Air Terjun Lubuk Bigau, Sebelum Menikmati suasana Air Terjun Yang Lain Lebih Baik Anda Kesini Dulu

Daftar Isi

    LANCANG KUNING - Air Terjun Lubuk Bigau disebut juga Air Terjun Hulu Air Kapas atau  lebih dikenal Air Terjun Pangkalan Kapas. Air terjun ini merupakan air terjun 

    yang tertinggi di Sumatera, ketinggiannya mencapai sekitar 150 meter,  jika dibandingkan dengan Air terjun Lembah Anai (60 meter) atau Air Terjun Sipiso-piso (120 meter) maka air terjun Lubuk Bigau jauh lebih tinggi.

    Lokasi air terjun paling spektakuler ini termasuk dalam wilayah dataran tinggi bukit  barisan yang di miliki Kabupaten Kampar, Riau. Lokasinya terletak ditengah hutan belantara,  diapit pepohonan hutan yang lebat, berada diantara Desa Lubuk Bigau,  Kebun Tinggi dan Pangkalan Kapas, di Kecamatan Kampar Kiri Hulu.

    Tumpahan air terjun ini langsung menghujam kebawah tanpa menyentuh dinding terbing  yang menjulang tinggi. Saat musim hujan, maka debit air terjun akan semakin besar dan deras dengan gemuruhnya yang sangat besar ketika air terjun mengenai bebatuan  di bawahnya, namun saat musim panas pengunjung hanya akan merasakan air terjun  seperti titik-titik embun saja saat berada di bawahnya.

    Pemandangan yang ditampilkan saat hujan turun sungguh menakjubkan,  karena air yang jatuh yang tidak menyentuh dinding bebatuan, dengan dinding  tebing yang menjulang tinggi seakan-akan Air terjun ini seperti Lembah Harau  yang ada di Sumatera Barat. 

    jika ingin merasakan betapa asiknya suasana di kawasan ini, maka untuk sampai ke lokasi perlu perjuangan keras, dengan menggunakan mobil Berfour Wheel Drive selama 2 jam dari  ibu kota kecamatan dan 3 jam berjalan kaki untuk mencapai lokasi air terjun,  tidak terbayang suasana saat melelahkan diperjalanan, maka kita akan langsung 

    dimanjakan dengan Air terjun dan kenyamanan lingkungan sekitar kawasan,  sebelum jauh-jauh ke Air terjun lainnya maka kunjungi dulu Air terjun Bigau yang  mempesona ini. 

    Air terjun lubuk Bigau masih sangat alami dan jarang dijamah,  tidak terdapat bangunan semisal Gazebo ataupun rumah-rumahan di sekitar sana. 

    Di sekitar air terjun terdapat hutan tropis yang lebat dan tinggi, akan terdengar  jelas kicauan burung-burung yang bernyanyi, sepoi-sepoinya angin serta bunyi percikan air. Terhampar bebatuan hitam kecoklatan di sepenajang sisi aliran air yang membentuk  anak sungai yang eksotis.(hyAzn)

    Sumber: Berbagai sumber bacaan yang tersedia 

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Air Terjun Lubuk Bigau, Sebelum Menikmati suasana Air Terjun Yang Lain Lebih Baik Anda Kesini Dulu
    Sangat Suka

    100%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar