4 Tanaman Herbal Berkhasiat yang Tertera dalam Alquran dan Hadits

Daftar Isi


    Foto: Aloe Vera atau Lidah Buaya

     

    Lancang Kuning – Sahabat Sahijab, bila sedang rajin menanam tanaman di kebun rumah, coba cari tanaman-tanaman herbal yang berkhasiat dan disebut dalam Alquran dan hadits. Siapa tahu cocok, saat dikonsumsi bersama keluarga dan bisa menikmati hasilnya ya.

    Baca juga:  Tempat Wisata di Riau

    Berikut ini, empat tanaman herbal berkhasiat yang tertera dalam Alquran dan hadits:

    1. Jintan


    Sebuah hadits dalam riwayat Abu Hurairah menerangkan sabda Rasulullah SAW soal jintan: “Sesungguhnya di dalam habbatussauda (jintan hitam) terdapat penyembuh segala macam penyakit, kecuali kematian.”

    Habbatussauda memang banyak dijual bebas ya, namun tidak ada salahnya menanam di rumah. Bibitnya murah kok. Panen manfaat jintan di antaranya menjaga imunitas, meningkatkan daya ingat, menetralisir racun, hingga memberikan nutrisi terbaik bagi ibu hamil dan bayinya.
     

    Baca juga:  Makanan Khas Pekanbaru 

    2. Lidah buaya


    Anjuran penggunaan lidah buaya tersebut dalam hadis Rasulullah SAW yang diriwayatkan oleh Muslim dari Utsman Bin Affan:

    “Rasulullah SAW pernah menemukan seorang laki-laki mengeluhkan kedua matanya ketika sedang ihram. Nabi berkata, balutlah kedua matamu dengan aloevera.” (HR Muslim)
     

    Baca juga:  Studi Temukan Kasus Kematian Akibat Permen Akar Manis

    3. Delima 

    Buah satu ini dibahas dalam Alquran. Tertulis dalam Surat Al An’am ayat 99:
    "Dan Dialah yang menurunkan air hujan dari langit, lalu Kami tumbuhkan dengan air itu segala macam tumbuh-tumbuhan, maka Kami keluarkan dari tumbuh-tumbuhan itu tanaman yang menghijau. Kami keluarkan dari tanaman yang menghijau itu butir yang banyak, dan dari mayang korma mengurai tangkai-tangkai yang menjulai, dan kebun-kebun anggur, dan (Kami keluarkan pula) zaitun dan delima yang serupa dan yang tidak serupa. Perhatikanlah buahnya di waktu pohonnya berbuah dan (perhatikan pulalah) kematangannya. Sesungguhnya pada yang demikian itu ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi orang-orang yang beriman." (Q.S Al Anam Ayat 99).

    Delima dikenal memiliki kandungan antioksidan yang tinggi yang berguna untuk memperlancar aliran darah ke jantung, menyehatkan tulang, hingga menurunkan kolesterol. Karena susah mendapatkannya, lebih baik menanam sendiri di rumah. Banyak yang jual pohon kecilnya dengan harga terjangkau di marketplace lho!

    4. Anggur


    Pembahasan anggur sebagai tanaman obat herbal dalam Alquran disebut pada QS Al Kahfi ayat 32:
    “Dan, berikanlah kepada mereka sebuah perumpamaan dua orang laki-laki, Kami jadikan bagi seorang di antara keduanya (yang kafir) dua buah kebun anggur dan kami kelilingi kedua kebun itu dengan pohon-pohon korma dan di antara kedua kebun itu Kami buatkan ladang.

    Sudah bukan rahasia lagi ya, bila buah anggur memiliki sejuta manfaat kesehatan bagi yang mengonsumsinya. Sama seperti tanaman obat herbal lainnya, anggur bisa menjadi obat mujarab dari mulai penyakit ringan hingga sangat berat.

    Yuk bercocok tanam dan mulailah seperti apa yang disebut Alquran juga hadits Nabi. Tuai manfaatnya dan semoga telaten dalam merawatnya, agar sukses panennya ya. (LK)
     

    Sumber: Sahijab.com

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel 4 Tanaman Herbal Berkhasiat yang Tertera dalam Alquran dan Hadits
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar