Planet Merkurius Bisa Dilihat Sore Ini hingga Usai Salat Isya

Daftar Isi

     
    Foto: Planet Merkurius. (NASA)


    Lancang Kuning – Planet Merkurius bisa dilihat pada sore ini hingga usai salat Isya. Mengutip situs Langit Selatan, planet tersebut bisa diamati jelas dengan kecerlangan 0,6 magnitudo pada Kamis, 4 Juni 2020, setelah Matahari terbenam hingga pukul 19.17 WIB.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Selain itu, Merkurius dan Matahari membentuk sudut maksimal terhadap Bumi, di mana elongasi timur maksimum yang dicapai planet terkecil itu 23,6 derajat arah barat Matahari.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Langit Selatan juga melaporkan waktu terbaik menyaksikan Planet Merkurius adalah pada awal bulan ini. "Karena, Merkurius semakin mengejar Matahari sampai pada akhir bulan Juni, yang akan bertemu Bulan, serta berpindah posisi bulan Juli," demikian keterangan resmi Langit Selatan.

    Akan tetapi fenomena ini akan sulit diamati karena minimnya cahaya saat senja atau Matahari terbenam. Sebelumnya, Venus, planet tetangga Bumi bisa dilihat dengan jelas dan pada jarak terdekatnya, yakni sekitar 43 juta kilometer, di mana puncaknya berada Kamis dini hari tadi pukul 00.42 WIB.

    Baca Juga: Tarif Listrik Dipastikan Tidak Naik Hingga September 2020

    Lewat situs Instagram @pussainsa_lapan, letak Planet Venus berada di antara dan satu garis dengan Matahari dan Bumi. Fenomena yang disebut sebagai konjungsi inferior ini menunjukkan adanya peralihan penampakan Venus dari Bumi dari sebelumnya ketika Matahari terbenam di barat menjadi nampak di timur ketika fajar atau Matahari terbit.

    Nantinya, pada pertengahan Juni 2020, Bintang Kejora ini bisa diamati sebelum Matahari terbit. Semakin hari posisinya akan semakin menanjak di langit fajar dan cukup tinggi jika diamati di akhir bulan ini.

    Baca Juga: Gempa Guncang Provinsi Aceh 4,8 Magnitude

    Seperti dilansir dari Viva, memasuki pertengahan tahun ini ada banyak fenomena alam dan aktifitas di langit. Pusat Sains Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan) dalam akun Instagramnya melaporkan sejumlah aktivitas yang terjadi di langit sepanjang Juni 2020.

    Di antaranya, pada 5 Juni, Bulan akan berada di Fase Bulan Purnama terjadi pada pukul 02.12 WIB. Fenomena ini disebut Bulan Strawberry Penuh karena saat yang sama dengan musim panen strawberry serta juga dikenal dengan Bulan Mawar Penuh dan Bulan Madu Penuh.

    Kemudian, 6 Juni akan ada dua fenomena yang terjadi di hari ini. Pertama Gerhana Bulan Penumbra, yaitu saat Bulan melewati bayangan sebagian Bumi.

    Kejadian ini akan terlihat di sebagian besar Eropa, Afrika, Asia, Australia, Samudera Hindia dan Australia. Gerhana Bulan Penumbra dimulai pada pukul 00.45.51 WIB, puncaknya 02.24.55 WIB dan berakhir 04.04.03 WIB. Strawberry Full Moon juga akan terlihat di tanggal ini. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Planet Merkurius Bisa Dilihat Sore Ini hingga Usai Salat Isya
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar