Tak Hanya Enak dan Segar, Daun Selada Juga Kaya Manfaat

Daftar Isi


    Foto: Daun selada.

    Lancang Kuning – Daun selada ternyata tak hanya nikmat disantap sebagai lalapan atau campuran salad dan kebab. Daun ini ternyata kaya manfaat buat tubuh. Sebab nutrisi yang ada dalam daun selada sangat beragam.

    Baca juga: Calon Bupati Andi Putra Ingatkan Dinkes Kuansing soal Kasus DBD

    Daun selada mengandung vitamin A dan vitamin K yang sangat tinggi. Semangkuk daun selada mampu memenuhi 82 persen kebutuhan vitamin A harian, dan 60 persen kebutuhan vitamin K harian. Selain itu, daun selada juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti zat besi, kalium, kalsium, folat, dan serat. Tinggi serat artinya daun ini bagus untuk membantu melancarkan pengolahan dan pembuangan dari dalam tubuh. Bagus pula untuk masuk dalam menu diet. 

    Baca juga: Gubernur Riau: Tidak Semua Kewenangan Perizinan Ditarik Pusat

    Apa saja manfaat daun selada yang bisa hijabers dapatkan? Yuk simak artikel ini. Sahijab kumpulkan manfaat daun selada dari berbagai sumber.

    1. Untuk kecantikan kulit
    Selada memiliki kandungan vitamin A dan vitamin C. Kandungan vitamin A dapat meratakan warna kulit, sehingga dapat mengatasi kulit belang akibat terbakar sinar matahari atau akibat sebab yang lain. Sedangkan vitamin C dalam daun selada mampu membuat kulit lebih kencang, dan tidak mudah keriput. Kandungan mineral tinggi yang dimiliki daun selada juga membantu mencegah kulit kering dan bersisik. 

    Baca juga: Tol Permai Mulai 'Makan' Korban Jiwa, Dua Tewas dalam Kecelakaan Kamis Pagi

    2. Menjaga kesehatan jantung
    Daun selada kaya akan folat. Di dalam tubuh, folat berfungsi untuk mengolah asam amino bernama homosistein dalam darah. Sedangkan kadar homosistein dalam darah yang terlalu tinggi bisa menimbulkan berbagai masalah pada jantung. Misalnya peyumbatan pembuluh darah. Hal tersebut dapat meningkatkan risiko stroke, penyakit arteri koroner, dan emboli paru.

    Di samping itu, selada juga mengandung vitamin A dan C. Keduanya berfungsi sebagai antioksidan yang ampuh melawan radikal bebas sekaligus mencegah kerusakan sel-sel yang bisa berujung pada penyakit jantung.  

    3. Meningkatkan kekebalan tubuh
    Berbagai vitamin dalam daun selada berfungsi untuk menjaga sel-sel imun dalam melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. Kandungan vitamin A juga mampu meredakan infeksi, peradangan, serta kerusakan sel. Maka, rutin makan selada bisa membantu Anda mencegah penyakit umum yang disebabkan oleh virus dan bakteri. Misalnya influenza dan diare.  

    4. Mengatasi Insomnia
    Salah satu kandungan zat dalam sayuran hujau ini mampu menghilangkan kegelisahan dan mengurangi kecemasan. Selada memiliki cairan putih yang disebut lactucarium. Cairan itu memiliki peran untuk membuat tubuh dan otak terasa lebih rileks. Caranya, Anda bisa mengonsumsi beberapa lembar daun selada atau minum jus selada sebelum tidur.

    5. Menjaga kesehatan mata
    Vitamin A sangat bagus bagi kesehatan mata. Selada yang tinggi akan vitamin A bisa membantu Anda menjaga agar mata senantiasa sehat dan tajam meskipun usia terus bertambah.

    6. Mencegah tulang keropos
    Selada kaya akan vitamin K. Vitamin ini sangat bagus untuk pembentukan dan kepadatan tulang. Rutin mengonsumsi sayuran hijau seperti selada yang kaya akan vitamin K dan kalsium bisa mencegah pengeroposan tulang, osteopenia, atau osteoporosis.  

    7. Membantu menurunkan berat badan
    Daun selada merupakan daun yang tinggi serat. Kandungan itulah yang akan membantu mengeluarkan garam empedu dari tubuh. Serat juga dapat mendetoks racun dan sisa makanan dari dalam tubuh melalui feses, sehingga tidak terlalu lama tertimbun dalam tubuh dan tidak mengendap menjadi lemak.

    Itu sebabnya daun selada cocok dijadikan menu diet jika hijabers ingin menurunkan berat badan. Selain lezat dan segar, daun selada dapat melancarkan pencernaan. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tak Hanya Enak dan Segar, Daun Selada Juga Kaya Manfaat
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar