Pulau Sarinah, Objek Wisata Baru Sidoarjo, Hasil Endapan Lumpur Lapindo

Daftar Isi

    LancangKuning.com - Lumpur Lapindo, Porong, Sidoarja, Jawa Timur merupakan bencana yang terjadi pada kecelakaan pengeboran tambang minyak yang terjadi pada tahun 2016. Lokasi semburan lumpur tersebut saat ini menjadi salah satu objek wisata tersendiri. Di kawasan ini akan didapati sebuah pulau baru hasil endapan lumpur Lapindo, Pulau Sarinah, yang terletak di Desa Tlocor, Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur. 

    Bencana yang terjadi lebih kurang 10 tahun lalu, menyita perhatian warga setempat dan wisatawan dari daerah lain, tidak hanya sebagai objek wisata baru, lokasi lumpur ini iuga menjadi tempat penlitian para mahasiswa dan para peneliti dari beberapa Universitas. Lumpur yang membentang di Sidoarjo ini menenggelamkan lahan pertanian, permukiman dan bangunan tanpa sisa. 

    Sebagian lumpur dialirkan ke sungai Porong untuk mencegah luapan lumpur yang berlimbah ruah yang mana tanggul tanggul tidak mampu menampung semburan lumpur. Meskipun hal ini menjadikan sungai porong tercemar dan juga bermunculan buaya-buaya sungai porong yang dianggap akibat dari pencemaran sungai porong. Nah dengan aliran luapan lumpur ini kemudian timbul fenomena baru, yaitu pulau Sarinah di muara sungai porong. Pulau ini terbentuk dari sedimen-sedimen lumpur.

    Pemandangan di Pulau Sarinah sangat bagus saat pagi hari dan juga saat matahari akn tenggelam. Dengan lokasi kawasan lumpur Lapindo yang sangat luas tanpa hambatan dalam mata memandang indahnya pemandangan langit yang ada saat pagi dan senja hari. Akan terlihat nuansa yang sangat romantis saat senja datang, dengan sunset yang ditawarkan penuh dengan kehangatan dan keindahan. 

    Pulau Sarinah berbeda dengan pulau-pulau lainnya. Pulau Sarinah hanyalah hamparan lumpur berwarna pekat yang dibentuk seperti pulau. Di tepi-tepi pulau dipasang karung pasir agar lumpur dari muara yang disedot tidak kembali lagi ke sungai. Kini Kawasan lumpur Lapindo menjadi salah satu objek wisata di Sidoarjo. Pulau Sarinah mulai dikenal serta jadi jujugan wisatawan lokal lantaran keindahan dari Pantai Tlocor.

    Untuk menuju lokasi wisata pantai Tlocor kita bisa menuju Dermaga Tlocor, atau bisa juga dengan meniti perjalanan 15 km ke arah timur sesudah melalui jembatan Porong. Setiba di Dermaga Tlocor wisatawan dapat melanjutkan perjalanan dengan perahu sewa yang disediakan warga setempat. Dari Dermaga Tlocor, kita dapat menikmati situasi sungai yang mana sisi kanan dan kirinya dipenuhi pohon bakau api-api. Ombak yang tidak seberapa besar membuat perahu cukup tenang. Jika air sedang surut, perjalanan dengan perahu menuju ke Pulau Sarinah tidak lebih 20 menit saja. (hyAzn)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pulau Sarinah, Objek Wisata Baru Sidoarjo, Hasil Endapan Lumpur Lapindo
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar