Studi Temukan Kasus Kematian Akibat Permen Akar Manis

Daftar Isi

    Lancang Kuning - Permen akar manis jadi salah satu camilan yang kerap ditemui. Namun, sebuah studi kasus terbaru menemukan, konsumsi permen akar manis berlebih bisa menyebabkan kematian.

    Studi yang dipublikasikan dalam New England Journal of Medicine menemukan, seorang pria 54 tahun di Boston, Amerika Serikat, meninggal setelah mengonsumsi permen akar manis setiap hari selama dua pekan.

    Pria tersebut tiba-tiba pingsan dan tak sadarkan diri saat sedang berada di sebuah restoran cepat saji. Sebelum pingsan, pria tersebut mengalami tremor sebelum akhirnya kehilangan kesadaran.

    Melansir Insider, seseorang memberikan pertolongan darurat CPR lantaran detak jantung si pria yang tidak teratur. Pria tersebut kemudian dibawa ke salah satu rumah sakit di Massachusetts.

    Dalam pemeriksaan, kadar kalium dalam tubuh pria tersebut ditemukan sangat rendah. Dia juga mengalami kegagalan multiorgan dan gangguan metabolisme yang parah.

    Dokter memberikan berbagai perawatan, termasuk ventilasi darurat melalui trakea dan perawatan intensif. Namun, 32 jam setelah kedatangannya di rumah sakit, pria dilaporkan meninggal dunia.

    Berdasarkan catatan medis, pria tersebut diketahui memiliki riwayat hepatitis C yang belum sempat diobati dan merupakan perokok aktif selama puluhan tahun. Konsumsi permen akar manis kemungkinan menyebabkan masalah ketidakseimbangan jantung dan nutrisi yang memicu kematian.

    Berbagai permen lainnya yang mengandung asam glycyrrhizic seperti permen akar manis memang diketahui dapat mengganggu keseimbangan nutrisi tubuh dan menyebabkan masalah irama jantung.

    Sebelumnya, komplikasi akibat konsumsi permen akar manis berlebih telah banyak dilaporkan seperti hipertensi dan kelemahan otot. Namun, kematian akibat konsumsi permen liquorice berlebih terbilang sangat jarang terjadi.

    Food and Drug Administration (FDA) Amerika Serikat sendiri menyebut, konsumsi sebanyak 2 ons permen akar manis selama beberapa pekan setiap hari dapat menyebabkan masalah irama jantung, terutama bagi orang berusia di atas 40 tahun.

    "Bahkan, sedikit liquorice saja bisa meningkatkan tekanan darah," ujar ahli kardiovaskular, Neel Butala, dalam catatan penelitian.
    penelitian.

    Selain permen akar manis hitam, beberapa makanan lain yang mengandung asam glycyrrhizic juga dapat menyebabkan gangguan irama jantung.

    FDA merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi permen akar manis dalam jumlah besar sekaligus. Anda disarankan segera menghentikan konsumsi saat mengalami irama jantung yang tidak teratur dan berbicara dengan dokter jika Anda sedang mengonsumsi obat atau suplemen yang mungkin bisa berinteraksi dengannya.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Studi Temukan Kasus Kematian Akibat Permen Akar Manis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar