Pemkab Siak Wacana Buka Sawah Baru Seluas 70 Hektar di Selat Guntung

Daftar Isi

    Foto: Bupati Siak H Alfedri bersama Kadis PU Tarukim Siak Irving Kahar saat meninjau lokasi cetak sawah baru di Kampung Selat Guntung

    Lancang Kuning, SIAK -- Pemerintah Kabupaten Siak melalui Dinas Pekerjaan Umum, Tata Ruang dan Pemukiman Masyarakat (PU Tarukim) Siak mewacanakan membuka lahan sawah baru seluas 70 hektar di Kampung Selat Guntung, Kecamatan Sabak Auh.  Sawah tersebut nanti akan dijadikan untuk menanam padi oleh masyarakat.

    Baca Juga: ASN di Siak Mulai Bekerja Seperti Biasa, Protokol Covid-19 Wajib Dipatuhi

    Hal itu disampaikan Bupati Siak H Alfedri,  disela kunjungannya di Kampung paling ujung di Kabupaten Siak itu, beberapa hari lalu. Lokasi yang sedang ditinjau ini merupakan potensi untuk lahan persawahan nantinya ada sekitar 70 hektar.

    Baca Juga: 10 Gedung Tertinggi Sejagat, Ternyata Separuhnya Milik China

    Foto: Sawah di Selat Guntung

    "Dari 70 hektar lahan itu, baru sekitar 30 hektar yang ditanami padi oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok tani Tunas Muda di kampung itu. Sebab kendala utama di lokasi itu adalah debet air yang belum dapat teratasi," kata bupati. 

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru 

    Jika terjadi hujan yang cukup lama kata Alfedri, lahan tersebut menjadi banjir, terlebih lagi area persawahan yang dekat dengan Sungai Siak, jika air sungai pasang (meluap), air sungai masuk ke lahan dan debet air semakin tinggi. Jadi lahan ini belum optimal digunakan.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau 

    Bupati menginginkan, sektor pertanian di Kabupaten Siak terus digenjot. Karena sesuai visi dan misi Kabupaten Siak selama kepemimpinannya ingin menjadikan kabupaten berjuluk negeri istana itu menjadi swasembada pangan. (Gs)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Pemkab Siak Wacana Buka Sawah Baru Seluas 70 Hektar di Selat Guntung
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar