Serangan Bom ke Wapres Afghanistan sampai KTT ASEAN Bahas LCS

Daftar Isi

    LancangKuning -Berbagai peristiwa terjadi di berbagai belahan dunia pada Rabu (9/9) kemarin. Mulai dari serangan bom menargetkan wakil presiden Afghanistan hingga pembahasan Laut China Selatan di KTT ASEAN. CNNIndonesia.com merangkum sejumlah kejadian tersebut dalam kilas internasional.


    1. Wapres Afghanistan Terluka akibat Bom yang Tewaskan 10 Orang

    Wakil Presiden Afghanistan, Amrullah Saleh, mengalami luka ringan akibat serangan bom yang menewaskan 10 orang pada Rabu (9/9).

    "Ada beberapa luka bakar di wajah dan tangan. Ledakannya begitu kencang," ujar Saleh, seperti dikutip AFP.

    Namun, Saleh mengaku dalam keadaan baik-baik saja setelah serangan bom yang menargetkan konvoinya tersebut.

    "Saya baik-baik saja, tapi beberapa ajudan terluka. Putra saya, yang juga bersama saya di mobil, juga baik-baik saja," tutur Saleh.

    Baca Juga : Kasus Pahala Express, Buruh Desak Polisi Tetapkan Tersangka



    2. Trump Akan Kembali Tarik Tentara dari Irak dan Afghanistan

    Presiden Amerika Serikat Donald Trump akan mengumumkan lanjutan penarikan pasukan dari Irak dan Afghanistan pada Rabu (9/9).
    Seorang pejabat senior Gedung Putih mengatakan Trump diagendakan mengumumkan rencana lanjutan penarikan pasukan dari Irak dan pengurangan serupa dari Afghanistan.

    Dilaporkan Associated Press, pejabat senior yang enggan disebutkan namanya itu mengatakan Trump sempat membahas rencana penarikan dengan jurnalis di pesawat Air Force One pada Selasa (8/9) malam.

    Rencana tersebut akan dilakukan setelah Trump melakukan pertemuan dengan Perdana Menteri Irak Mustafa al-Kadhemi pada Agustus lalu. Dalam pertemuan tersebut, Trump mengungkapkan rencana untuk menarik pasukannya, kendati tidak memberikan jadwal pasti.

    Baca Juga : UE Ingatkan Serbia & Kosovo Tak Pindahkan Kedubes Yerusalem



    3. Kemelut AS-China di LCS Jadi Perbincangan di KTT ASEAN

    Persaingan China-Amerika Serikat disebut akan mendominasi diskusi di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN yang saat ini tengah berlangsung.
    Para menteri Luar Negeri ASEAN akan bergabung dengan Menteri Luar Negeri AS Mike Pompeo dan mitranya dari China Wang Yi untuk KTT pertama.

    AFP melaporkan pertemuan puncak online yang berlangsung pada Rabu (9/9) itu siap untuk membidik intimidasi Beijing di Laut China Selatan.

    Baca Juga : Fitur Baru di Android 11 yang Diluncurkan Google Hari Ini


     

    "Persaingan kekuasaan antara AS dan China kemungkinan akan mencuri perhatian," kata seorang diplomat senior Asia Tenggara yang enggan disebutkan namanya kepada AFP.

    Lebih lanjut sang diplomat senior bilang bahwa Amerika Serikat dan China kemungkinan akan menggunakan pertemuan itu sebagai platform untuk saling melempar segala hal.

    Mengenai segala hal tersebut tidak dia jelaskan secara rinci, namun dia kembali memberikan pernyataan secara tersirat dan berkata;

    "Negara-negara kecil akan mengatakan kalimat biasa dan kemudian berlindung saat Washington dan Beijing bertempur."

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Serangan Bom ke Wapres Afghanistan sampai KTT ASEAN Bahas LCS
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar