Masyarakat Terbantu Program Pelayanan Keliling Terpadu Paso Disdukcapil Siak

Daftar Isi

    Keterangan foto: Dua orang wwarga Kecamatan Kerinci Kanan saat melakukan pengurusan e-KTP. (Gs)
    SIAK, Lancangkuning.com - Masyarakat Kecamatan Kerinci Kanan sangat terbantu dengan program pelayanan keliling terpadu Paso Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Siak. Karena masyarakat tidak perlu lagi ke Siak untuk mengurus administrasi identitas diri.


    Seperti yang disampaikan warga Kampung Bukit Harapan Hendri, dijumpai saat melakukan pengurusan pembaharuan Elektronik Kartu Tanda Penduduk (E-KTP) di kantor Camat Kerinci Kanan, Rabu (4/11/2020).

    "Siang tadi setelah Zuhur saya kesini, untuk pembaharuan identitas status perkawinan saya di KTP. Alhamdulillah,  tak lama antre langsung dipanggil dan sekarang tinggal menunggu siapnya," kata Hendri.

    Hendri mengaku, program Paso Dukcapil sangat membantu masyarakat, karena tidak jauh lagi untuk mengurus sampai ke Siak.

    "Sangat terbantu sekali, sebab kalau mengurus ke Siak membutuhkan waktu lebih dari satu jam, kalau hanya sampai di kantor camat saja, dari Bukit Harapan ke kantor camat hanya 15 menit," kata Hendri.

    Hal senada juga disampaikan warga Kampung Simpang Perak Jaya Siti. Dia  mengaku sangat terbantu dengan program Disdukcapil itu. Ia berharap program seperti ini terus dilanjutkan.

    "Saya hari ini mengurus E-KTP, saya pindahan dari Lampung. Alhamdulillah,  program ini sangat membantu dan pelayanannya juga sangat bagus," kata Siti.

    Siti mengatakan, ia mendapat informasi tentang adanya pelayanan keliling itu dari pihak kampung yang meneruskan informasi dari pihak kecamatan.

    "Semalam saya mengurus KK, tadi pagi ada sms masuk dari petugas bahwasanya KK saya sudah selesai. Kemudian hari ini saya mengurus KTP, tak butuh antrean lama, saya sudah merekam tinggal menunggu panggilan siapnya lagi," akuinya. 

    Sementara itu, kepala Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Siak Hasmizal mengatakan, kegiatan pelayanan keliling paso dukcapil di Kecamatan Kerinci Kanan berlangsung selama dua hari yakni 3-4 November.

    "Untuk perekam E-KTP sebanyak 212, percetakan sebanyak 420. Untuk pengurusan kartu keluarga sebanyak 111 pemohon  dan percetakan sebanyak 90," kata Hasmizal.

    Selain itu katanya, pihaknya juga melayani pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA), yang mana permohonan yang masuk sebanyak 378 dan percetakan sebanyak 167.

    "Untuk kepengurusan Akte. Akte lahir sebanyak 87 dan akte kematian sebanyak 15," ucap mantan kepala kantor kesbangpol Siak itu.

    Ia juga menjelaskan pihaknya juga melayani surat pindah penduduk, baik yang datang dan pergi. Masing-masing yang datang sebanyak 21 dan yang pergi 17.

    "Tujuan kita membuat program ini, agar masyarakat tidak perlu jauh lagi ke Siak untuk mengurus, terutama masyarakat yang jaraknya agak jauh dari ibu kota kabupaten," tutup Hasmizal. 

    Sebelum ini, program pelayanan keliling ini juga telah dilakukan di beberapa kecamatan, seperti Kandis, Sungai Apit dan Sungai Mandau. Sedangkan tanggal 9-11 November akan dilakukan di Kecamatan Tualang. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Masyarakat Terbantu Program Pelayanan Keliling Terpadu Paso Disdukcapil Siak
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar