Tips Puasa di Tengah "Badai" Virus Corona

Daftar Isi

    Lancang Kuning Wabah virus corona masih belum berakhir, dan ini menjadi tantangan tersendiri untuk setiap muslim agar bisa bertahan di bulan puasa yang penuh berkah ini. Mungkin berpuasa di kala pandemi ini untuk sebagian orang bukanlah hal mudah, ia harus bisa menahan haus dan lapar serta harus tetap menjaga sistem imun tubuhnya agar tidak terinveksi virus.

    Puasa adalah ibadah wajib untuk setiap muslim, kecuali ada udzur syar’i yang membolehkan ia tidak berpuasa. Meskipun di tengah covid-19 tentu saja kita tetap harus berusaha menjaga puasa kita tetap utuh namun juga harus menjaga kesehatan. Jika dibandingkan dengan tahun sebelum-sebelumnya, mungkin puasa tahun ini memiliki tantangan cukup berat. Meskipun demikian, jangan sampai iman kita kendor.

    Meskipun dalam kondisi berpuasa, penting juga bagi kita untuk menjaga kesehatan tubuh dan imun tubuh agar terhindar dari ragam penyakit. Kita harus memperhatikan pola hidup dan imun tubuh yang baik di kala corona ini agar puasa bisa berjalan dengan lancar. Nah, agar puasa kita tersebut tetap lancar meskipun di tengah Covid-19 ini berikut beberapa tips yang dilansir dari Sehatq.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Pekanbaru

    1. Tidur yang cukup

    Berada di tengah wabah covid-19 ini maka penting sekali menjaga tubuh kita untuk tetap fit, apalagi sedang berpuasa. Salah satu yang bisa dilakukan adalah dengan tidur yang cukup dan teratur agar tubuh anda tidak rentan diserang penyakit. Orang yang tidurnya kurang di malam hari menurut penelitian itu cenderung lebih mudah terkena pilek ketimbang orang yang memiliki pola tidur cukup dan teratur.

    1. Memperbanyak konsumsi makanan nabati

    Sadar atau tidak sadar, sebagian dari kita ketika berpuasa cenderung lupa memperhatikan pola makan. Melihat begitu banyak jajanan dan makanan tersedia membuat kita lapar mata dan menyantap semuanya tanpa berpikir apakah itu baik untuk tubuh. Padahal jika kita selalu menerapkan pola makan seperti cukup berbahaya untuk sistem imun tubuh.

    Sebagai solusi untuk tetap menjaga kesehatan di kala pandemi dan puasa tetap lancar maka perbanyaklah mengkonsumsi makan nabati. Biasanya makanan yang nabati bisa berupa buah-buahan, sayur-sayuran bahkan kacang-kacang yang kaya akan nutrisi dan antioksidan. Mengkonsumsi makanan nabati ini akan membantu dalam membentuk sistem imun tubuh agar bisa melawan virus.

    Baca Juga : Indikator Pendukung Dalam Meningkatkan Akreditasi Kampus

    1. Mengkonsumsi lemak baik

    Lemak baik ini bisa anda temukan dalam minyak zaitun dan ikan salmon. Mengkonsumsi lemak baik ketika berbuka dan sahur mampu membantu sistem imun pada tubuh kamu sehingga akan mencegah penyakit seharian. Pasalnya lemak baik dari zaitun atau ikan salmon ini dipercaya mampu meningkatkan sistem imun dengan cara kerjanya mengurangi peradangan dalam tubuh. Dimana peradangan tersebut akan menghambat kinerja sistem imun tubuh.

    1. Berolahraga

    Cara selanjutnya adalah dengan berolahraga, dimana kita tahu bahwa olahraga yang teratur memang terbukti ampuh menjaga kesehatan tubuh. Mungkin akan terbayang kelelahan jika berolahraga dalam kondisi berpuasa, namun kamu bisa memilih jadwal olahraga di waktu tertentu seperti setelah berpuasa atau hanya berjalan santai di pagi hari setelah sholat subuh.

    1. Hindari stress

    Apabila kita dalam keadaan stress itu akan berpengaruh pada kinerja sistem imun tubuh dimana ia akan kacau sehingga menyebabkan banyak penyakit bisa mampir. Untuk itu sebaiknya kamu selama bulan puasa ini menghindari stress, dan carilah hal-hal yang membuat kamu enjoy dan menyenangkan.

    1. Minum air putih secukupnya dan teratur

    Sebagian orang ketika berpuasa itu cenderung minuman berwarna dan manis-manis hingga lupa untuk mengkonsumsi air putih. Memang tidak ada larangan untuk hal ini sebenarnya hanya agar sistem imun tubuh kita bisa terjaga ia membutuhkan air putih yang cukup. Sehingga penting sekali bagi kamu ketika berpuasa sebaiknya dahulukanlah meminum air putih setelah itu baru mengkonsumsi yang lainnya.

    Baca Juga : Tempat Wisata di Riau

    1. Mengurangi konsumsi gula

    Kita tahu bahwa di bulan Ramadhan ini banyak sekali jenis makanan dan jajanan yang tersedia dengan rasa manis, hal ini mesti kamu waspadai. Pasalnya jika terlalu banyak mengkonsumsi gula apalagi akan menjalani puasa itu menyebabkan gampang gendut dan obesitas. Sehingga penyakitpun akan mudah menyerang tubuh yang gendut.

    Tidak bahaya obesitas saja, gula berlebihan juga bisa meningkatkan resiko terkenanya penyakit diabetes dan penyakit jantung. Nah, sistem imun tubuh akan melemah ketika penyakit ini memapar kita. Karena penting sekali bagi anda untuk tidak berlebih dan dalam mengkonsumsi makanan dan minuman yang manis untuk menjaga sistem imun tubuh.

    1. Mengkonsumsi vitamin dan suplemen

    Selain melakukan beberapa hal di atas, cara lain bisa kamu lakukan adalah dengan mengkonsumsi vitamin atau suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh ketika sahur dan berbuka puasa. Suplemen akan menjaga kinerja imun tubuh kita ketika berpuasa di tengah covid-19 ini.

    Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa bertahan dan semangat berpuasa meskipun di tengah pandemi corona. Menjaga daya imun tubuh adalah hal yang penting agar tubuh tetap sehat dan bisa beraktivitas sebagaimana mestinya.(ut)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Tips Puasa di Tengah "Badai" Virus Corona
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar