Raja Saudi Angkat Perempuan jadi Petinggi Majelis Syura

Daftar Isi

    LancangKuning -Raja Arab SaudiRaja Salman, merombak susunan kepengurusan Majelis Syura, dan menempatkan Hanan binti Abdul Raheem Al-Ahmadi, menjadi perempuan pertama yang menjadi petinggi di lembaga itu.

    Dilansir Arab News, Selasa (20/10), keputusan itu disampaikan melalui dekrit oleh Raja Salman. Al-Ahmadi diberi jabatan sebagai Asisten Ketua Majelis Syura.

    Al-Ahmadi yang bergelar doktor menjadi perempuan pertama yang ditempatkan di lembaga itu. Dia terpilih untuk duduk di lembaga itu sejak tujuh tahun silam bersama sejumlah perempuan lain.

    Baca Juga : Alaska Diterjang Tsunami Akibat Gempa Magnitudo 7.5


     

    Dia mengatakan dengan diberi tugas sebagai salah satu petinggi lembaga itu memperlihatkan bahwa pemerintah Arab Saudi memang ingin melibatkan peran perempuan dalam proses pengambilan keputusan tingkat tinggi.

    Ditilik dari latar belakangnya, Al-Ahmadi merupakan seorang pakar ekonomi dan manajemen kesehatan. Dia menyelesaikan kuliah di Fakultas Ekonomi Universitas Raja Saud pada 1986.

    Setelah itu dia melanjutkan pendidikan di jurusan manajemen kesehatan di Universitas Tulane, Amerika Serikat, dan lulus pada 1989.

    Selain itu, Al-Ahmadi juga menempuh studi Strata-3 jurusan manajemen kesehatan di Universitas Pittsburgh, AS, pada 1995.

    Baca Juga : Aparat Thailand Bebaskan 19 Aktivis Pro-Demokrasi


    Dia lantas ditunjuk menjadi Direktur Jenderal Badan Urusan Perempuan di Institut Pemerintahan Sipil (IPA). Dia juga berhasil meraih gelar profesor dan menjabat di layanan kesehatan masyarakat IPA.

    Dalam bidang ekonomi, Al-Ahmadi tergabung dalam Forum Ekonomi Riyadh. Dia juga menjadi editor Jurnal Dewan Pemerintahan Sipil dan Ilmu Pengetahuan IPA, serta menjadi anggota dewan Asosiasi Manajemen Saudi.

    Di luar negeri, Al-Ahmadi didapuk menjadi peneliti tamu di Pusat Perawatan dan Pengembangan Nasional Universitas Manchester di Inggris.

    Selain itu, dia menjadi salah satu penilai dalam Program Penyempurnaan Pemerintahan Sheikh Khalifa.

    Sepanjang bertugas menjadi anggota di Majelis Syura Saudi, dia pernah masuk ke dalam sejumlah komisi yang mengurus masalah ekonomi dan energi, kesehatan dan lingkungan, serta komisi persahabatan parlemen.

    Baca Juga : Ada Demo Omnibus Law, Polisi Minta Hindari Simpang Cileunyi


    Dia kerap dikirim mewakili Saudi dalam sejumlah konferensi dan seminar di tingkat kawasan dan dunia.

    Al-Ahmadi juga rajin menulis karya penelitian di dalam jurnal ilmu pengetahuan. Dia juga mengabdi sebagai anggota dewan penasihat Pusat Riset Sosial dan Studi Kewanitaan di Universitas Putri Nourah binti Abdulrahman.

    (ayp/ayp)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Raja Saudi Angkat Perempuan jadi Petinggi Majelis Syura
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar