Mudik Hari Raya Idul Adha Tidak Dilarang, Tapi?

Daftar Isi


    Foto: Menko PMK Muhadjir Effendy tak melarang mudik jelang Iduladha. (Foto: Rusman-Biro Setpres)

    Lancang Kuning, JAKARTA -- Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy menyatakan tak ada larangan bagi masyarakat yang hendak mudik saat Hari Raya Iduladha pada akhir Juli mendatang.

    Meski begitu Muhadjir mengatakan pemerintah akan mengawasi dengan ketat pelaksanaan mudik Iduladha tahun ini, mengingat pandemi Covid-19 masih terjadi.

    Baca Juga: Studi Temukan Metode Baru Cegah HIV/AIDS

    "Tidak ada larangan tetapi pasti akan kita awasi dengan ketat. Sementara belum ada," kata Muhadjir di kantor Kemenko PMK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (9/7).

    Muhadjir mengatakan Korlantas Polri tetap akan melakukan pengaturan lalu lintas saat perayaan Iduladha.

    "Dari Kakorlantas sudah ikut. Sudah akan kita atur juga," kata Muhadjir.

    Berbeda dengan perayaan Idulfitri, menurut Muhadjir, pada Hari Raya Iduladha sebenarnya tak ada aktivitas mudik. Kegiatan mudik identik dengan Lebaran Idulfitri.

    Baca Juga: 5 Saran untuk Presiden Joko Widodo di Tengah Krisis Covid-19

    "Yang mudik kan hanya berlaku untuk Lebaran Idulfitri, tapi Iduladha enggak ada mudik," kata dia.

    "Nanti akan kita koordinasikan dengan Kemenhub. Itu domainnya Kemenhub," pungkas Muhadjir.

    Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah diperkirakan jatuh pada 31 Juli 2020. Menjelang hari raya, Kementerian Agama akan menyelenggarakan sidang isbat.

    Di tengah wabah corona, berbagai kegiatan yang biasanya digelar pada saat Iduladha pun banyak yang batal atau ditunda karena pandemi.

    Baca Juga: Ternyata, Ini Rahasia Badan Kekar Jenderal TNI Andika Perkasa

    Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, sendiri tak akan menggelar salat Iduladha pada tahun ini. Hal ini disepakati setelah pemerintah melakukan rapat dengan sejumlah menteri dan lembaga terkait termasuk dengan Dewan Masjid Istiqlal.

    "Dan akhirnya, pertama tentang penggunaan Masjid Istiqlal pada intinya Masjid Istiqlal tahun ini tidak digunakan untuk mengadakan salat Iduladha," kata Muhadjir saat melakukan konperensi pers melalui aplikasi Zoom, Kamis (9/7), dilansir CNN Indonesia.

    Baca Juga: Ini Aturan Pernikahan Selama Era New Normal

    Namun pengurus Masjid Istiqlal akan tetap menggelar ibadah kurban pada perayaan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah pada akhir Juli 2020.

    "Iya, kalau untuk kurban tetap ada," kata Kepala Hubungan Masyarakat dan Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah saat dihubungi CNNIndonesia.com, Kamis (2/7).

    Abu mengatakan proses penerimaan, pemotongan, hingga penyaluran hewan kurban akan dilakukan dengan memperhatikan protokol kesehatan Covid-19.

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Mudik Hari Raya Idul Adha Tidak Dilarang, Tapi?
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar