

    1. Meningkatkan Fungsi Otak

    Ternyata puasa juga memiliki manfaat yang diluar dugaan yaitu meningkatkan. Manfaat puasa lainnya yang tak terduga adalah meningkatkan produksi protein brain-derived neurotrophic factor di otak yang disingkat BDNF. BDNF ini yang memiliki peras untuk mengaktifkan sel induk pada otak dan diubah menjadi saraf baru. BDNF itu akan meningkatkan kesehatan sistem saraf serta melindungi sel otak dari kerusakan yang bisa menyebabkan penyakit pikun.​

    1. Mengatasi Jerawat

    Ternyata dengan berpuasa juga bisa membuat kulit kita menjadi bersih sehingga mencegah tumbuh yang namanya jerawat. Itu semua dikarenakan sistem regeneratif sel bekerja dengan baik menjaga kesehatan kulit saat proses pencernaan kita istirahat.

    Itulah beberapa manfaat dari puasa untuk kesehatan, jadi jangan ragu lagi untuk berpuasa selagi ibadah ternyara menyimpan segudang manfaat.(UT)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Manfaat Puasa untuk Kesehatan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar