Tips Mengatasi Ketika Kehilangan Inspirasi Menulis

Daftar Isi

    LancangKuning - Bagi sebagian orang menulis merupakan hobby mereka, dan bagi sebagian lainnya hobby tersebut bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah tentunya alias menjadikan kemampuan menulisnya sebagai pekerjaanya. Pada asalnya setiap manusia di belahan bumi memiliki kemampuan menulis serta bisa berimajinasi. Hanya saja kemampuan pada setiap kita berbeda-beda, ada yang memiliki daya hayal tinggi dan bahkan ada yang berada di bidang sebagai kritikus serta ada juga yang suka membuat artikel dan lain sebagainya.

    Meskipun semua kita memiliki kemampuan menulis sebagaimana sudah disinggung sedikit bahwa kemampuan ini berbeda-beda setiap orang. Ada yang menulis hanya ingin meluapkan emosi mereka, dan ada yang menjadikannya untuk mendapatkan penghasilan. Bagi orang yang menjadikan menulis untuk mendapatkan penghasilan maka mereka disebut sebagai seorang penulis.

    Agar bisa menjadi seorang penulis ini tentu tidak cukup hanya mampu menulis saja, tapi ia harus memiliki pemikiran terbuka serta mudah dalam menyerap setiap informasi valid yang tersedia. Meskipun ia memiliki luapan ide yang banyak, ketika tengah penulis tidak banyak dari para penulis justru buntu atau kehilangan ide mereka.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Siak

    Hal tersebut tentu saja merupakan hal yang wajar, dan semua orang yang berprofesi sama tentu pernah mengalaminya. Hanya saja jika Anda berada dalam kondisi tersebut maka jangan larut, segeralah mencari solusi dan cara ampuh agar ide kembali bermunculan. Nah, dilansir dari LifeIDNTimes berikut ini beberapa hal bisa kamu coba ketika kehilangan inspirasi saat menulis :

    1. Sering membaca buku dan informasi

    Kegiatan atau aktivitas yang paling ampuh dan banyak dipercayai oleh orang ketika kehilangan ide untuk mendapatkan inspirasi yaitu dengan banyak-banyak membaca. Baik itu membaca buku maupun membaca berbagai informasi dari ragam sumber yang tepat. Ketika kita membaca buku maka akan banyak kosa kata baru didapatkan sehingga bisa dikembangkan sesuai ide yang terlintas di dalam benak kita.

    Kita tahu bahwa untuk menghasilkan sebuah tulisan utuh itu terdiri dari rangkaian kata-kata yang menyatu, sama halnya dengan sebuah buku. Ketika kita lapar dan butuh makan maka hal yang diinginkan adalah mencari sumber agar bisa makan seperti mendatangi tempat makan atau memasak. Sama halnya dengan inspirasi, jika kehilangan ide maka carilah tempat yang mendatangkan inspirasi atau bahkan menjadi sumber inspirasi tersebut.

    1. Diskusi bersama teman dengan membahas topik menarik

    Hal berikutnya bisa kamu lakukan ketika kehabisan ide hendak menulis adalah menemui teman. Bersama teman akan ada banyak cerita dan cengkrama yang kadang bisa merubah mood kita. Nah, ketika Anda kesusahan dalam mendapatkan ide cobalah memulai obrolan hangat bersama mereka. Cobalah membahas topik-topik menarik yang tanpa sadar bisa menjadi inspirasi untuk Anda. Memang banyak orang mengatakan bahwa sebenarnya inspirasi itu bisa didapatkan dari mana saja, namun jika bersama teman tentu ini akan sangat membantu. Sebab bersama mereka kamu bebas bercerita tentang apapun dan topik menarik sesuka kamu.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Menyendiri

    Hal berikutnya bisa kamu lakukan untuk mendapatkan ide adalah dengan menyendiri. Dimana dengan menjauhi keramaian bisa dikatakan cukup efektif untuk mengumpulkan ide dan inspirasi di dalam otak. Sebab ketika kita merasa tenang, maka ketenangan tersebut bisa menyegarkan kembali pikiran-pikiran yang pada awalnya begitu banyak beban dan pikiran yang membuat kita sulit fokus. Ketika pikiran terasa lelah dan sulit mendapatkan ide, maka cobalah pergi ke tempat yang bisa membuat kamu santai berpikir dengan tenang dan melepaskan segala beban yang ada.

    1. Mengunjungi tempat menarik terdekat

    Mendatangi tempat yang menarik, menyejukan serta menyegarkan tentu sangat membantu sekali membuat hati dan pikiran kamu menjadi kembali lebih fresh dan tenang. Misalnya melihat pemandangan yang indah, asri serta menakjubkan bisa menenangkan hari yang awalnya sangat penuh beban. Ada kalanya pikiran ini terasa lelah dan membutuhkan suasana berbeda dan menarik agar kembali segar. Ketika berada di tempat yang indah ini maka bisa memikirkan hal-hal indah dan menginspirasi untuk tulisan Anda.

    Baca Juga : Guru Les Privat Ngaji di Bangkinang, Kampar

    1. Tidurlah sejenak

    Hal terakhir bisa dilakukan ketika kehabisan ini saat menulis adalah mencoba untuk tidur sejenak. Ketika ide menulis terasa stuck dan tidak bisa dikembangkan itu bisa saja disebabkan karena kamu terlalu lelah beraktivitas. Cobalah untuk tidur sejenak, agar bisa meningkatkan tingkat kefokusan sebab tingkat fokus ini bisa berkurang jika terlalu banyak beban kerja dan kelelahan.

    Tidur adalah salah satu solusi yang cukup efektif mengembalikan kesegaran otak dan pikiran. Beristirahat di tempat yang nyaman dan melepaskan semua beban yang ada dan tidur sejenakan sehingga ketika bangun kamu bisa memulai kembali dengan semangat yang fresh.

    Nah, itulah beberapa cara bisa kamu coba ketika inpisrasi menulis mulai hilang bahkan stuck. Memang tidak mudah untuk mendapatkan inspirasi ini, namun terdapat banyak cara bisa kamu coba agar kamu tetap semangat. Meskipun ada saatnya kamu lelah dalam menulis maka tidak ada salahnya istirahat dan mencari cara agar semangat menulis tersebut tidak hilang.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Mengatasi Ketika Kehilangan Inspirasi Menulis
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar