Wisata Bukit Bangkirai Samarinda, Miliki Canopy Bridge yang Menjadi Pertama di Indonesia dan Kedua di Asia

Daftar Isi

    Lancangkuning.com - Berwisata ke kota Samarinda maka Bukit Bangkirai akan memberikan ketakjuban  dan pesonanya kepada setiap pengunjung yang datang. Wisata Bukit Bangkirai merupakan wisata alam yang masih sangat alami sekali ditambah keelokan dan keasrian flora dan fauna yang ada di kawasana hutan Bukit Bangkirai. Keasrian alamnya masih terjaga dan jauh dari jangkauan kerusakan dari tangan manusia. 

    Jika mengunjunginya Bukit Bangkirai maka ada pantangannya tersendiri, yaitu tidak boleh membuang sampah sembarangan, jangan merusak tanaman bahkan memetik pepohonan sekitar apalagi mengganggu dan menyakiti fauna yang ada di kawasan hutan Bukit Bangkirai. Bukit ini terlerak di area kecamaran Samboja, di Kabupaten Kutai Kartanegara. Kawasan hutannya termasuk kawasan hutan hujan tropis yang memiliki pemandangan alam yang mash alami. 

    Jika melakukan wisata ke Bukit Bangkirai maka wisatawan akan disuguhkan beberapa fasilitas yang sudah tersedia, seperti restoran, kolam renang hingga cottage yang memiliki konsep rumah panggung. Tempat wisata ini dinamakan sebagai Bukit Bangkirai sebab terdapat banyak sekali jenis dari pohon bangkirai, dan tak hanya itu saja juga terdapat pohon bangkirai berusia sekitar 150 tahun yang memiliki ketinggian hingga 50 meter dengan diameter sebesar 2,3 meter. 

    Hal yang tak kalah menarik di tempat wisata ini yaitu canopy Bridge sebagai jembatan yang menghubungkan sebanyak 5 jenis pohon bangkirai. Yang sangat cocok dijadikan sebagai spot berfoto yang sangat menarik dengan sensasi berjalan diatas ketinggian 30 meter. Jembatan gantung ini mencapai 64 meter yang menghubungkan 5 pohon Bangkirai dengan jarak 10 sampai 15 meter. Jembatan tajuk ini pun merupakan jembatan pertama di Indonesia bahkan peringkat kedua di kawasan Asia dengan standar keamanan yang tinggi. Rancangan khusus dari Jembatan ini ialah dibuat menggunakan bahan kayu dan besi antikarat yang dijamin mampu menopang semua wisatawan. 

    Bukit Bangkirai ini berada di tengah-tengah area hutan alami dengan luas mencapai 1.500 hektar.Kawasan Bukit Bangkirai juga dianggap sebagai kawasan paru-paru Bumi. Wisatawan bisa merasakan lingkungan yang masih asri mulai dari pohon besar hingga fauna yang mungkin belum pernah disaksikan, seperti lutung merah, rusa sambar, bajing, dan beruk. Bagi para pecinta fauna tempat wisata di Samarinda ini sangat cocok dijadikan satu momen tepat berinteraksi dengan hewan langka. 

    Tidak hanya dari fauna saja, dari sektor flora juga didominasi oleh anggrek yang masih tumbuh secara alami disekitar bukit. Jangan heran jika kamu menemukan banyak jenis anggrek di Bangkirai, karena dari total semua jenis ada 45 macam anggrek di kawasan tersebut. Dengan keelokan dan ramahnya kawasan Bukit Bangkirai ini, maka wisata ini sangat cocok untuk wisata bersama keluarga. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Wisata Bukit Bangkirai Samarinda, Miliki Canopy Bridge yang Menjadi Pertama di Indonesia dan Kedua di Asia
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar