Presiden Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Secara Transparan

Daftar Isi

    Foto: Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

    Lancang Kuning, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta data penerima bantuan sosial ataubansos agar dibuka secara transparan. Hal ini menurutnya perlu dilakukan agar tidak menimbulkan kecurigaan di tengah masyarakat. Selain itu, pemberian bantuan sosial di tengah pandemi wabah virus corona juga harus dipercepat.

    Baca Juga: Malam 11 Ramadhan, Ketika Khadijah Istri Rasulullah Wafat

    Presiden Jokowi mendapatkan laporan dari Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Republik Indonesia, Muhadjir Effendy mengenai program jaring pengaman sosial  atau JPS seperti Program Keluarga Harapan atau PKH, paket sembako, bantuan sosial tunal, BLT Desan sudah berjalan.

    Baca Juga: Pasukan Khusus Rusia Punya Ilmu Kebal Bom

    "Tetapi, saya minta kecepatan agar bansos ini sampai di tangan keluarga penerima betul-betul semakin cepat diterima, semakin baik. Saya minta minggu ini sudah semuanya sudah bisa diterima," kata Jokowi saat rapat terbatas melalui Youtube Sekretariat Kabinet pada Senin, 4 Mei 2020, melansir Viva.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    Di samping itu, Jokowi minta Menteri Sosial Juliari Batubara termasuk kepala daerah baik gubernur, bupati, walikota, camat hingga kepala desa agar turun ke lapangan menyisir. Menurut dia, daerah harus diberi fleksibilitas jika ada warga yang miskin belum dapat segera bisa dicarikan solusinya.

    "Saya juga minta data penerima bansos dibuka secara tranparan. Siapa yang dapat, kriterianya apa, jenis bantuannya apa. Sehingga jelas tidak menimbulkan kecurigaan-kecurigaan. Dan kita bisa melakukan segera korea koreksi di lapangan," ujarnya.

    Baca Juga: Tempat Wisata di Riau

    Selanjutnya, Jokowi juga minta dibuatkan hotline untuk pengaduan. Sehingga, apabila menemukan penyimpangan-penyimpangan bisa diketahui secara cepat. "Saya sampaikan mengenai persoalan timing betul-betul harus dimanage secara baik. Karena, ada bantuan dari pusat, daerah dan desa," jelas dia. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Jokowi Minta Data Penerima Bansos Dibuka Secara Transparan
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar