Presiden Larang Mudik, PKS: Kok TKA China Boleh Masuk

Daftar Isi

    Foto: Presiden Jokowi

    Lancang Kuning, JAKARTA – Sebagai upaya memutus mata rantai penyebaran virus corona, Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya resmi melarang seluruh masyarakat Indonesia mudik saat Lebaran. Sebab, berdasarkan data yang dihimpun Kementerian Perhubungan, masih ada 27 persen masyarakat yang bersikeras tetap pulang ke kampung halaman.

    Baca Juga: Makanan Khas Pekanbaru

    "Setelah larangan mudik bagi ASN, TNI-Polri dan pegawai BUMN sudah kita lakukan pada minggu yang lalu, pada rapat hari ini saya ingin menyampaikan juga bahwa mudik semuanya akan kita larang," terang Jokowi saat memimpin rapat terbatas, beberapa waktu lalu, seperti melansir dari Viva.

    Baca juga: Tempat Wisata di Riau

    Selain imbauan, pemerintah juga telah menyiapkan sanksi bagi kalangan yang nekat melanggar aturan. Itulah mengapa, bukan hanya karena virus, banyak masyarakat takut mudik lantaran hukum yang mengancam. Bahkan, untuk menghindari hal tersebut, tak sedikit dari mereka melakukan upaya kucing-kucingan supaya tak ketahuan pihak keamanan.

    Baca Juga: Perdana Menteri Rusia Positif COVID-19

    Komisi III DPR RI dari Partai Keadilan Sosial atau PKS, Nasir Djamil menilai keputusan pemerintah melarang masyarakat pulang ke kampung halaman merupakan tindakan yang tegas. Namun, ketegasan yang sama tak terlihat ketika ada Warga Negara Asing berniat masuk ke Indonesia.

    Baca Juga: Kadinkes Meranti dan Ketua DMI Kunjungi Kediaman Khalifah Kyai M Mustafa

    “Pemerintah tegas melarang masyarakat untuk mudik di tengah pandemi Covid-19. Sama rakyat sendiri berani bilang jangan mudik, bahkan sampai disetop dan disuruh putar balik. Tapi sama TKA (Tenga Kerja Asing) China kok pemerintah keder alias takut?” tulisnya melalui akun Instagram pribadi, dikutip Jumat 1 Mei 2020.

    Lebih jauh, dirinya berkesimpulan, kurang tegasnya pemerintah terhadap WNA membuat masyarakat menjadi hilang kepercayaan.

    “Kalau sudah begini, akhirnya jangan salahkan rakyat jika mereka menilai pemerintah yang berkuasa saat ini lebih kejam sama anak kandung ketimbang dengan orang lain yang beda asal-usul dan kewarganegaraannya,” kata dia.

    Sebelumnya, ada 500 TKA asal China yang diberitakan bakal masuk Indonesia. Rencananya, mereka akan ditempatkan di dua perusahaan tambang nikel di Sulawesi Tenggara, yakni PT Virtue Dragon Nickel Industry dan PT Obsidian Stainless Steel. (LK)

    Bagikan Artikel

    data.label
    data.label
    data.label
    data.label
    Beri penilaian untuk artikel Presiden Larang Mudik, PKS: Kok TKA China Boleh Masuk
    Sangat Suka

    0%

    Suka

    0%

    Terinspirasi

    0%

    Tidak Peduli

    0%

    Marah

    0%

    Komentar